CARA MEMBUKA FILE EXCEL VBA MACROS DISABLED

Cara membuka file Excel yang memiliki macros menjadi masalah tersendiri bagi yang belum paham teknik-tekniknya. Namun, jangan khawatir karena ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membuka file Excel dengan macros yang terkunci. Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan.

Tip 1: Menggunakan Macro-enabled Workbook

Sebelum membahas tips ini, ada baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu tentang Macro-enabled Workbook. Macro-enabled Workbook adalah jenis file Excel yang memiliki macros yang terkunci dan hanya dapat diakses oleh pengguna yang memiliki hak akses tertentu. Jika Anda memiliki hak akses penuh, maka Anda bisa dengan mudah membuka file Excel yang memiliki macros ini tanpa perlu melakukan langkah-langkah yang rumit.

Untuk membuka Macro-enabled Workbook, caranya cukup sederhana. Pertama, klik kanan pada file Excel yang ingin dibuka, lalu pilih Open with Microsoft Excel. Setelah itu, masukkan password yang diminta untuk membuka file Excel tersebut.

Tip 2: Mengubah Setting Macro pada Excel

Jika cara pertama tidak berhasil, ada cara kedua yang bisa kamu coba. Cara ini melibatkan pengaturan Macro pada Excel agar bisa membuka file Excel yang memiliki macros. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka file Excel yang ingin dibuka.
  2. Klik File di pita tab, lalu pilih Options.
  3. Pilih Trust Center dari daftar opsi yang tersedia.
  4. Klik Trust Center Settings dan pilih Macro Settings.
  5. Pilih pengaturan ‘Enable all macros’ dan klik OK.
  6. Simpan pengaturan ini dan tutup jendela Options.
  7. Setelah itu, buka kembali file Excel yang ingin dibuka dan aktifkan macros.

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, Anda seharusnya bisa membuka file Excel yang memiliki macros tanpa harus mengalami masalah apapun.

Tip 3: Menggunakan Program Third-party

Jika cara kedua tidak berhasil, maka ada tips ketiga yakni menggunakan program third-party yang dapat membuka file Excel yang memiliki macros terkunci. Salah satu software yang dapat digunakan untuk membuka file Excel dengan macros terkunci adalah ‘PassFab for Excel’.

Langkah-langkah untuk membuka file Excel menggunakan software ini adalah sebagai berikut:

  1. Instal software PassFab for Excel dan buka program
  2. Pilih file Excel yang ingin dibuka dan klik “Remove Workbook Password”
  3. Setelah proses selesai, file Excel yang sebelumnya terkunci akan terbuka dan Anda dapat mengakses semua data dan makronya.

Dalam kondisi tertentu, pengguna dapat mengalami masalah dengan macros Excel yang terkunci karena virus terkait atau kerusakan pada berkas itu sendiri. Jika Anda mengalami situasi seperti ini, maka tips terakhir ini dapat menjadi solusi bagi Anda untuk membuka file Excel yang terkunci.

FAQ

Apa yang harus dilakukan jika cara yang disarankan tidak berhasil?

Jika cara yang disarankan tidak berhasil, pastikan Anda telah mengikuti langkah-langkah dengan benar. Namun, jika semua cara tersebut masih belum berhasil membuka file Excel yang terkunci, maka solusi terbaik adalah menghubungi administrator atau pemilik file Excel dan meminta bantuan dari mereka untuk membuka file tersebut.

Baca Juga :  Cara Membuat Diagram Grafik Kuisioner Di Excel

Apakah mengubah pengaturan Macro pada Microsoft Excel aman?

Iya, mengubah pengaturan Macro pada Microsoft Excel aman jika hanya dilakukan pada komputer yang aman dan terpercaya. Namun, jika mengubah pengaturan Macro pada Microsoft Excel pada komputer yang dapat diakses oleh banyak orang atau computer yang tidak aman, maka tidak berlaku lagi yang namanya aman. Oleh karena itu, pastikan Anda selalu menggunakan komputer yang terpercaya dan aman saat melakukan konfigurasi atau pengaturan di Microsoft Excel.