Cara Memperbaiki Sound Komputer Windows 7

Apakah Anda mengalami masalah sound di Windows 10, 8 (8.1) dan 7? Tidak perlu khawatir lagi, karena dalam artikel ini telah disediakan 10 cara memperbaiki sound Windows 10 yang eror atau tidak bunyi. Namun sebelum kita membahas solusi untuk masalah sound di Windows, mari kita ulas lebih dulu beberapa penyebab sound yang rusak atau eror.

Beberapa penyebab suara yang rusak atau tidak berfungsi pada Windows 10 dan versi lainnya di antaranya adalah driver suara yang tidak berfungsi, konfigurasi speaker yang salah, masalah pada hardware suara, dan pengaturan sound yang salah pada sistem operasi. Anda tidak perlu khawatir, karena semua masalah tersebut dapat diatasi dengan beberapa cara berikut ini.

Cara Memperbaiki Sound Yang Tidak Berfungsi di Windows 10/11

1. Periksa Driver Sound
Lakukan pemeriksaan driver sound pada perangkat Anda. Driver sound merupakan software yang digunakan agar hardware sound dapat berfungsi dengan baik. Cara memeriksa driver sound dalam sistem operasi Windows 10 adalah dengan masuk ke “Device Manager” yang dapat ditemukan pada “Control Panel”. Kemudian, pilih “Sound, video and game controllers” dan klik dua kali pada driver sound untuk memeriksanya. Jika statusnya menunjukkan “This device is working properly”, maka driver sound sudah berfungsi dengan baik. Namun, jika statusnya menunjukkan “This device has been disabled” atau “This device has a problem”, maka lakukan update atau reinstall driver sound.

2. Restart Windows Audio Service
Layanan Windows Audio Service bertanggung jawab untuk mengontrol output, playback, dan kualitas suara. Jika layanan ini mengalami masalah, maka suara di perangkat Anda tidak akan berfungsi dengan baik. Anda dapat menyelesaikan masalah ini dengan merestart Windows Audio Service. Proses restart dapat dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buka menu “Start” dan ketik “services.msc” pada kolom pencarian lalu klik Enter
  • Cari layanan Windows Audio dengan menggulir ke bawah.
  • Jika layanan ini menunjukkan “Running”, maka klik kanan pada layanan ini. Kemudian klik “Stop”.
  • Tunggu selama beberapa detik dan kemudian klik kanan pada layanan Windows Audio dan klik “Start”.
  • Perhatikan, jika suara masih belum berfungsi, Anda bisa mencoba untuk merestart komputer Anda.

Cara Memperbaiki Audio Error di Windows

Selain beberapa cara di atas, Anda juga dapat memperbaiki audio error pada Windows menggunakan beberapa tip dan trik sebagai berikut:

3. Periksa Kabel Speaker
Pastikan kabel speaker terhubung dengan benar ke perangkat Anda. Jika kabel speaker tidak terhubung dengan baik atau rusak, maka suara tidak akan keluar dari perangkat Anda. Anda dapat mencoba melepas dan memasang kembali kabel speaker untuk memastikan bahwa kabel telah terhubung dengan benar.

4. Cek Volume
Pastikan volume speaker Anda tidak sedang mati atau pada level yang terlalu rendah. Anda dapat memeriksanya dengan mengklik ikon suara pada bagian bawah kanan layar Windows dan memastikan bahwa volume speaker telah diatur dengan benar.

5. Periksa Speaker
Lakukan pemeriksaan pada kualitas speaker. Jika speaker Anda rusak atau dalam kondisi yang buruk, maka suara tidak akan keluar dari perangkat Anda. Anda dapat mencoba menghubungkan speaker dengan perangkat lain untuk memastikan speaker tidak rusak.

6. Periksa Pengaturan Audio
Pastikan pengaturan audio di perangkat Anda telah diatur dengan benar. Anda dapat memeriksanya dengan mengecek “Sound” pada “Settings”. Pastikan bahwa output audio telah diatur pada speaker yang benar.

7. Matikan Aplikasi Background
Jika perangkat Anda terlalu banyak menjalankan aplikasi atau program background, maka hal ini dapat mengurangi kualitas suara. Pastikan untuk menutup atau mematikan aplikasi atau program yang tidak diperlukan.

Baca Juga :  CARA MENGHAPUS APLIKASI YANG TIDAK BISA DIHAPUS DI WINDOWS 10

8. Scan dan Perbaiki File Corrupt
Jika file driver atau system Anda rusak atau corrupt, maka hal ini dapat mengganggu kualitas suara. Anda dapat melakukan scanning dan memperbaiki file corrupt dengan memanfaatkan build-in tool Windows 10 seperti “SFC (System File Checker)” dan “DISM (Deployment Image Servicing and Management)”.

9. Periksa Masalah Hardware
Periksa masalah pada hardware yang digunakan pada sistem Anda. Jika perangkat keras mengalami kerusakan atau masalah, maka hal ini dapat berdampak pada kualitas suara. Pastikan semua hardware pada sistem Anda dalam kondisi yang baik dan benar-benar terhubung.

10. Upgrade Sistem Operasi
Jika suara pada perangkat Anda masih tidak berfungsi dengan benar setelah melakukan tips dan trik yang dijelaskan di atas, maka kemungkinan suara pada sistem operasi Anda dalam kondisi yang buruk. Anda dapat mencoba untuk upgrade sistem operasi ke versi yang lebih baru atau meng-install ulang sistem operasi Anda.

FAQ

1. Apa yang harus saya lakukan jika sound dalam game tidak berfungsi pada Windows 10?

Jika sound dalam game tidak berfungsi pada Windows 10, maka ini bisa dikarenakan driver sound pada sistem operasi Anda tidak mendukung game tersebut. Anda dapat mencoba untuk upgrade driver sound pada sistem Anda atau mencari solusi lain dengan mengunjungi website resmi game tersebut.

2. Bagaimana cara menyetel speaker pada sistem operasi Windows 10?

Anda dapat menyetel speaker pada sistem operasi Windows 10 dengan cara membuka “Settings” dan mencari “Sound”. Kemudian, pastikan Anda telah memilih speaker yang benar pada “Output”.

Demikian informasi mengenai cara memperbaiki sound yang tidak berfungsi pada Windows 10, 8 (8.1) dan 7. Semoga tips dan trik di atas dapat membantu Anda menyelesaikan masalah sound pada perangkat Anda. Jika masalah masih berlanjut, Anda bisa mencari solusi lain atau menghubungi ahli teknologi terdekat.