Cara Mempercepat Loading Windows 10 Di Komputer Jadul

Cara Mempercepat Performa Windows 10

Windows 10 adalah sistem operasi terbaru dari Microsoft. Namun, terkadang pengguna merasa bahwa kinerja Windows 10 terlalu lambat. Ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kinerja Windows 10, seperti program yang berjalan, penggunaan RAM yang berlebihan, dan masih banyak lagi. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan memberikan tips dan trik tentang cara mempercepat performa Windows 10.

1. Bersihkan Disk dengan Fitur Penyimpanan

Cara Mempercepat Loading Windows 10 Di Komputer Jadul

Cobalah untuk membersihkan disk secara berkala dengan fitur penyimpanan di Windows 10. Fitur ini akan menghapus file sementara, file pengunduhan, log aplikasi, dan file yang tidak diperlukan lainnya. Dengan membersihkan disk teratur, akan membantu mengatasi masalah yang berhubungan dengan kinerja Windows 10 yang lambat. Untuk membuka fitur penyimpanan, cukup buka Settings -> System -> Storage.

2. Matikan Aplikasi yang Tidak Diperlukan

unnecessary apps

Jika terlalu banyak aplikasi yang berjalan pada saat yang sama, hal ini dapat membuat kinerja Windows 10 menjadi lambat. Matikan aplikasi yang tidak diperlukan agar menambah performa komputer/laptop Anda. Untuk mematikan aplikasi, cukup klik kanan pada aplikasi di Taskbar dan pilih Close atau End Task.

3. Gunakan SSD untuk Booting Windows 10

ssd for windows 10

Gunakan SSD sebagai drive booting Windows 10. Mungkin SSD lebih mahal daripada hard drive, tetapi dengan menggunakan SSD, Windows 10 akan booting lebih cepat dan performanya akan meningkat secara keseluruhan.

4. Matikan Animasi Windows

windows animation

Matikan animasi Windows. Animasi Windows terlihat keren, tetapi memakan banyak sumber daya komputer/laptop Anda. Untuk mematikan animasi Windows, buka Settings -> Ease of Access -> Other options -> Turn off animations.

5. Perbarui Driver Hardware Anda

driver update

Perbarui driver hardware Anda. Terkadang driver hardware yang usang dapat mempengaruhi performa Windows 10. Pastikan selalu memperbarui driver hardware dengan versi terbaru.

FAQ

Q: Apa yang harus saya lakukan jika Windows 10 masih lambat setelah melakukan semua cara di atas?

A: Jika Windows 10 masih lambat setelah melakukan semua cara di atas, coba lakukan defrag hard drive. Defrag dapat membantu meningkatkan performa hard drive dengan menata ulang file sementara yang tersebar dan mengurangi waktu akses data.

Q: Apa yang harus saya lakukan jika saya ingin memindahkan Windows 10 ke SSD?

A: Anda dapat menggunakan program kloning seperti Macrium Reflect atau EaseUS Todo Backup untuk memindahkan sistem operasi dan aplikasi dari hard drive ke SSD. Pastikan untuk membackup data penting sebelum memindahkan sistem operasi.

Video: Cara Mempercepat Performa Windows 10

Baca Juga :  Cara Install Windows Di Asus X441u