Cara Memisahkan Data Berdasarkan Umur Di Excel

Cara Memisahkan Data Berdasarkan Umur Di ExcelMemisahkan Data dalam 1 Sel dengan Excel

Mungkin sebagian dari kita pernah mengalaminya, mendapatkan data yang terkumpul dalam satu sel yang berukuran besar dan sulit untuk diolah. Misalnya data jumlah produk yang terjual dalam satu bulan yang terdapat dalam satu sel dengan urutan tanggal dan jumlah yang berbeda-beda. Maka dibutuhkan cara untuk memisahkan data dalam 1 sel dengan Excel agar lebih mudah diolah dan dianalisis.

Berikut adalah tutorial cara memisahkan data dalam 1 sel dengan Excel:

1. Memisahkan data menggunakan fungsi tekstual

Fungsi TEXT pada Excel digunakan untuk mengembalikan nilai teks dengan format tertentu. Fungsi ini sangat berguna ketika mengolah data yang ber-isi nilai teks. Cara menggunakan fungsi TEXT pada Excel adalah sebagai berikut:

– Pilih sel yang akan dipisahkan datanya
– Pilih Menu Ribbon Formula
– Klik Fungsi Tekstual
– Pilih Fungsi TEXT
– Masukkan rumus yang sesuai, contohnya jika saya akan memisahkan data tanggal, maka dapat memasukkan rumus berikut pada baris baru:

=TEKST(S2,”DD MM YYYY”)

Keterangan:
– S2 adalah sel yang akan dipisahkan datanya
– “DD MM YYYY” adalah format yang diinginkan

– Tekan Enter

Maka data akan terpisah sesuai dengan urutan yang telah diatur pada format yang telah dimasukkan.

2. Memisahkan data menggunakan Fungsi Teks Rekanan

Fungsi Teks Rekanan pada Excel digunakan untuk mengekstrak bagian-bagian dari teks tertentu dengan rentang karakter tertentu. Fungsi ini berguna ketika data yang ingin diproses memiliki pola yang teratur. Cara menggunakan fungsi Teks Rekanan pada Excel adalah sebagai berikut:

– Memilih Sel yang akan diproses
– Klik Menu Ribbon Formula
– Klik Fungsi Teks
– Pilih Fungsi REKANAN
– Masukkan rumus yang sesuai, contohnya jika ingin memisahkan data tanggal, gunakan rumus sebagai berikut pada baris baru:

=MID(S3, 1, 2) & “-” & MID(S3, 4, 2) & “-” & MID(S3, 7, 4)

Keterangan:
– S3 adalah sel yang ingin diproses
– MID adalah fungsi untuk memilih karakter dalam sebuah teks
– 1, 2, 4, 2, 7 dan 4 adalah rentang karakter dalam sebuah teks sesuai urutan yang diinginkan.

– Tekan Enter

Maka data akan terpisah sesuai urutan yang diinginkan.

FAQ

1. Apa keuntungan dari memisahkan data dalam 1 sel dengan Excel?
Jawaban: Keuntungan dari memisahkan data dalam 1 sel dengan Excel adalah memudahkan pengolahan dan analisis data. Data yang terkumpul dalam satu sel yang berukuran besar akan menjadi sulit untuk dianalisis. Dalam hal ini, dengan memisahkan datanya menjadi beberapa bagian, maka akan lebih mudah untuk dianalisis dan diolah sesuai dengan keperluan.

2. Apakah fungsi REKANAN hanya bisa digunakan untuk memisahkan data tanggal?
Jawaban: Tidak, fungsi REKANAN tidak hanya bisa digunakan untuk memisahkan data tanggal, namun juga bisa digunakan untuk memisahkan data lainnya seperti nama, alamat, nomor telepon, dan sebagainya yang memiliki pola yang teratur.

Selain tutorial di atas, terdapat juga video tutorial yang dapat membantu memahami cara memisahkan data dalam 1 sel dengan Excel. Berikut adalah video tutorial yang dapat diakses melalui Youtube:

Baca Juga :  Cara Memotong Data Excel Yang Berbeda Panjangnya

Demikianlah tutorial mengenai cara memisahkan data dalam 1 sel dengan Excel, semoga dapat bermanfaat bagi Anda yang membutuhkan.