CARA MEMBUAT TANGGAL DI EXCEL SECARA OTOMATIS

Excel adalah program komputer yang sangat penting dan digunakan di seluruh dunia untuk bekerja dengan data dan melakukan analisis. Salah satu fitur terpenting dalam Excel adalah tanggal dan waktu. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara membuat rumus Excel yang berhubungan dengan tanggal dan waktu, seperti TODAY, NOW, DATE, MONTH, DAY, YEAR, dan DAYS. Kami juga akan membahas cara membuat tanggal otomatis di Excel dan cara membuat tanggal berurutan secara otomatis.

Cara Membuat Rumus Tanggal TODAY, NOW, DATE, MONTH, DAY, YEAR, dan DAYS

Rumus-rumus ini sangat berguna dalam Excel karena memungkinkan Anda untuk bekerja dengan tanggal dan waktu secara lebih efisien. Berikut adalah penjelasan tentang setiap rumus tersebut:

TODAY

Fungsi TODAY mengembalikan tanggal hari ini dalam format “mm/dd/yyyy”. Ini sangat berguna jika Anda perlu menampilkan tanggal hari ini dalam sel atau formula. Anda dapat menggunakan fungsi TODAY di sel apa saja yang Anda inginkan, misalnya:

=TODAY()

Ini akan menampilkan tanggal hari ini dalam sel yang Anda pilih. Penting untuk dicatat bahwa fungsi TODAY mengembalikan nilai yang selalu berubah setiap hari. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggunakan fungsi TODAY di dalam formula, pastikan Anda menggunakan tanda kurung.

NOW

NOW sangat mirip dengan TODAY, namun mengembalikan tanggal dan waktu saat ini. Ini juga menghasilkan nilai yang selalu berubah, jadi pastikan untuk menempatkannya dalam tanda kurung jika Anda ingin menggunakannya dalam formula. Berikut adalah contoh penggunaan rumus NOW:

=NOW()

Rumus ini akan menampilkan tanggal dan waktu saat ini dalam sel yang Anda pilih. Anda juga dapat memformat sel untuk menampilkan tanggal dan waktu dengan format tertentu.

DATE

Fungsi DATE memungkinkan Anda membuat tanggal baru dengan menggunakan tahun, bulan, dan hari yang diberikan. Syntaxnya adalah sebagai berikut:

=DATE(tahun, bulan, hari)

Di mana tahun, bulan, dan hari dapat diganti dengan nilai numerik atau referensi sel yang berisi nilai numerik. Berikut adalah contoh penggunaan rumus DATE:

=DATE(2021, 6, 17)

Rumus ini akan mengembalikan tanggal 17 Juni 2021. Anda juga dapat menggunakan referensi sel untuk mengganti nilai-nilai tersebut.

MONTH

Fungsi MONTH mengembalikan nilai bulan dari sebuah tanggal dalam format numerik. Syntaxnya adalah sebagai berikut:

=MONTH(tanggal)

Di mana tanggal adalah keterangan tanggal yang ingin Anda analisis. Penting untuk dicatat bahwa tanggal ini harus dalam format yang dapat dikenali oleh Excel, seperti tertulis dalam tanda petik ganda atau dalam format tanggal Excel standar (misalnya 06/17/2021). Berikut adalah contoh penggunaan rumus MONTH:

=MONTH(“06/17/2021”)

Rumus ini akan mengembalikan nilai 6, yang mewakili bulan Juni. Anda juga dapat menggunakan referensi sel untuk mengganti tanggal.

DAY

Fungsi DAY mengembalikan nilai hari dari sebuah tanggal dalam format numerik. Syntaxnya adalah sebagai berikut:

=DAY(tanggal)

Di mana tanggal adalah keterangan tanggal yang ingin Anda analisis. Seperti MONTH, tanggal harus dalam format yang dapat dikenali oleh Excel. Berikut adalah contoh penggunaan rumus DAY:

=DAY(“06/17/2021”)

Rumus ini akan mengembalikan nilai 17, yang mewakili hari tanggal tersebut. Anda juga dapat menggunakan referensi sel untuk mengganti tanggal.

YEAR

Fungsi YEAR mengembalikan nilai tahun dari sebuah tanggal dalam format numerik. Syntaxnya adalah sebagai berikut:

=YEAR(tanggal)

Di mana tanggal adalah keterangan tanggal yang ingin Anda analisis. Seperti MONTH dan DAY, tanggal harus dalam format yang dapat dikenali oleh Excel. Berikut adalah contoh penggunaan rumus YEAR:

=YEAR(“06/17/2021”)

Rumus ini akan mengembalikan nilai 2021. Anda juga dapat menggunakan referensi sel untuk mengganti tanggal.

DAYS

Fungsi DAYS mengembalikan jumlah hari antara dua tanggal. Syntaxnya adalah sebagai berikut:

=DAYS(tanggal1, tanggal2)

Di mana tanggal1 dan tanggal2 adalah keterangan tanggal yang ingin Anda hitung jumlah hari antaranya. Seperti sebelumnya, tanggal harus dalam format yang dapat dikenali oleh Excel. Berikut adalah contoh penggunaan rumus DAYS:

Baca Juga :  Cara Membuat Kepala Kolom Otomatis Di Excel

=DAYS(“06/15/2021″,”06/17/2021”)

Rumus ini akan mengembalikan nilai 2, yang mewakili jumlah hari antara tanggal 15 Juni 2021 dan 17 Juni 2021.

Cara Membuat Tanggal Otomatis Di Excel

Membuat tanggal otomatis di Excel sangat berguna jika Anda perlu memasukkan tanggal secara berulang dalam spreadsheet Anda. Cara termudah untuk melakukan hal ini adalah dengan menggunakan rumus TODAY dan formatting sel.

1. Pertama, pilih sel tempat Anda ingin menampilkan tanggal otomatis.

2. Kemudian masukkan rumus TODAY, yaitu =TODAY()

3. Selanjutnya, klik kanan pada sel tempat Anda menempatkan rumus TODAY dan pilih “Format Cells”.

4. Dalam kotak dialog Format Cells, pilih kategori “Number” dan tipe “Date”. Kemudian pilih format yang diinginkan untuk tanggal Anda. Anda dapat memilih format tanggal yang berbeda, seperti “Maret 14, 2012”, “03/14/2012”, atau “14 Maret 2012”.

5. Tekan OK, dan tanggal otomatis akan muncul di sel.

Cara Membuat Tanggal Berurutan Secara Otomatis di Excel

Membuat tanggal berurutan secara otomatis di Excel juga sangat berguna jika Anda perlu membuat daftar tanggal secara berurutan dalam spreadsheet Anda. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah ini:

1. Pertama, buat tanggal awal dan akhir untuk rentang tanggal yang Anda inginkan. Misalnya, jika Anda ingin mencetak daftar selama seminggu, Anda dapat menggunakan tanggal awal dan akhir sebagai berikut: 06/15/2021 dan 06/21/2021.

2. Selanjutnya, pada sel pertama dari daftar tanggal Anda, masukkan tanggal awal.

3. Pada sel berikutnya, masukkan rumus =A1+1. Ini akan menambahkan satu hari untuk menampilkan tanggal berikutnya dari daftar Anda.

4. Salin rumus ini dan tempelkan di sel berikutnya. Excel akan secara otomatis menyesuaikan rumus untuk sel berikutnya. Terus salin dan tempelkan rumus ini sampai Anda mencapai akhir dari rentang tanggal Anda.

5. Kemudian, Anda dapat memformat sel untuk menampilkan tanggal dalam format yang diinginkan.

FAQ

Apa itu fungsi NOW dalam Excel?

Fungsi NOW mengembalikan tanggal dan waktu saat ini dalam format “mm/dd/yyyy hh:mm:ss”. Ini sangat berguna jika Anda perlu menampilkan tanggal dan waktu saat ini dalam sel atau formula. Fungsi NOW menghasilkan nilai yang selalu berubah, jadi pastikan untuk menempatkannya dalam tanda kurung jika Anda ingin menggunakannya dalam formula.

Bagaimana cara menghitung jumlah hari antara dua tanggal dalam Excel?

Anda dapat menggunakan fungsi DAYS untuk menghitung jumlah hari antara dua tanggal dalam Excel. Syntaxnya adalah sebagai berikut:

=DAYS(tanggal1,tanggal2)

Di mana tanggal1 dan tanggal2 adalah keterangan tanggal yang ingin Anda hitung jumlah hari antara keduanya. Pastikan bahwa tanggal ditulis dalam format yang dapat dikenali oleh Excel, seperti 06/17/2021. Rumus DAYS akan menghasilkan nilai numerik yang menunjukkan jumlah hari antara dua tanggal tersebut.

Video Youtube

Berikut adalah video yang menunjukkan cara menggunakan beberapa rumus tanggal dan waktu dalam Excel: