CARA MEMBUAT WORKSHEET MENJADI BEBERAPA HALAMAN DI EXCEL

Pada artikel ini, akan dibahas tentang cara membuat halaman di Microsoft Excel. Excel adalah salah satu program pengolah data populer yang digunakan oleh banyak orang di berbagai industri. Dalam penggunaannya, seringkali kita memerlukan pembuatan halaman untuk memudahkan pengaturan data. Oleh karena itu, cara membuat halaman di Excel menjadi hal yang penting untuk diketahui.

Sebelum membahas tentang cara membuat halaman di Excel, ada baiknya kita mengetahui dulu apa itu halaman di Excel. Secara sederhana, halaman di Excel adalah tampilan yang terdiri dari beberapa baris dan kolom yang digunakan untuk memasukkan data. Dalam sebuah workbook, kita bisa membuat beberapa halaman atau worksheet yang berbeda, dan halaman tersebut bisa diatur formatnya secara berbeda.

Cara Membuat Halaman di Excel

Langkah pertama dalam membuat halaman di Excel adalah membuka program Microsoft Excel. Setelah itu, kita bisa membuat worksheet baru atau menggunakan worksheet yang sudah ada. Untuk membuat worksheet baru, kita bisa mengklik tombol “new worksheet” pada bagian bawah lembar kerja.

Setelah itu, kita bisa memberikan nama untuk worksheet baru tersebut. Cara memberikan nama worksheet adalah dengan mengklik dua kali pada nama worksheet yang terdapat pada bagian bawah kiri lembar kerja. Ketika sudah muncul kolom untuk mengganti nama, kita bisa memberikan nama sesuai dengan kebutuhan.

Setelah worksheet baru sudah dibuat dan diberi nama, kita bisa mulai membuat halaman dengan menambahkan baris dan kolom. Untuk menambahkan baris, kita bisa klik pada nomor baris yang terdapat pada sisi kiri lembar kerja. Sedangkan untuk menambahkan kolom, kita bisa klik pada huruf kolom yang terdapat pada bagian atas lembar kerja.

Selain menambahkan baris dan kolom secara manual, kita juga bisa menggunakan fitur insert dalam Excel. Untuk menambahkan baris atau kolom menggunakan fitur insert, kita bisa memilih sel pada bagian bawah atau samping baris atau kolom yang ingin ditambahkan. Kemudian, kita bisa klik kanan lalu pilih “insert”. Setelah itu, kita bisa pilih apakah ingin menambahkan baris atau kolom.

Berikut ini beberapa cara membuat halaman di Excel yang bisa kita lakukan:

1. Membuat Halaman Baru

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, untuk membuat halaman baru di Excel, kita bisa mengklik tombol “new worksheet” pada bagian bawah lembar kerja. Selain itu, kita juga bisa menggunakan tombol shortcut “Shift+F11” pada keyboard.

2. Menggabungkan Halaman

Kita juga bisa menggabungkan dua atau lebih halaman di Excel menjadi satu. Caranya adalah dengan mengklik pada worksheet yang ingin digabungkan, kemudian memilih tab “Home”. Setelah itu, kita bisa mengklik tombol “Format” pada bagian “Cells”. Kemudian, pilih “Merge & Center” pada dropdown menu.

3. Membuat Halaman PDF

Selain menggabungkan halaman, kita juga bisa membuat halaman di Excel menjadi file PDF. Caranya adalah dengan memilih “File” pada menu bar di sisi kiri atas lembar kerja. Kemudian, pilih “Export” lalu pilih “Create PDF/XPS”. Setelah itu, kita bisa memberikan nama file dan memilih lokasi penyimpanan file.

FAQ

1. Apakah semua kolom dan baris dalam sebuah halaman harus diisi?

Tidak, tidak semua kolom dan baris dalam sebuah halaman harus diisi. Kita bisa mengatur kolom dan baris yang ingin digunakan sesuai dengan kebutuhan.

2. Apakah harga Microsoft Excel mahal?

Microsoft Excel bisa didapatkan dalam paket Microsoft Office yang dijual dengan harga yang cukup terjangkau. Selain itu, Microsoft juga menawarkan beberapa paket berlangganan bulanan atau tahunan dengan harga yang lebih murah.

Baca Juga :  Cara Menghitung Npv 1 Dengan Excel

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial tentang cara membuat halaman di Excel:

Kesimpulan

Membuat halaman di Excel cukup penting untuk memudahkan pengaturan data. Kita bisa membuat halaman baru, menggabungkan halaman, dan membuat halaman PDF menggunakan program Microsoft Excel. Selain itu, kita juga bisa menggunakan insert atau merger cells untuk menambahkan baris dan kolom dalam halaman. Dalam penggunaannya, perlu diingat bahwa tidak semua kolom dan baris harus diisi, dan harga Microsoft Excel cukup terjangkau.