CARA MEMBUKA FILE EXCEL YANG BERUBAH MENJADI TIPE FILE

Berikut adalah beberapa cara untuk membuka file Excel yang mungkin terkunci atau rusak. Entah itu karena kesalahan penggunanya atau masalah teknis. Perlu diingat bahwa melakukan pekerjaan ini bisa sangat mudah atau sangat sulit tergantung pada seberapa serius masalahnya. Di bawah ini, kita akan membahas beberapa cara untuk membuka file Excel yang mungkin rusak atau terkunci.

Cara Membuka File Excel yang Tiba-Tiba Close Dengan Temporary File

Jika Anda tiba-tiba menemukan bahwa file Excel Anda tidak bisa dibuka, mungkin file tersebut berada dalam keadaan terkunci. Ada beberapa cara untuk membukanya, tergantung pada seberapa serius masalahnya. Salah satu cara untuk membuka file Excel yang terkunci adalah dengan menggunakan temporary file.

Temporary file adalah file sementara yang dibuat oleh aplikasi ketika sedang bekerja pada suatu dokumen. Dalam kasus ini, file Excel akan membuat file temporary yang bisa membantu dalam menyelesaikan masalah.

  1. Pergi ke folder tempat file Excel yang rusak atau terkunci disimpan.
  2. Cek apakah ada file temporary dengan nama yang sama dengan file Excel yang bermasalah.
  3. Jika ada, salin file temporary tersebut dan ubah ekstensinya menjadi .xlsx atau .xls, tergantung pada versi Excel yang digunakan.
  4. Cobalah untuk membuka file baru tersebut.
  5. Jika berhasil, Anda dapat menyimpan file tersebut sebagai file Excel baru.

Cara Membuka File Excel yang Terkunci Tanpa Aplikasi

Sebelum mencoba membuka file Excel yang terkunci, pastikan Anda memiliki hak akses dan izin untuk melakukannya. Jika Anda memiliki izin administratif dan memenuhi semua persyaratan untuk membuka file Excel, berikut adalah beberapa cara yang dapat dicoba.

  1. Coba gunakan Password Recovery. Password Recovery adalah software yang bisa membantu Anda mengembalikan kata sandi dari dokumen Excel yang terkunci. Biasanya, software ini memiliki berbagai fitur termasuk memungkinkan Anda memilih jenis serangan yang digunakan untuk mendapatkan kata sandi – Brute Force Attack, Mask Attack, dan Dictionary Attack. Namun, software ini seringkali tidak gratis dan proses pemulihan bisa memakan waktu yang lama.
  2. Coba ubah format file. Cobalah untuk mengubah format file Excel menjadi file yang berbeda seperti TXT atau HTML. Beberapa aplikasi mungkin akan memungkinkan untuk membuka file dengan format yang berbeda meskipun file Excel sebenarnya terkunci. Namun, prosedur ini mungkin tidak berhasil pada semua aplikasi dan konten file juga bisa dirusak.
  3. Coba gunakan Google Sheets. Jika Anda memiliki akun Google, Anda dapat mencoba membuka file Excel (dalam format .xlsx) menggunakan Google Sheets. Ini bisa menjadi alternatif yang cukup mudah dan gratis, namun mungkin saja format file yang ada di Google Sheets berbeda dengan yang ada di Excel.

FAQ

Q: Apakah ada software gratis yang bisa digunakan untuk membuka file Excel yang terkunci?

A: Ya, ada beberapa software gratis yang bisa digunakan untuk membuka file Excel yang terkunci. Namun, prosesnya mungkin akan memakan waktu yang lama tergantung pada jenis serangan yang digunakan. Beberapa contoh software gratis yang bisa digunakan untuk membuka file Excel yang terkunci adalah Free Word and Excel Password Recovery Wizard, Excel Password Remover, dan Free Excel Key.

Q: Apakah ada risiko keamanan ketika menggunakan software untuk membuka file Excel yang terkunci?

A: Ya, ada risiko keamanan ketika menggunakan software untuk membuka file Excel yang terkunci. Beberapa software mungkin mengandung virus atau malware yang dapat membahayakan komputer Anda. Selalu periksa ulasan dari pengguna sebelum mengunduh software dan pastikan untuk selalu menjalankan software dari sumber yang terpercaya.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT HALAMAN EXCEL PUTIH

Mencari Solusi Yang Tepat

Ketika file Excel terkunci atau rusak, tidak ada yang ingin bingung atau tersesat. Bagaimanapun, file tersebut mungkin berisi dokumen penting atau presentasi yang dibutuhkan untuk pekerjaan atau tugas Anda. Dalam keadaan seperti ini, penting untuk mencari solusi yang tepat. Cobalah untuk mengevaluasi situasi dan menentukan seberapa besar masalahnya sebelum mencoba semua cara.

Jika cara yang diberikan tidak berhasil, cobalah untuk mencari bantuan dari profesional. Ada banyak perusahaan atau ahli yang menawarkan jasa untuk membantu mengembalikan file Excel yang rusak atau terkunci. Namun, pastikan untuk memilih yang benar-benar terpercaya dan memiliki reputasi yang baik.

Terakhir, ingatlah selalu untuk membuat cadangan file Excel untuk menghindari kerugian data atau file yang hilang. Jangan menjadi korban kecerobohan atau masalah teknis yang tidak perlu.