CARA MEMFILTER DATA YANG DOUBLE DI EXCEL

Excel merupakan salah satu program bantu yang biasa digunakan oleh banyak orang di berbagai macam bidang. Terutama dalam bidang pengelolaan data, Excel menjadi program bantu yang sangat penting. Tak jarang kita mengalami kesulitan dalam mengelola data Excel terutama dalam melakukan sorting atau filtering data. Oleh sebab itu, pada artikel ini saya akan membahas tentang cara filtering dan mengurutkan data di Excel dengan mudah.

Teknik Filtering Data

Teknik filtering data di Excel merupakan salah satu cara untuk mempercepat dan memudahkan dalam mencari atau mengambil data yang kita butuhkan. Teknik filtering ini biasanya digunakan ketika kita memiliki data yang sangat banyak dan kita kesulitan untuk mencari suatu data secara manual.

Cara Filtering Data di Excel

Berikut ini adalah cara filtering data di Excel:

  • Pertama, buka file Excel yang akan difilter.
  • Lalu, pilih kolom yang akan difilter.
  • Klik pada tab Data di ribbon Excel.
  • Pilih opsi Filter dari grup sort & filter.
  • Akan muncul filter drop-down di setiap kolom yang dipilih.
  • Pilih filter yang diinginkan pada setiap kolom yang akan difilter.
  • Data yang muncul hanya data yang sudah difilter.

Fungsi Menambah Kolom Filter

Selain cara filtering di atas, terkadang kita juga membutuhkan fitur tambahan seperti menambahkan kolom filter. Dengan menambahkan kolom filter, kita bisa memudahkan dalam memfilter beberapa data sesuai dengan keinginan kita.

Baca Juga :  Cara Mengatasi Excel Data Less Or Close Other Application

Cara Menambah Kolom Filter di Excel

Berikut ini adalah cara menambah kolom filter di Excel:

  • Pertama, pilihlah data yang akan di tambahkan kolom filter nya.
  • Lalu, klik tabel yang ingin di tambahkan kolom filter.
  • Kemudian, klik Insert pada ribbon Excel.
  • Pilih tabel.
  • Kolom filter pun akan muncul.
  • Atur kolom filter sesuai keinginan.
  • Data akan otomatis terfilter sesuai dengan kolom filter yang sudah diatur.

Teknik Mengurutkan Data

Teknik mengurutkan data di Excel berguna dalam mengelompokkan data dalam suatu kondisi tertentu. Dengan mengurutkan data, kita bisa memudahkan dalam mencari data yang kita butuhkan terutama pada saat kita membandingkan data antara satu sama lain.

Cara Mengurutkan Data di Excel

Berikut ini adalah cara mengurutkan data di Excel:

  • Pilih data yang ingin diurutkan.
  • Klik pada tab Data di ribbon Excel.
  • Kemudian, klik pada opsi Sort dan Filter.
  • Pilih opsi A to Z untuk mengurutkan data dari kecil ke besar atau Z to A untuk mengurutkan data dari besar ke kecil.
  • Atur kolom yang akan diurutkan.
  • Data pun akan terurut sesuai dengan kolom yang diatur sebelumnya.

Fungsi Menambah Kolom Urut

Selain cara mengurutkan di atas, terkadang kita juga perlu menambahkan kolom urut. Dengan menambahkan kolom urut, kita bisa memudahkan dalam memberi nomor urut kepada tiap data.

Cara Menambah Kolom Urut di Excel

Berikut ini adalah cara menambah kolom urut di Excel:

  • Pilihlah data yang ingin ditambahkan kolom urutnya.
  • Klik tabel yang ingin ditambahkan kolom urut.
  • Kemudian, klik Insert pada ribbon Excel.
  • Pilih tabel.
  • Kolom urut pun akan muncul.
  • Tambahkan nomor urut pada kolom yang baru di tambahkan tadi.
  • Data pun akan tersusun sesuai dengan urutan nomor yang sudah ditentukan.
Baca Juga :  CARA MENGCOPY DATA EXCEL

FAQ

Pertanyaan 1: Apa itu fungsi autofill pada Excel?

Jawaban: Fungsi autofill pada Excel merupakan fungsi yang memudahkan dalam menyalin data pada baris yang sama atau berbeda.

Pertanyaan 2: Bagaimana cara menggunakan fungsi autofill pada Excel?

Jawaban: Berikut ini adalah cara menggunakan fungsi autofill pada Excel:

  • Pilih data yang akan di autofill.
  • Tahan tombol click pada cell.
  • Drag mouse ke arah yang diinginkan.
  • Data akan terisi otomatis sesuai dengan pola yang ditentukan.