CARA MEMINDAH DATA WORD KE EXCEL

Memindahkan data dari satu file atau platform ke platform atau file lain mungkin bisa jadi menguras waktu dan tenaga. Namun, ada cara-cara mudah untuk memudahkan Anda dalam memindahkan data, seperti saat memindahkan file excel ke word atau cara memindahkan data di HP lama ke Smartphone baru. Pada artikel ini, akan dibahas beberapa cara mudah dalam memindahkan data dari platform atau file ke file atau platform lain.

1. Cara Memindahkan PPT ke Word untuk di Print

CARA MEMINDAH DATA WORD KE EXCEL

Ada beberapa alasan mengapa seseorang perlu memindahkan file PPT ke Word seperti alasan format, layout yang sesuai dengan keinginan, atau karena akan di print. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan cara lengkap memindahkan PPT ke Word dan ready untuk di print.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  • File PPT yang akan dipindah.
  • Microsoft Word
  • Printer (jika akan dicetak)

Panduan:

  1. Buka file PPT yang akan di pindah
  2. Pilih slide yang akan dipindahkan ke Word.
  3. Tekan tombol Windows dan PrtSc pada keyboard. Hal ini akan memotret layar yang sedang dilihat oleh mata Anda.
  4. Buka Microsoft Word.
  5. Pilih menu Insert dan pilih Screenshot.
  6. Pilih Screenshot yang ingin dipindahkan ke Word, kemudian salah satunya dipindahkan dengan drag and drop atau copy and paste.
  7. Lakukan edit pada gambar yang dipindahkan seperti mengatur kembali layout atau penambahan gambar lain sesuai dengan keinginan Anda.
  8. Setelah melakukan edit, maka Anda sudah siap untuk mencetak file di Microsoft Word.
Baca Juga :  CARA INPUT DATA DI EXCEL BERDASARKAN TANGGAL

Dengan cara tersebut, Anda sudah berhasil memindahkan file PPT ke Word dan siap untuk dicetak.

2. Cara Memindahkan Sheet Excel ke File Lain

Cara Memindahkan Sheet Excel ke File Lain

Memindahkan sheet Excel ke file lain bisa menjadi hal yang merepotkan, terutama bagi orang yang tidak mengerti caranya. Padahal, hal tersebut seringkali dibutuhkan untuk keperluan pekerjaan. Berikut adalah cara mudah memindahkan sheet Excel ke file lain.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

  • File Excel yang ingin dipindahkan sheet-nya.
  • File atau platform lain sesuai keinginan.

Panduan:

  1. Buka file Excel yang ingin dipindahkan sheet-nya.
  2. Pilih sheet yang akan dipindahkan.
  3. Pilih menu Move or Copy Sheet.
  4. Pilih file baru atau platform lain yang akan dijadikan tujuan.
  5. Tandai pada pilihan “Create a copy” jika ingin membuat salinan dari sheet yang akan dipindahkan.
  6. Kemudian, klik OK.
  7. Sheet Excel yang dipilih kini berada di file atau platform yang difokuskan dan siap digunakan.

FAQ

Apa yang dimaksud dengan Mail Merge?

Mail Merge adalah pengiriman surat massal yang berisikan informasi personal untuk setiap penerima. Pengiriman tersebut dapat dilakukan dengan menggabungkan dokumen utama (file yang biasanya berisikan surat) dengan sumber data (file yang berisikan data-data personal penerima). Salinan dokumen utama akan diberikan secara otomatis berdasarkan urutan data pada sumber data.

Bagaimana Cara Melakukan Mail Merge Excel ke Word?

Berikut ini adalah rincian cara melakukannya.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • File Excel dengan sumber data.
  • File Word dengan dokumen utama.

Panduan:

  1. Buka file Word yang ingin dilakukan Mail Merge.
  2. Pada tab Mailings, pilih Start Mail Merge dan pilih Letters atau Email Messages, kemudian pilih Next: Starting Document.
  3. Pada Select Recipients, pilih Use an Existing List, dan kemudian cari file Excel dengan sumber data.
  4. Paling bawah pada Select Table and Filter, pilih sheet yang berisikan data dan jika perlu, filter data.
  5. Setelah memilih Sheet dan Filter, klik Ok, dan sumber data akan terbaca otomatis ke dokumen Anda.
  6. Berikutnya, gunakan tombol Insert Merge Field untuk menambahkan field dari sumber data ke dokumen Anda.
  7. Kemudian, pilih Finish & Merge pada tab Mail Merge.
  8. Pilih Print Documents atau Edit Individual Documents, lalu pilih All atau From pada Merge to New Document.
  9. Dokumen baru akan dibuat yang tergabung dengan sumber data Anda, dan jika Anda memilih Print Documents, maka dokumen yang telah diunggah akan tercetak langsung.
Baca Juga :  Cara Menghitung Validitas Dengan Excel

Video Tutorial

Untuk lebih jelasnya, berikut video tutorial yang dapat Anda tonton:

Dengan mempraktekkan dan mengikuti panduan di atas, Anda dapat lebih mudah dalam memindahkan dan mengelola data di Microsoft Word serta Excel dengan cara yang lebih efisien dan praktis. Semoga bermanfaat!