CARA MEMBUKA FILE EXCEL 2013 YANG DI PASSWORD

Jika Anda memiliki file Excel dengan macros yang dinonaktifkan, Anda mungkin mengalami kesulitan untuk membukanya. Namun, jangan khawatir karena ada cara untuk membuka file Excel yang macrosnya disable. Berikut adalah beberapa cara untuk membuka file Excel tersebut.

Cara Pertama: Mengaktifkan Macros

Langkah pertama untuk membuka file Excel dengan macros yang dinonaktifkan adalah mengaktifkan macros. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka file Excel yang memiliki macros yang dinonaktifkan.
  2. Klik tab File dan pilih Options.
  3. Pilih Trust Center di panel kiri dan klik Trust Center Settings.
  4. Pilih Macro Settings dan klik tombol Enable All Macros.
  5. Klik OK untuk menyimpan perubahan.
  6. Tutup file Excel dan buka kembali untuk melihat apakah macros sudah dapat diakses.

CARA MEMBUKA FILE EXCEL 2013 YANG DI PASSWORD

Jika langkah-langkah di atas tidak berhasil membuka file Excel Anda, ada cara lain yang dapat dicoba.

Cara Kedua: Menggunakan Password Recovery Tool

Jika file Excel Anda terkunci karena password yang tidak diketahui, Anda dapat menggunakan password recovery tool untuk membukanya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Unduh dan instal salah satu password recovery tool yang tersedia di internet. Beberapa contoh tool yang dapat digunakan adalah PassFab for Excel, Stellar Phoenix Excel Password Recovery, dan iSeePassword Excel Password Recovery.
  2. Buka tool tersebut dan pilih file Excel yang ingin dibuka.
  3. Pilih opsi Recover Password atau Crack Password.
  4. Biarkan tool bekerja untuk mencoba mengembalikan password yang hilang.
  5. Jika tool berhasil mengembalikan password, gunakan password tersebut untuk membuka file Excel Anda.

Menggunakan Password Recovery Tool

Dua cara di atas dapat membantu Anda membuka file Excel yang terkunci atau macrosnya di disable. Namun, jika masih ada pertanyaan yang mengganggu, berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang membuka file Excel yang bermasalah.

FAQ

Pertanyaan 1: Apa yang harus dilakukan jika kedua cara di atas tidak berhasil membuka file Excel?

Jawaban: Jika kedua cara di atas tidak berhasil membuka file Excel Anda, Anda dapat mencoba menggunakan dokumen cadangan (backup document) jika Anda membuatnya sebelum file Excel Anda mengalami masalah. Jika tidak ada dokumen cadangan, Anda bisa mencoba untuk menghubungi Microsoft untuk mendapatkan bantuan.

Pertanyaan 2: Apakah ada cara untuk menghindari masalah dengan file Excel yang terkunci atau macrosnya di disable?

Jawaban: Ada beberapa cara untuk menghindari masalah dengan file Excel. Pertama, pastikan file Excel Anda disimpan dengan password yang mudah diingat namun sulit untuk ditebak. Kedua, pastikan untuk membuat backup dokumen secara berkala sehingga Anda akan memiliki salinan file Excel yang sah jika dokumen utama Anda mengalami masalah. Terakhir, pastikan untuk selalu mengaktifkan macros hanya dari sumber terpercaya dan tidak mengizinkan macros dari sumber yang tidak diketahui.

Demikianlah beberapa cara untuk membuka file Excel yang terkunci atau macrosnya di disable. Semoga informasi ini bermanfaat untuk Anda!

Baca Juga :  CARA MEMBUAT DIAGRAM BATANG DARI EXCEL