CARA MEMBUKA FILE EXCEL YANG TIDAK BISA DI COPPY

Membuka File Excel yang Terkunci Atau Tidak Bisa Diedit

Microsoft Excel telah menjadi program populer di kalangan pengguna bisnis dan komputer pribadi. Bagi sebagian orang, Excel bahkan menjadi program yang sangat diperlukan sehari-hari. Namun, terkadang Anda mungkin menemukan masalah saat membuka file Excel Anda.

Beberapa masalah yang paling umum terkait dengan membuka file Excel termasuk file yang terkunci atau tidak bisa diedit. Ini dapat menjadi masalah besar jika Anda memerlukan akses ke data di dalam file Excel tersebut. Namun, jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membahas langkah-langkah untuk membuka file Excel yang terkunci atau tidak bisa diedit dengan langkah-langkah yang mudah diikuti.

Cara Membuka File Excel yang Terkunci

CARA MEMBUKA FILE EXCEL YANG TIDAK BISA DI COPPY

Step 1: Pastikan File Excel Tidak Dilindungi dengan Password

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa file Excel tidak dilindungi dengan password. Jika file Excel dilindungi dengan password, Anda tidak akan dapat membukanya tanpa memasukkan password yang benar.

Untuk mengecek apakah file Excel yang Anda memiliki dilindungi dengan password, cukup klik pada file Excel tersebut dan pilih menu “File” kemudian klik “Info”. Jika file Excel dilindungi dengan password, Anda akan melihat peringatan di bagian atas dokumen yang menyatakan bahwa file tersebut dilindungi dengan password.

Step 2: Pastikan File Excel Tidak Dilindungi dengan Sertifikat atau Kunci Digital

Selain password, file Excel juga dapat dilindungi dengan sertifikat atau kunci digital. Jika file Excel dilindungi dengan cara ini, Anda harus memeriksa apakah Anda memiliki akses ke sertifikat atau kunci digital yang diperlukan untuk membukanya.

Anda dapat memeriksa apakah file Excel dilindungi dengan sertifikat atau kunci digital dengan mengikuti langkah-langkah yang sama seperti memeriksa apakah file Excel dilindungi dengan password. Pada bagian bawah informasi Excel, jika file tersebut dilindungi dengan kunci digital atau sertifikat, akan terlihat peringatan.

Step 3: Menggunakan Fitur Unprotect Sheet atau Unprotect Workbook

Jika file Excel Anda terkunci dan tidak bisa diedit, kemungkinan besar itu karena fitur proteksi Excel yang terdapat pada worksheet atau workbook. Untuk membuka file Excel tersebut, Anda dapat menggunakan fitur “Unprotect Sheet” atau “Unprotect Workbook”.

Untuk menggunakan fitur “Unprotect Sheet” atau “Unprotect Workbook”, cukup klik pada lembar kerja atau buku kerja yang terkunci, dan pilih opsi “Review”. Kemudian pilih opsi “Unprotect Sheet” atau “Unprotect Workbook”. Setelah Anda mengetikkan kata sandi proteksi, Anda dapat mengakses isi dokumen dan mengubah data yang ada di dalamnya.

Cara Membuka File Excel yang Tidak Bisa Diedit

Cara Membuka File Excel yang Tidak Bisa Diedit

Step 1: Pastikan File Excel Tidak Dilindungi dengan Password

Langkah pertama dalam membuka file Excel yang tidak bisa diedit adalah memastikan bahwa file Excel tersebut tidak dilindungi dengan password. Sebagian besar file Excel yang tidak bisa diedit sebenarnya dilindungi dengan cara ini.

Untuk mengecek apakah file Excel yang tidak bisa diedit dilindungi dengan password, cukup klik pada file Excel tersebut dan pilih menu “File” kemudian klik “Info”. Jika file Excel tersebut dilindungi dengan password, Anda akan melihat peringatan di bagian atas dokumen yang menyatakan bahwa file tersebut dilindungi dengan password.

Baca Juga :  Cara Menginput Data Di R Dari Excel

Step 2: Menggunakan Fitur Unprotect Sheet atau Unprotect Workbook

Jika file Excel Anda tidak bisa diedit karena telah dilindungi, hal terbaik yang dapat dilakukan adalah menggunakan fitur “Unprotect Sheet” atau “Unprotect Workbook” seperti yang dijelaskan di atas.

Setelah Anda masuk dengan berhasil, Anda dapat mengedit isian kolom atau data lainnya pada file Excel tersebut.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa yang harus saya lakukan jika saya lupa password pada file Excel?

Jika Anda lupa password untuk membuka file Excel, Anda dapat mencoba menggunakan pengaturan untuk memulihkan dokumen. Jika tidak berhasil, Anda bisa mencoba beberapa software recovery yang bisa Anda download di internet. Namun, Anda harus ekstra berhati-hati karena beberapa program ini bisa jadi menyebarkan virus.

2. Apa yang harus saya lakukan jika file Excel saya terkunci karena sertifikat atau kunci digital?

Jika file Excel Anda terkunci karena sertifikat atau kunci digital, Anda harus memastikan bahwa Anda memiliki akses yang tepat ke sertifikat atau kunci digital yang dibutuhkan. Jika tidak, maka Anda tidak akan dapat membuka file Excel tersebut. Jika Anda yakin bahwa Anda memiliki akses yang tepat, Anda harus menanyakannya pada administrator sertifikat atau kunci digital untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.