CARA MEMPERBAIKI FILE EXCEL YANG FORMATNYA BERUBAH

Cara Memperbaiki File Excel yang Rusak dengan Mudah dan Benar

Siapa yang tidak pernah mengalami kesulitan saat membuka file Excel yang rusak? Tentu saja, sebagai pengguna Microsoft Excel, kita pasti pernah mengalami masalah seperti ini. Ketika kita mencoba membuka file Excel, muncul pesan error atau pesan kesalahan yang menjelaskan bahwa file Excel tidak dapat dibuka karena rusak atau terinfeksi virus.

Memperbaiki file Excel yang rusak memang sangat penting, terutama jika file tersebut merupakan dokumen penting atau memiliki data yang sangat berharga. Ada beberapa cara untuk memperbaiki file Excel yang rusak, dan dalam artikel ini, kami akan membahas beberapa cara terbaik untuk memperbaiki file Excel yang rusak dengan mudah dan benar.

Cara Pertama: Gunakan Fitur Repair pada Excel

Cara pertama yang harus Anda coba adalah menggunakan fitur repair pada Excel. Microsoft Excel memiliki fitur bawaan yang dapat membantu Anda memperbaiki file Excel yang rusak. Fitur ini dapat ditemukan di menu Help dan Support pada Excel.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka Excel dan klik menu Help dan Support.
  2. Kemudian pilih opsi “Diagnose and Repair”.
  3. Tunggu sampai proses selesai.
  4. Coba buka file Excel lagi dan periksa apakah masalah sudah teratasi.

Cara Kedua: Gunakan Program Recovery Excel

Cara kedua adalah dengan menggunakan program recovery Excel. Ada banyak program recovery Excel yang dapat membantu Anda memperbaiki file Excel yang rusak dengan mudah dan cepat. Beberapa program recovery Excel yang populer antara lain:

  • Stellar Phoenix Excel Repair
  • DataNumen Excel Repair
  • SysTools Excel Recovery

Cara menggunakan program recovery Excel juga cukup mudah. Anda hanya perlu menginstall program recovery Excel yang Anda pilih, lalu ikuti panduan yang diberikan.

Cara Ketiga: Gunakan Perangkat Lunak Antivirus

Cara ketiga yang dapat Anda coba adalah dengan menggunakan perangkat lunak antivirus. Terkadang, file Excel yang rusak disebabkan oleh virus atau malware. Oleh karena itu, dalam hal ini, Anda dapat mencoba menggunakan perangkat lunak antivirus seperti Avast, McAfee, atau Norton untuk memindai file Excel yang rusak.

Setelah proses pemindaian selesai, Anda dapat mencoba membuka file Excel lagi dan periksa apakah masalah sudah teratasi.

Cara Keempat: Gunakan Online File Repair Tool

Jika cara-cara di atas tidak berhasil atau Anda merasa kesulitan untuk mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda dapat mencoba menggunakan online file repair tool untuk memperbaiki file Excel yang rusak.

Ada beberapa online file repair tool yang dapat Anda gunakan, seperti:

  • Online File Repair
  • File Repair Online
  • DataNumen

Cara menggunakan online file repair tool juga cukup mudah. Anda cukup memilih file Excel yang rusak dan menguploadnya ke situs web online file repair tool. Setelah proses selesai, Anda dapat mengunduh file Excel yang telah diperbaiki.

FAQ

1. Apa yang menyebabkan file Excel menjadi rusak?

Banyak hal yang dapat menyebabkan file Excel menjadi rusak, seperti virus atau malware, kerusakan sistem, kegagalan perangkat keras atau lunak, dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  Cara Membuat Kkm Di Excel

2. Apa yang harus dilakukan jika file Excel masih tidak bisa dibuka setelah dicoba semua cara tersebut?

Jika file Excel masih tidak dapat dibuka setelah mencoba semua cara di atas, Anda dapat mencoba untuk mengonversi file Excel ke format lain seperti PDF atau CSV, atau mencoba menggunakan perangkat lunak recovery data untuk mencoba menemukan file Excel yang hilang atau rusak. Jika semua cara tersebut tidak berhasil, mungkin saja file Excel tersebut sudah rusak secara permanen dan tidak dapat diperbaiki lagi.

Video Tutorial: Cara Memperbaiki File Excel yang Rusak dengan Mudah dan Benar

Berikut ini adalah video tutorial tentang cara memperbaiki file Excel yang rusak dengan mudah dan benar yang dapat membantu Anda dalam proses perbaikan: