Microsoft Office Word dan Excel telah menjadi perangkat lunak yang sangat populer dalam banyak bisnis dan organisasi. Dua program ini sangat penting untuk mengelola dokumen dan data dalam bisnis. Salah satu tugas yang harus dilakukan oleh pengguna program adalah mencetak dokumen dan data dalam bentuk fisik. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara memprint di Microsoft Office Word dan Excel.
Cara Memprint di Microsoft Office Word
Langkah pertama dalam mencetak dokumen di Microsoft Office Word adalah menyiapkan dokumen yang ingin dicetak. Setelah Anda menyelesaikan dokumen, Anda dapat memulai proses mencetak. Berikut adalah langkah-langkah cara memprint di Microsoft Office Word:
- Klik pada menu File di bagian kiri atas layar
- Pilih opsi Print (Cetak) pada bagian kiri layar
- Pilih printer yang ingin Anda gunakan di opsi Printer (Cetak)
- Pilih jumlah salinan yang ingin Anda cetak di opsi Copies (Salinan)
- Anda juga dapat memilih range halaman yang ingin dicetak di opsi Pages (Halaman)
- Setelah selesai, klik tombol Print (Cetak) di bagian bawah layar
Setelah langkah tersebut selesai, dokumen Anda akan dicetak melalui printer yang Anda pilih.
Cara Memprint di Microsoft Office Excel
Langkah pertama dalam mencetak dokumen di Microsoft Office Excel adalah menyiapkan file excel yang ingin dicetak. Setelah Anda menyelesaikan file excel, Anda dapat memulai proses mencetak data. Berikut adalah langkah-langkah cara memprint di Microsoft Office Excel:
- Klik pada menu File di bagian kiri atas layar
- Pilih opsi Print (Cetak) pada bagian kiri layar
- Pilih printer yang ingin Anda gunakan di opsi Printer (Cetak)
- Pilih jumlah salinan yang ingin Anda cetak di opsi Copies (Salinan)
- Pilih area yang ingin dicetak di opsi Print Area (Area Cetak)
- Jika ingin mengatur lebih lanjut, klik opsi Print Options (Opsi Cetak) di bagian bawah layar
- Setelah selesai, klik tombol Print (Cetak) di bagian bawah layar
Setelah langkah tersebut selesai, data dari file Excel Anda akan dicetak melalui printer yang Anda pilih.
FAQ – Pertanyaan Umum
1. Bagaimana cara mengubah margin pada dokumen Word sebelum mencetak?
Langkah-langkah untuk mengubah margin pada dokumen Word sebelum mencetak adalah sebagai berikut:
- Klik pada menu Layout di bagian atas layar
- Pilih opsi Margins (Margin) pada bagian kiri layar
- Pilih margin yang ingin Anda gunakan atau klik opsi Custom Margins (Margin Kustom) untuk mengatur margin secara manual
- Setelah selesai, klik tombol OK
2. Apa yang harus saya lakukan jika dokumen saya terpotong saat dicetak di Excel?
Jika dokumen Anda terpotong saat dicetak di Excel, Anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
- Klik pada menu Page Layout di bagian atas layar
- Pilih opsi Print Titles (Judul Cetak) pada bagian tengah layar
- Pilih area yang ingin Anda cetak di opsi Rows to repeat at top (Baris yang ingin diulangi di atas) dan Columns to repeat at left (Kolom yang ingin diulangi di kiri)
- Anda juga dapat mengatur ukuran area cetak pada opsi Print Area (Area Cetak)
- Setelah selesai, klik tombol Print Preview (Pratinjau Cetakan) untuk melihat tampilan dokumen sebelum dicetak
- Jika dokumen sudah sesuai, klik tombol Print (Cetak) di bagian bawah layar