CARA MEMBUKA WINDOWS APLIKASI WINDOWS SADAP

Windows Explorer adalah salah satu aplikasi built-in pada sistem operasi Windows yang berfungsi sebagai file manager. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengakses, mengorganisir, dan mengelola file dan folder pada komputer. Berikut ini adalah 11 cara untuk membuka Windows Explorer di Windows 10/11.

1. Menggunakan Desktop Shortcut

Cara termudah untuk membuka Windows Explorer adalah dengan menggunakan shortcut pada desktop. Biasanya shortcut ini sudah disediakan oleh default oleh sistem operasi Windows. Caranya cukup mudah, tinggal klik dua kali pada ikon Windows Explorer pada desktop dan aplikasi akan terbuka di layar.

CARA MEMBUKA WINDOWS APLIKASI WINDOWS SADAP

Namun, jika shortcut ini belum muncul pada desktop Anda, Anda dapat membuatnya dengan mudah. Caranya adalah dengan klik kanan pada desktop, pilih New, dan klik Shortcut. Selanjutnya, ketik “explorer” pada kolom Type the location of the item, kemudian klik Next. Setelah itu, beri nama shortcut Anda dan klik Finish.

2. Menggunakan Start Menu

Metode lain untuk membuka Windows Explorer adalah dengan menggunakan Start menu pada Windows. Caranya cukup mudah, tinggal klik Start pada layar desktop dan ketik “explorer” pada kolom Type here to search. Setelah itu, klik ikon Windows Explorer yang muncul pada hasil pencarian.

3. Menggunakan Cortana

Cortana adalah asisten personal pada Windows 10 yang memungkinkan pengguna untuk mengakses aplikasi dan fitur pada sistem operasi menggunakan suara. Anda dapat menggunakan Cortana untuk membuka Windows Explorer dengan memberikan perintah suara. Caranya cukup mudah, tinggal klik ikon Cortana pada taskbar atau tekan tombol Windows + C pada keyboard untuk membuka Cortana, kemudian katakan “Open Windows Explorer”.

4. Menggunakan Command Prompt

Command Prompt adalah aplikasi bawaan pada Windows yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan perintah pada sistem operasi. Anda juga dapat menggunakan Command Prompt untuk membuka Windows Explorer. Caranya cukup mudah, buka Command Prompt dengan mengetik “cmd” pada kolom Type here to search pada Start menu, kemudian ketik “explorer” pada Command Prompt dan tekan Enter.

5. Menggunakan Run

Run adalah fitur pada Windows yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan perintah atau program dengan cepat. Anda dapat menggunakan Run untuk membuka Windows Explorer dengan mudah. Caranya cukup ketik “explorer” pada kotak Run (tekan tombol Windows + R untuk membuka Run) dan tekan Enter.

6. Menggunakan Task Manager

Task Manager adalah aplikasi bawaan pada Windows yang memungkinkan pengguna untuk mengelola proses pada sistem operasi. Anda dapat menggunakan Task Manager untuk membuka Windows Explorer dengan mudah. Caranya cukup tekan tombol Ctrl + Shift + Esc pada keyboard untuk membuka Task Manager, klik File pada menu utama, dan klik Run new task. Selanjutnya, ketik “explorer” pada kolom Create new task dan tekan Enter.

7. Menggunakan File Explorer Shortcut pada Taskbar

File Explorer Shortcut adalah shortcut yang ditempatkan pada taskbar Windows. Anda dapat menggunakan shortcut ini untuk membuka Windows Explorer dengan mudah. Caranya cukup klik kanan pada shortcut File Explorer pada taskbar, kemudian pilih Windows Explorer pada daftar yang muncul.

8. Menggunakan File Explorer di Start Menu

Fitur lain yang disediakan oleh Windows untuk membuka Windows Explorer adalah melalui File Explorer di Start menu. Caranya cukup klik Start, pilih File Explorer, dan Windows Explorer akan terbuka di layar.

9. Menggunakan File Explorer di Task Manager

Fitur lain yang disediakan oleh Windows untuk membuka Windows Explorer adalah melalui File Explorer di Task Manager. Caranya cukup tekan tombol Ctrl + Shift + Esc pada keyboard untuk membuka Task Manager, klik File pada menu utama, dan pilih Run new task. Selanjutnya, ketik “file explorer” pada kolom Create new task dan tekan Enter.

Baca Juga :  CARA MEMULIHKAN APLIKASI WINDOWS

10. Menggunakan Command Prompt di File Explorer

File Explorer memiliki fitur Command Prompt yang memungkinkan pengguna untuk menjalankan perintah pada sistem operasi dari File Explorer. Anda dapat menggunakan fitur ini untuk membuka Windows Explorer dari File Explorer. Caranya cukup buka File Explorer, klik File pada menu utama, pilih Open command prompt, dan klik Open command prompt as administrator. Selanjutnya, ketik “explorer” pada Command Prompt dan tekan Enter.

11. Menggunakan Windows PowerShell

Windows PowerShell adalah aplikasi bawaan pada Windows yang memungkinkan pengguna untuk melakukan scripting pada sistem operasi. Anda dapat menggunakan Windows PowerShell untuk membuka Windows Explorer. Caranya cukup buka Windows PowerShell dengan mengetik “powershell” pada kolom Type here to search pada Start menu, ketik “explorer” pada Windows PowerShell dan tekan Enter.

FAQ

Pertanyaan 1: Apa perbedaan antara Windows Explorer dan File Explorer?

Jawaban: Windows Explorer adalah aplikasi file manager bawaan pada sistem operasi Windows sebelum Windows 8, sedangkan File Explorer adalah pengganti Windows Explorer pada Windows 8 dan versi yang lebih baru. Meskipun keduanya memiliki fungsi yang sama, File Explorer memiliki tampilan yang lebih modern dan fitur yang lebih lengkap daripada Windows Explorer.

Pertanyaan 2: Apa saja fitur baru pada Windows 11?

Jawaban: Beberapa fitur baru pada Windows 11 antara lain:

  • Tampilan Start menu yang baru
  • Tombol Snap Layouts dan Snap Groups yang memudahkan pengguna untuk mengatur tata letak aplikasi pada layar
  • Fitur Virtual Desktops yang memungkinkan pengguna untuk membuat desktop virtual dan bekerja secara terpisah
  • Fitur Chat from Microsoft Teams yang memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan teman atau kolega melalui aplikasi Microsoft Teams tanpa harus membuka aplikasi secara terpisah