CARA MEMPERBAIKI FILE EXCEL ERROR DATA MAY HAVE BEEN LOST

Microsoft Excel merupakan software spreadsheet yang paling populer di dunia yang digunakan untuk mengelola data dalam bentuk tabel. Namun, terkadang user sering menghadapi masalah ketika mengoperasikan Microsoft Excel, di antaranya adalah error pada Excel. Berikut penjelasan mengenai beberapa error yang sering muncul pada Microsoft Excel dan bagaimana cara mengatasi error tersebut.

1. Error “File Error: data may have been lost” pada Microsoft Excel

Error paling umum yang ditemukan saat menggunakan Microsoft Excel adalah mencari celah-celah pada Excel, dengan tampilan pesan “File Error: data may have been lost”. Pesan ini sering muncul setelah membuka file Excel yang dulu sudah cukup baik kemudian merusak data di dalamnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengatasi error tersebut:

Penyebab Error File Error: data may have been lost

Pertama-tama, sebelum memahami cara mengatasi, ada baiknya untuk mengetahui apa yang menyebabkan error File error: data may have been lost tersebut. Contohnya:

  • File Excel yang didownload mengalami korup.
  • Terjadi serangan virus pada file Excel sehingga data menjadi hilang
  • Terjadi kesalahan saat memulihkan file Excel dari sistem file
  • Terjadi kesalahan saat memproses data saat ada program yang mengakses data secara bersamaan
Baca Juga :  Cara Membuat Angka Menjadi Desimal Di Excel

Cara mengatasinya

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi error “File Error: data may have been lost” pada Microsoft Excel:

  • Rename file: Rename file yang berisi Excel Error dengan nama baru. Ini bisa membantu memulihkan file Excel yang rusak. Beri nama file baru yang sama tapi dengan ekstensi yang berbeda seperti xlsx atau xls, jangan lupa simpan file dengan nama dan ekstensi baru.
  • Gunakan Re-assemble: Metode ini dapat membantu mengatasi File Error pada saat memproses penyimpanan Excel. Caranya adalah dengan memindahkan data yang ada di dalam file Sheet Excel yang sudah rusak ke file Sheet yang baru. Dengan cara ini, data yang hilang dapat pulih dan dibawa lagi ke versi yang baru.
  • Gunakan Open and Repair: Microsoft Excel memiliki fitur Open and Repair, yang dapat membantu memperbaiki file Excel yang rusak. Kita dapat memilih opsi “Open and Repair” yang ditemukan di menu File, untuk membuka data Excel yang rusak dan memungkinkan Microsoft Excel mencoba memperbaikinya, yang dapat memperbaiki data rutu rusak pada file Excel.

2. Error “Microsoft Excel Has Stopped Working” pada Microsoft Excel

Errror “Microsoft Excel Has Stopped Working” adalah sebuah kesalahan umum dalam penggunaan Microsoft Excel. Pesan tersebut muncul ketika pengguna mencoba untuk membuka worksheet, membuat laporan, atau mengedit item lainnya di Microsoft Excel. Penyebab umum dari pesan kesalahan ini adalah: terlalu banyak data atau program add-in yang menumpuk di dalam Microsoft Excel. Berikut adalah cara mengatasi error “Microsoft Excel Has Stopped Working” pada Microsoft Excel:

Penyebab “Microsoft Excel Has Stopped Working”

Pertama-tama, Anda harus memahami penyebab pasti dari error “Microsoft Excel Has Stopped Working” pada Microsoft Excel. Beberapa alasan berikut dapat menyebabkan error ini:

  • Komputer tidak memiliki memori yang cukup dan penggunaan Program Excel meningkat.
  • File Excel yang merusak atau file Excel yang terinfeksi oleh virus atau malware
  • Sistem operasi Microsoft Excel yang berbeda.
  • Program Excel mungkin tidak cukup cepat atau menggunakan sumber daya CPU lain di latar belakang.
Baca Juga :  CARA MEMPERBAIKI FILE EXCEL FOUND UNREADABLE CONTENT

Cara Mengatasi “Microsoft Excel Has Stopped Working”

Berikut adalah beberapa cara untuk mengatasi error “Microsoft Excel Has Stopped Working” pada Microsoft Excel:

  • Muat Ulang Excel: Ini adalah cara termudah untuk memulai kembali Microsoft Excel ketika terjadi error. Kita dapat menutup Excel dan membukanya kembali dari ikon di dekstop.
  • Matikan Add-Ins: Kita bisa mencoba untuk mematikan Add-Ins pada Microsoft Excel. Caranya: Klik File lalu Options kemudian klik Add-Ins dan pilih Excel Add-ins. Kemudian, hapus kotak centang pada Add-in tersebut dan restart Microsoft Excel.
  • Bersihkan Cache Excel: Cache atau file sementara dapat menyebabkan error pada aplikasi. Kita bisa mencoba untuk membersihkan cache Excel. Caranya: Klik File lalu Options selanjutnya Advanced dan selanjutnya klik Clean Up Excel.
  • Perbarui Microsoft Excel: Pembaharuan dapat mengatasi banyak jenis masalah pada Microsoft Excel. Kita bisa mencoba untuk memperbaruhi Microsoft Excel dengan manual atau mengaktifkan otomatis pembaharuan. Caranya: Klik File lalu Options selanjutnya Update dan pilih Update Now.

FAQ

1. Apakah ada kemungkinan untuk mengembalikan data yang hilang karena error pada Excel?

Ya, beberapa cara dapat membantu mengembalikan data yang hilang pada saat menggunakan Microsoft Excel, namun jangan menaruh terlalu banyak harapan pada pemulihan data yang dihapus atau hilang. Beberapa cara untuk memulihkan data tersebut antara lain:

Pakai AutoRecover untuk Memulihkan File Excel

Microsoft Excel menyediakan AutoRecover untuk memulihkan kembali file yang belum tersimpan di saat terjadi error pada Microsoft Excel sehingga Excel crash. Cara ini tidak dijamin memulihkan 100% data yang hilang, namun kita bisa mencobanya. Caranya:

  • Buka Microsoft Excel, lalu klik file dan pilih Options.
  • Pilih Save, dan kemudian cari bagian “Save AutoRecover information every” dan tentukan berapa menit interval auto recovery yang diinginkan
  • Jika proses aplikasi Microsoft Excel gagal atau terjadi crash, ketika membuka kembali Microsoft Excel akan membuka file yang masih aktif dan menyimpan file yang terakhir Anda edit pada folder “Recovery”.
Baca Juga :  Bagaimana Membuat Excel Reader Php

Gunakan Program Recovery untuk Memulihkan Data Excel

Program Recovery dapat digunakan untuk membantu mengembalikan file yang hilang pada saat menggunakan Microsoft Excel. Untuk mengembalikan file yang hilang, kita dapat menggunakan beragam alat pemulihan data seperti Stellar Phoenix Excel Repair, Microsoft Excel Repair Tool, dll.

2. Bagaimana Cara mengambil screenshot pada Microsoft Excel?

Untuk mengambil screenshot pada Microsoft Excel, kita dapat menggunakan fitur screenshot yang tersedia pada Ribbon Bar. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengambil screenshot pada Microsoft Excel:

  • Buka Microsoft Excel dan buka file yang ingin diambil screenshot.
  • Pada layar-ribbon, pilih tab “Insert”.
  • Pada kelompok “Screenshots” pilih bagian “Screenshot”.
  • Pilih area yang ingin kita ambil gambar dan Microsoft Excel akan memotong area tersebut dan disimpan pada file lembar kerja Excel.

Video Mengatasi Error pada Microsoft Excel

Berikut adalah video yang menjelaskan bagaimana cara mengatasi error pada Microsoft Excel: