Warga.Co.IdBerita Warga Indonesia dan Teknologi serta Informasi Terbaru
CARA MEMBUAT VLOOKUP DI EXCEL
Microsoft Excel merupakan salah satu software komputer yang sering digunakan dalam dunia bisnis dan keuangan. Salah satu fitur yang sering digunakan dalam Excel adalah Rumus VLOOKUP. Rumus ini memungkinkan kita untuk mencari data dalam tabel dan mengambil data lain dari tabel yang sama atau tabel yang berbeda. Fitur ini sangat berguna untuk pekerjaan yang memerlukan analisis data dengan menggunakan Excel. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menggunakan Rumus VLOOKUP di Microsoft Excel.
Rumus VLOOKUP adalah singkatan dari Vertical Lookup. Arti dari Vertical Lookup adalah pencarian data secara vertikal. Rumus ini memungkinkan kita untuk mencari data dalam tabel dan mengambil data lain dari tabel yang sama atau tabel yang berbeda. Dalam penggunaannya, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:
Rumus VLOOKUP hanya dapat digunakan pada tabel yang terstruktur dengan rapi.
Data yang ingin dicari harus berada pada kolom yang benar.
Data yang ingin dimuat harus berada pada sebelah kanan dari data yang dicari.
2. Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP di Excel
Berikut adalah cara menggunakan Rumus VLOOKUP di Excel:
Buat tabel data yang ingin Anda gunakan.
Tentukan data yang ingin Anda cari dalam tabel. Contohnya, pada contoh di bawah ini, kita akan mencari informasi karyawan dengan ID karyawan “EMP003”.
Tentukan di kolom manakah data yang ingin Anda muat. Contohnya, pada contoh di bawah ini, kita ingin menampilkan nama karyawan yang terletak pada kolom kedua.
Tentukan tabel yang akan digunakan untuk pencarian data. Contohnya, pada contoh di bawah ini, kita akan menggunakan tabel “Daftar Karyawan”.
Masukkan rumus VLOOKUP pada sel yang kosong. Rumus ini terdiri dari beberapa argumen:
=VLOOKUP(lookup value, table array, column index number, [range lookup])
lookup value: data yang ingin dicari di dalam sebuah tabel
table array: sel atau kumpulan sel yang ingin digunakan untuk pencarian data
column index number: nomor kolom yang ingin dimuat sebagai data yang dicari
range lookup: parameter opsional yang menunjukkan apakah pencarian nilai yang cocok harus tepat (FALSE) atau hanya mendekati (TRUE). Jika tidak ditentukan, nilai default adalah TRUE.
Berikut adalah contoh rumus VLOOKUP yang ingin menampilkan nama karyawan dengan ID “EMP003”:
Pada contoh di atas, seluruh tabel pencarian data dimulai dari sel A2 hingga sel C6.
Setelah memasukkan rumus VLOOKUP, tekan Enter. Jika pencarian berhasil, maka hasil dari pencarian akan muncul pada sel. Pada contoh di atas, hasil pencarian adalah “Michael”.
Berikut adalah contoh rumus VLOOKUP yang ingin menampilkan tanggal lahir karyawan dengan ID “EMP001”:
Cara melihat rumus VLOOKUP yang digunakan pada sel adalah dengan memilih sel yang ingin dilihat rumusnya kemudian pada toolbar pilih formula lalu pilih formula auditing:
3. Cara Menggunakan Fungsi VLOOKUP di Excel
Berikut adalah cara menggunakan fungsi VLOOKUP di Excel:
Perbedaan antara fungsi VLOOKUP dan rumus VLOOKUP adalah bahwa fungsi VLOOKUP dapat diakses melalui formula wizard di Excel.
Untuk mengakses formula wizard, buka Excel kemudian pilih rumus lalu pilih fungsi. Pilih kategori Lookup & Reference, lalu pilih fungsi VLOOKUP.
Setelah fungsi VLOOKUP dipilih, masukkan argumen-argumen yang diperlukan untuk fungsi ini pada formula wizard.
Masukkan fungsi VLOOKUP pada sel yang kosong seperti penggunaan rumus VLOOKUP.
Hasil yang diberikan akan sama dengan penggunaan rumus VLOOKUP.
FAQ
1. Apakah fungsi VLOOKUP hanya bisa digunakan pada tabel Excel?
Tidak. Fungsi VLOOKUP dapat digunakan pada tabel Excel maupun tabel di aplikasi pengolah data yang lain.
2. Apakah saya perlu membayar untuk menggunakan fungsi VLOOKUP?
Tidak. Fungsi VLOOKUP termasuk dalam fitur standar dari software Microsoft Excel dan dapat digunakan secara gratis.
Video Tutorial: Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP di Excel
Dalam video tutorial ini, Anda akan belajar cara menggunakan Rumus VLOOKUP di Microsoft Excel. Video ini akan membantu Anda memahami bagaimana cara menggunakan rumus VLOOKUP dan juga memberikan tips untuk mengoptimalkan penggunaan rumus ini dalam pekerjaan Anda.
Dalam kesimpulan, Rumus VLOOKUP adalah fitur penting dalam Excel yang berguna untuk pencarian data dalam tabel dan mengambil data lain dari tabel yang sama atau tabel yang berbeda. Rumus ini dapat digunakan pada tabel Excel dan juga tabel di aplikasi pengolah data yang lain. Dalam penggunaannya, perlu diperhatikan beberapa hal seperti tabel yang terstruktur dengan rapi, data yang ingin dicari harus berada pada kolom yang benar, dan data yang ingin dimuat harus berada pada sebelah kanan dari data yang dicari. Selain menggunakan rumus VLOOKUP, Anda juga dapat menggunakan fungsi VLOOKUP yang dapat diakses melalui formula wizard di Excel.
Rekomendasi:
CARA AMBIL DATA DARI SHEET LAIN DI EXCEL Excel merupakan salah satu software aplikasi yang sangat berguna dalam menyelesaikan segala macam pekerjaan yang menggunakan data, baik itu pekerjaan akademik, bisnis, pemerintah maupun pribadi. Salah satu fitur pada Excel yang seringkali digunakan oleh pengguna adalah Vlookup yaitu rumus untuk…
Cara Mencari Data Dengan Kode Menggunakan Vlookup Excel VLOOKUP adalah salah satu fungsi terpopuler dan sering digunakan di Microsoft Excel. Fungsi VLOOKUP digunakan untuk mencari nilai pada tabel data berdasarkan nilai yang telah diberikan. VLOOKUP adalah singkatan dari Vertical Lookup, karena fungsinya digunakan untuk mencari nilai secara vertikal…
Belajar Membuat Vlookup Dan Hlookup Di Excel Belajar Vlookup dan Hlookup pada Microsoft Excel merupakan salah satu skill penting yang harus dikuasai oleh seseorang yang ingin bekerja dengan spreadsheet. Kedua rumus tersebut memungkinkan kita untuk mencari nilai pada sebuah tabel dan mengembalikan nilai yang sesuai dengan kriteria…
CARA VLOOKUP DATA EXCEL Microsoft Excel adalah salah satu software yang popular bagi pengguna PC untuk mengelola data dan informasi. Dalam penggunakan Microsoft Excel, terdapat beberapa rumus yang dapat mempermudah pekerjaan dan pengelolaan data. Salah satu rumus tersebut adalah rumus VLOOKUP. Pada artikel ini,…
Cara Membuat Rumus Vlookup Excel Excel merupakan salah satu aplikasi yang banyak digunakan dalam dunia bisnis maupun akademik. Salah satu keunggulan Excel adalah adanya berbagai rumus yang dapat memudahkan penggunanya dalam mengolah data dan mencari informasi yang dibutuhkan. Salah satu rumus yang sangat berguna dalam…
CARA MEMBUAT LOOKUP DI EXCEL Saat ini, Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi yang paling populer digunakan dalam berbagai bidang seperti bisnis, keuangan, akuntansi, dan masih banyak lagi. Salah satu fitur populer dalam Microsoft Excel adalah rumus VLOOKUP. Rumus ini sangat berguna untuk memudahkan pengguna…
RUMUS EXCEL UNTUK MENCARI DATA DENGAN CARA FIND Pertama-tama, kita akan membahas tentang Rumus Excel Membandingkan Data Yang Sama. Sebagai pengguna Excel, pasti kita sudah familiar dengan fungsi-fungsi rumus di dalamnya. Salah satu rumus yang sering digunakan adalah rumus untuk membandingkan data yang sama. Misalnya, kita memiliki dua…
Cara Mengambil Data Dari Website Ke Excel Pertumbuhan teknologi dan kebutuhan data yang semakin besar membuat pengolahan data semakin diperlukan, salah satu sarana pengolahan data yang paling populer saat ini adalah Microsoft Excel. Microsoft Excel adalah program pengolah data eletronik yang memungkinkan penggunanya melakukan analisis dan kalkulasi…
Cara Mencari Tf Idf Di Data Latih Excel Excel merupakan salah satu aplikasi yang paling sering digunakan oleh berbagai kalangan, baik di kalangan pelajar, mahasiswa, pekerja kantoran, bahkan hingga pengusaha. Excel memudahkan untuk mengelola data dan memproses informasi. Terdapat berbagai cara untuk memanipulasi data di Excel, salah satunya…
Cara Mencari Data Extends Simpanan Pada Microsoft Excel Excel adalah program lembar kerja elektronik yang digunakan untuk menyimpan, mengorganisir, dan menganalisis data. Salah satu fitur Excel yang paling populer adalah VLOOKUP atau Vertical Lookup. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara mencari data dengan VLOOKUP di Excel, serta…
CARA MEMBUAT VLOOKUP PADA EXCEL Microsoft Excel adalah salah satu program pengolah data yang paling populer di dunia. Ada begitu banyak rumus dan fitur yang tersedia di dalam Excel, dan salah satu yang paling berguna adalah VLOOKUP. Dalam artikel ini, kita akan membahas apa itu…
Cara Membuat Rumus Excel Vlook Up Table Array Excel merupakan salah satu program aplikasi yang bisa digunakan untuk melakukan berbagai hal, salah satunya yaitu mengelola data dan melakukan perhitungan. Dalam menggunakan Excel, terdapat banyak rumus dan fungsi yang bisa digunakan untuk memudahkan penggunaan program ini. Salah satu fungsi…
CARA MEMBUAT VLOOKUP DAN HLOOKUP DI EXCEL Saat ini, penggunaan Microsoft Excel sudah sangat umum di kalangan pengguna komputer, baik untuk keperluan di kantor, sekolah, atau keperluan pribadi. Bagi pengguna Excel, pastinya tidak asing dengan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP. VLOOKUP Rumus VLOOKUP digunakan untuk mencari nilai dalam…
Cara Membuat Sortir Vlookup Pada Excel Belajar menggunakan Microsoft Excel pastinya akan membantu memudahkan dalam menyelesaikan setiap tugas yang berhubungan dengan pengolahan data. Salah satu rumus yang sangat penting dan sering digunakan dalam pengolahan data di Microsoft Excel adalah rumus VLOOKUP. Bagi kalian yang baru mulai…
Cara Membuat Rumus Vlookup Di Excel Dengan Mid Microsoft Excel merupakan sebuah aplikasi pengolah angka terbaik di dunia. Aplikasi ini digunakan oleh banyak orang untuk kebutuhan personal, bisnis, maupun akademik. Salah satu fitur yang sangat penting dalam Excel adalah rumus, khususnya rumus VLOOKUP dan HLOOKUP. Pada artikel ini,…
CARA AMBIL DATA BERDASARKAN NOMER DI EXCEL Excel merupakan salah satu program pengolah data yang populer di kalangan pengguna komputer. Dalam kegiatan pengolahan data, seringkali kita membutuhkan cara untuk ambil data berdasarkan nilai yang sama atau record yang sama. Hal ini bisa dilakukan dengan mudah di Excel…
Cara Mengambil Data Pada Excel Excel merupakan salah satu program aplikasi dari Microsoft Office yang sangat populer di dunia bisnis dan industri. Dengan menggunakan Excel, pengguna bisa melihat, mengolah, dan menganalisis data dengan sangat mudah dan efisien. Bahkan, Excel juga memiliki berbagai macam rumus yang…
Cara Membuat Rumus Vlookup Keterangan Lulus Pada Excel Rumus VLOOKUP di Excel seringkali digunakan untuk mencari data yang diinginkan dari tabel atau range data yang sangat besar. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menggabungkan rumus VLOOKUP dan LEFT untuk memberikan solusi yang lebih kuat dalam mencari data…
CARA MEMBUAT MAILING DI EXCEL DENGAN RUMUS VLOOKUP Kalian pasti sudah tidak asing lagi dengan program Microsoft Excel, yang merupakan salah satu program spreadsheet paling populer di dunia. Terdapat beragam fitur yang disediakan oleh Excel untuk membuat pekerjaan yang berkaitan dengan pengelolaan data dan perhitungan menjadi lebih mudah…
CARA AMBIL DATA DENGAN RUMUS LOOKUP DI EXCEL Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data yang paling sering digunakan oleh banyak orang terutama saat ini yang serba digital. Dalam menggunakan aplikasi tersebut, tentu saja kita memerlukan sebuah pemahaman tentang bagaimana cara mengoperasikannya dengan baik dan benar. Salah…
CARA LOOKUP EXCEL Microsoft Excel adalah program spreadsheet yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Dalam Microsoft Excel, ada banyak fitur yang berguna untuk membantu penggunanya dalam mengelola data dan melakukan analisis data dengan akurat dan cepat. Cara Lookup Excel Salah satu fitur…
Cara Membuat Rumus Concatenate Dan Vlookup Excel Beda Sheet Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara menggunakan rumus VLOOKUP pada Microsoft Excel. Rumus ini sangat berguna dalam mempermudah pengolahan data, terutama saat kita ingin mencari data pada tabel yang besar. Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP Sebelum kita membahas…
Cara Membuat Rumus Excel Vlookup Table Array Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi yang sering digunakan dalam pengelolaan data dan analisa bisnis. Aplikasi ini menyediakan berbagai macam fungsi dan rumus yang sangat membantu dalam mengolah data dengan cepat dan efektif. Salah satu rumus yang paling sering digunakan…
CARA MEMBUAT RUMUS VLOOKUP DI EXCEL 2010 Excel merupakan sebuah aplikasi pengolah data yang sangat populer di dalam berbagai bidang seperti akuntansi, keuangan, manajemen, dan masih banyak lagi. Salah satu fitur yang sangat berguna di dalam Excel adalah rumus VLOOKUP atau sering disebut vertical lookup. Dalam artikel…
CARA EXCEL VLOOKUP MENGHITUNG DATA DUPLIKAT Microsoft Excel adalah salah satu software yang paling sering digunakan di seluruh dunia. Dalam dunia bisnis, Excel memiliki peran penting sebagai alat untuk mengelola data dan melakukan analisis. Salah satu fitur Excel yang cukup populer adalah rumus VLOOKUP. Dalam artikel…
Cara Membuat Rumus Vlookup Dalam Excel Mengenal Rumus VLOOKUP pada Microsoft Excel Rumus VLOOKUP dapat menjadi alat yang sangat berguna dalam mengolah data yang cukup kompleks pada dokumen excel. Rumus ini sangat membantu ketika kita ingin mencari nilai tertentu dalam tabel dengan mengacu pada nilai lainnya,…
Cara Mengambil Data Pada Sheet Berbeda Di Excel Excel adalah salah satu aplikasi yang banyak digunakan dalam dunia bisnis untuk mempermudah proses pengolahan data. Ada banyak fitur yang dapat digunakan dalam excel, salah satunya adalah fitur sheet. Sheet adalah kumpulan data yang terdiri dari beberapa kolom dan baris…
Cara Membuat Rumus Excel Vlookup Dan Mid Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara menggunakan rumus VLOOKUP pada Microsoft Excel. Dalam dunia bisnis dan keuangan, penggunaan Excel sudah menjadi suatu keharusan karena software ini memungkinkan kita untuk melakukan perhitungan yang kompleks dengan cepat dan mudah.…
Cara Mencari Data Yang Sesuai Di Excel Dengan Vlookup Mungkin sering terjadi kondisi di mana kita perlu mencari data tertentu di Excel, terutama jika data yang dimiliki memiliki urutan yang tidak beraturan. Salah satu cara untuk melakukan pencarian adalah dengan menggunakan rumus VLOOKUP. Dalam artikel ini, kita akan membahas…
Cara Menghitung R Table Pada Excel Mungkin tidak banyak dari kita yang tahu bagaimana menghitung gaji dengan memanfaatkan Excel, salah satu software spreadsheet yang sering digunakan di perusahaan. Nah, kali ini kita akan membahas bagaimana cara menghitung gaji dengan Excel menggunakan rumus VLOOKUP dan IF. Apa…