CARA MEMPERBAIKI FILE EXCEL YANG NOT VALID

Dalam dunia kerja atau perkuliahan, seringkali kita membutuhkan aplikasi Excel untuk mengerjakan tugas dan pekerjaan. Sayangnya, terkadang kita mengalami kendala saat file Excel yang kita buat atau sudah ada ternyata mengalami kerusakan atau tidak bisa dibuka. Hal ini pastinya sangat mengganggu dan dapat memperlambat pekerjaan kita. Beruntungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki file Excel yang mengalami kerusakan. Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki file Excel yang rusak atau korup.

1. Menggunakan Built-In Repair Tool di Excel

CARA MEMPERBAIKI FILE EXCEL YANG NOT VALID

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk memperbaiki file Excel yang rusak adalah dengan menggunakan built-in repair tool yang ada di Excel. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi Excel dan pilih file yang ingin diperbaiki.
  2. Pilih tab File dan klik Info.
  3. Pilih tombol Manage Workbook dan pilih Edit in Excel Recovery Mode.
  4. Excel akan membuka file yang rusak dan memberikan opsi untuk memperbaiki file tersebut.
  5. Pilih opsi Repair dan ikuti petunjuk yang muncul.
  6. Setelah selesai, coba buka file Excel tersebut.

Metode ini akan memperbaiki file Excel dengan menggunakan alat bantu bawaan Excel yang dapat mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan di file tersebut. Namun, jika metode pertama ini tidak berhasil, maka Anda dapat mencoba metode selanjutnya.

2. Menggunakan Software Pihak Ketiga

Menggunakan Software Pihak Ketiga

Metode kedua yang dapat dilakukan untuk memperbaiki file Excel yang rusak adalah dengan menggunakan software pihak ketiga seperti Recovery Toolbox for Excel. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Download dan install software Recovery Toolbox for Excel.
  2. Buka software tersebut dan pilih file Excel yang rusak.
  3. Pilih opsi Repair.
  4. Setelah selesai, coba buka file Excel tersebut.

Software ini memiliki kemampuan untuk memperbaiki kesalahan pada file Excel seperti sheet yang hilang, cell yang kosong, atau formula yang rusak. Namun, ada beberapa keterbatasan pada software ini seperti ketergantungan pada format file Excel yang umum dan tidak mendukung file Excel yang dienkripsi atau dikunci. Selain itu, menggunakan software pihak ketiga juga memiliki risiko seperti terinfeksi virus atau malware. Oleh karena itu, gunakan software pihak ketiga dengan hati-hati dan pastikan memilih software yang terpercaya.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah file Excel yang rusak dapat dipulihkan sepenuhnya?

Meskipun ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memperbaiki file Excel yang rusak, ada beberapa kasus di mana file Excel tersebut tidak dapat dipulihkan sepenuhnya atau data yang hilang tidak dapat dipulihkan. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk selalu melakukan backup file Excel secara berkala untuk menghindari kehilangan data secara permanen.

2. Bisakah terlalu sering mematikan atau menghidupkan komputer menyebabkan file Excel yang rusak?

Terlalu sering mematikan atau menghidupkan komputer sendiri tidak secara langsung dapat menyebabkan file Excel yang rusak. Namun, seringkali proses yang tidak tepat saat mematikan atau menghidupkan komputer, seperti mematikan secara paksa atau tidak menunggu proses shutdown selesai, dapat menyebabkan kerusakan pada file Excel atau file lainnya yang sedang dibuka. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu mematikan atau menghidupkan komputer dengan benar dan sabar menunggu proses komputer selesai sebelum dimatikan.

Baca Juga :  cara membuat outline di excel Excel transparan tulisan skala adapun tepat besaran transparency atur

Video Tutorial

CARA MEMBOBOL FILE EXCEL YANG IS PROTECTED

Video tutorial di atas menjelaskan cara mengatasi file Excel yang tidak bisa dibuka, yang juga merupakan salah satu masalah umum yang dialami pengguna Excel. Video tutorial tersebut memberikan langkah-langkah detail yang dapat diikuti untuk memperbaiki file Excel tersebut.

Kesimpulan

File Excel yang rusak dapat sangat mengganggu pekerjaan kita. Namun, dengan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas, kita dapat memperbaiki file Excel yang rusak atau korup. Gunakan cara-cara tersebut dengan hati-hati dan pastikan untuk selalu membuat backup file Excel secara berkala untuk menghindari kehilangan data secara permanen.