CARA MEMBUKA FILE EXCEL YANG BERADA DI FLASHDISK

Microsoft Excel dapat membantu kita untuk mengorganisir apapun, mulai dari data keuangan, perencanaan, pengembangan proyek, dan masih banyak lagi. Namun, terkadang kita mengalami kendala dalam membuka file Excel yang terkunci atau memiliki password yang dilupakan. Apakah kamu mengalami masalah seperti itu? Tenang saja, kami akan memberikan beberapa cara untuk membuka file Excel yang terkunci atau memiliki password yang dilupakan.

Cara Membuka File Excel yang Terkunci

Jika kamu pernah mengalami kesulitan membuka file Excel yang terkunci, kini kamu tidak perlu khawatir lagi karena terdapat beberapa cara yang bisa kamu coba untuk membukanya. Simak tips-tips berikut ini:

1. Memasukkan Password yang Benar

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memasukkan password yang benar. Jika kamu tidak yakin password yang dimasukkan benar, kamu bisa mencoba untuk mengingat kembali password tersebut. Ingatlah beberapa hal yang mungkin bisa membantumu mengingat password, seperti kombinasi angka dan huruf, tanggal atau nomor yang spesial, atau masih ada backup password lainnya.

2. Menggunakan Software untuk Membuka File Excel yang Terkunci

Jika kamu sudah mencoba memasukkan password yang benar namun masih tidak berhasil membuka file Excel yang terkunci, kamu bisa menggunakan software untuk membukanya. Terdapat banyak software yang bisa kamu gunakan untuk membuka file Excel yang terkunci, salah satunya adalah Passper for Excel. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuka file Excel yang terkunci menggunakan Passper:

  1. Download dan instal Passper for Excel di komputermu. Setelah diinstall, klik ikon aplikasi untuk membuka software tersebut.
  2. Pilih tab “Recover Passwords” di layar utama aplikasi.
  3. Pilih file Excel yang terkunci yang ingin kamu buka.
  4. Pilih jenis serangan password, misalnya “Brute Force Attack” atau “Dictionary Attack”.
  5. Klik tombol “Start” untuk memulai proses membuka file Excel yang terkunci.
  6. Tunggu hingga proses selesai. Jika sukses, kamu akan melihat password yang dimunculkan di layar aplikasi.
  7. Masukkan password tersebut untuk membuka file Excel yang terkunci.

Cara Membuka File Excel Yang Tiba-Tiba Close Dengan Temporary File

Jika file Excelmu tiba-tiba close atau crash, dan menghasilkan temporary file, kamu tidak perlu khawatir karena masih ada cara untuk membukanya kembali. Berikut adalah tipsnya:

1. Coba Klik Kanan dan Pilih “Open With”

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk membuka file Excel yang tiba-tiba close dengan temporary file adalah dengan mengklik kanan pada file tersebut dan memilih “Open With”. Kemudian, pilih Microsoft Excel untuk membuka temporary file tersebut.

2. Gunakan Mode Aman untuk Membuka File Excel yang Tiba-Tiba Close dengan Temporary File

Langkah kedua yang bisa kamu coba jika langkah pertama gagal adalah menggunakan Mode Aman untuk membuka file Excel yang tiba-tiba close dengan temporary file. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Microsoft Excel terlebih dahulu.
  2. Pilih “File” dan click “Options”.
  3. Pilih “Trust Center” pada bagian kiri dan kemudian pilih “Trust Center Settings”.
  4. Pilih “Protected View” pada bagian kiri dan hilangkan centang pada “Enable Protected View for files originating from the internet”.
  5. Klik tombol “OK” untuk menyimpan pengaturan.
  6. Coba untuk membuka file Excel lagi.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT TULISAN DI TENGAH EXCEL

FAQ

1. Apa saja software yang bisa digunakan untuk membuka file Excel yang terkunci?

Terdapat banyak software yang bisa kamu gunakan untuk membuka file Excel yang terkunci, di antaranya adalah Passper for Excel, Excel Password Recovery Lastic, Accent EXCEL Password Recovery, dan masih banyak lagi.

2. Apa yang harus dilakukan jika tetap tidak bisa membuka file Excel yang terkunci?

Jika kamu sudah menggunakan berbagai cara namun tetap tidak bisa membuka file Excel yang terkunci, kamu mungkin harus mempertimbangkan untuk menghubungi profesional dalam bidang ini. Ada banyak jasa yang bisa membantu mengakses file Excel yang terkunci tersebut. Namun, pastikan kamu memilih jasa yang terpercaya dan aman, karena kamu harus mempercayakan data pentingmu pada mereka.

Video Tutorial

Nah, itulah beberapa tips cara membuka file Excel yang terkunci atau yang memiliki password yang dilupakan. Jangan lupa untuk selalu membackup file pentingmu, karena hal ini akan membantumu menghindari kerugian yang lebih besar di masa depan. Saksikan juga video tutorial berikut ini untuk memudahkan kamu dalam membuka file Excel.