Cara Mempercepat Kinerja Komputer Windows 7

Mempercepat kinerja Windows 10 bisa jadi sulit bagi banyak pengguna yang merasa laptop atau komputernya terasa lambat dalam menjalankan aplikasi dan program. Namun jangan khawatir, karena kami punya 9 cara untuk mempercepat kinerja Windows 10 biar ngebut!

Cara Mempercepat Kinerja Windows 10

Untuk mempercepat kinerja Windows 10, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. Berikut adalah 9 cara yang bisa dipraktikkan:

1. Bersihkan Harddisk dari File Sampah

Salah satu penyebab lambatnya kinerja Windows 10 bisa jadi karena harddisk yang telah penuh dengan file sampah atau tidak berguna. Untuk membersihkan file-file tersebut, kita bisa menggunakan fitur yang disediakan oleh Windows 10.

Cara membersihkan harddisk dari file sampah, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Windows Explorer atau Cortana dan ketikkan “Bersihkan Disk” dalam kolom pencarian kata kunci. Klik enter.
  2. Pilih partisi harddisk yang ingin dibersihkan. Bila salah satu partisi sudah terlalu penuh, ada baiknya anda membersihkan semuanya.
  3. Tunggu beberapa saat hingga Windows selesai menghitung berapa banyak file sampah dan ruang apa yang bisa dibebaskan. Biasanya butuh beberapa saat untuk menghitungnya.
  4. Tentukan jenis file yang ingin dihapus. Tinggal centang saja file-file seperti Recycle bin, Temporary files, atau Thumbnails. Anda bisa juga memilih file yang lain yang ingin anda hapus.
  5. Klik “OK” untuk menyelesaikan proses.

2. Perbarui Driver dengan Versi Terbaru

Pengguna banyak merasa kinerja laptop lebih cepat karena driver yang disimpan di dalamnya sedang berjalan dalam keadaan yang tidak terbaru. Oleh karena itu, usahakan untuk memperbarui driver dengan versi terbaru, caranya sebagai berikut:

  1. Tekan Windows Key + X untuk membuka fleksibel Power User.
  2. Pilih Device Manager.
  3. Pilih salah satu jenis Hardware.
  4. Klik kanan dan pilih Update Driver Software.
  5. Pilih Search automatically for updated driver software.
  6. Ikuti arahan.

    3. Hapus Program yang Tidak Terpakai

    Kebanyakan pengguna menginstall program yang tidak mereka butuhkan namun tetap sangat memenuhi ruang penyimpanan harddisk. Oleh karena itu, kita harus menghapus program yang tidak berguna.

    Caranya cukup mudah, buka Control Panel dan cari Program dan fitur di Windows 10. Kemudian hapus program yang sudah tidak terpakai lagi.

    4. Upgrade RAM

    Upgrade RAM bisa meningkatkan kinerja laptop dalam menjalankan aplikasi. Cocok untuk pengguna laptop atau komputer dengan spesifikasi menengah kebawah yang sebaiknya mempertimbangkan untuk memperbarui RAM-nya.

    5. Batasi Jumlah Aplikasi yang Berjalan dalam Background

    Anda bisa membatasi jumlah aplikasi yang berjalan di latar belakang agar dapat mempercepat kinerja laptop atau komputer. Cara ini akan menghemat sumber daya sistem, sehingga bisa berjalan dengan lebih efisien.

    Untuk membatasi jumlah aplikasi yang berjalan di background, ikuti langkah-langkah berikut:

    1. Buka Task Manager dengan menekan Ctrl-Shift-Esc atau Ctrl-Alt-Delete.
    2. Klik pada tab Process .
    3. Pilih Program atau aplikasi yang tidak diinginkan dan klik End Task.

    6. Ganti Ke SSD

    SSD atau Solid State Drive lebih cepat dibandingkan dengan hard drive konvensional. Sebuah hard drive dengan teknologi SSD bisa mempercepat booting Windows 10 serta meningkatkan kecepatan saat membuka aplikasi dan melakukan transfer data.

    7. Matikan Fitur yang Tidak Dibutuhkan

    Pengguna terkadang mengabaikan fitur yang tidak diperlukan dan akhirnya hanya memperburuk kinerja laptop. Oleh karena itu, matikan fitur yang tidak terpakai agar proses sistem lebih ringan.

    Jenis fitur yang bisa dimatikan antara lain fitur Windows Search, Aero Shake, Animasi, hingga Bluetooth.

    8. Kurangi Efek Grafis

    Windows 10 tampil modern dan cantik karena adanya efek grafis yang menarik. Namun efek grafis tersebut terkadang memperburuk kinerja laptop atau komputer.

    Untuk menghilangkan efek grafis, caranya cukup mudah, klik menu start dan ketik Advance System Settings. Pilih System Properties, dan pada pilih
    Setting yang locate pada visual dalam Performance.

    9. Scan dan Bersihkan Virus atau Malware

    Virus atau malware bisa membuat laptop atau komputer merasa semakin lambat dan dapat merusak file penting. Oleh karena itu, scan dan bersihkan virus atau malware dengan antivirus terbaik segera setelah ditemukan.

    FAQ

    1. Bagaimana cara mengetahui apakah driver di Windows 10 sudah terupdate dengan versi terbaru?

    Anda dapat membuka Device Manager dan pilih Hardware terkait. Klik kanan pada hardware yang terkait dan pilih ”Properties” kemudian pilih tab ”Driver”. Rentangkan driver untuk melihat versi driver Anda dan tanggal update terakhir.

    2. Apa yang sebaiknya dilakukan jika kinerja laptop masih terasa lambat meski sudah melakukan semua cara di atas?

    Terkadang, kinerja lambat bisa disebabkan oleh masalah hardware lainnya. Oleh karena itu, coba perbaiki laptop Anda sendiri dengan membersihkan fan laptop dan memeriksanya dari bMTI.

    Include Video Youtube

    Berikut adalah video tutorial singkat tentang cara mempercepat kinerja Windows 10:

Baca Juga :  Cara Instal Windows Notebook Zyrex Sky 232