CARA MEMBUAT SPREADSHEET DARI EXCEL

Berbicara mengenai membuat spreadsheet, tentu kita membutuhkan sebuah program untuk bisa mengeksekusinya. Salah satu yang paling populer dan banyak digunakan adalah Microsoft Excel. Namun, tidak hanya itu saja. Ada juga program-program lain seperti Google Spreadsheet, Apple Numbers, dan lain-lain.

Dalam artikel ini, kita akan fokus membahas cara membuat excel spreadsheet dan juga Google Spreadsheet. Berikut ini langkah-langkahnya.

Cara Membuat Excel Spreadsheet

Excel merupakan program spreadsheet yang dikembangkan oleh Microsoft. Banyaknya fitur yang disediakan pun menjadikan Excel sangat populer dan banyak digunakan. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat excel spreadsheet.

1. Buka Program Excel
Setelah Anda membuka program Excel, pilihlah menu “File” dan klik “New”.

2. Pilih Template
Anda akan menemukan banyak template yang sudah dibuat oleh Microsoft di dalamnya. Apabila Anda ingin memilih salah satu template yang tersedia, Anda cukup memilih salah satu dan langsung mengeditnya. Namun, apabila Anda ingin membuat spreadsheet Anda sendiri dari awal, Anda bisa memilih pilihan “Blank workbook”.

3. Tambahkan Data
Setelah membuka lembar kerja baru, Anda bisa memulai menambahkan data. Klik kotak yang akan menjadi tempat Anda menambahkan data, lalu ketik data yang diinginkan.

4. Membuat Format Tabel
Apabila Anda ingin membuat data yang sudah diinput menjadi lebih rapi, Anda bisa membuat format tabel. Caranya, tekanlah sel pada salah satu kolom, lalu pilih “Format as Table” pada bagian “Styles”.

5. Edit Kolom dan Baris
Selanjutnya, Anda bisa mengedit kolom dan baris sesuai kebutuhan Anda dengan melakukan drag atau meng-klik saja.

6. Tambahkan Formula
Untuk menambahkan formula pada data yang sudah diinput, pilih sel mana yang akan dihitung, lalu klik formula yang diperlukan pada bagian “Formulas”. Apabila formula yang diinginkan tidak ada, Anda bisa mengetiknya sendiri pada formulir yang tersedia.

Baca Juga :  CARA MENYIMPAN FILE DI EXCEL

7. Simpan dan Beri Nama File
Setelah selesai mengedit spreadsheet, jangan lupa untuk menyimpannya. Klik “Save As” pada menu “File” untuk menyimpannya dalam format Excel atau jenis file lain yang sesuai. Berikan nama file yang spesifik agar mudah untuk ditemukan.

Cara Membuat Rumus VLOOKUP di Google Spreadsheet

Google Spreadsheet merupakan program spreadsheet online yang dikembangkan oleh Google. Keunggulan dari Google Spreadsheet adalah bisa diakses di mana saja dan kapan saja asalkan terdapat koneksi internet. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat rumus VLOOKUP di Google Spreadsheet.

1. Buka Google Spreadsheet
Setelah membuka Google Spreadsheet, klik “File” pada menu bagian atas lalu pilih “New”.

2. Pilih Blank Workbook
Setelah itu, akan muncul beberapa opsi template dalam membuat dokumen baru. Pilihlah “Blank Workbook” untuk membuat spreadsheet dari awal.

3. Masukkan Data
Jika sudah masuk ke dalam dokumen baru, langsung saja masukkan data atau informasi yang ingin dihitung. Seperti di Excel, setiap data masukkan akan masuk ke dalam sel.

4. Buat Header
Untuk membuat header, klik sell A1 dan ketik tipe data atau informasi yang ingin dihitung. Setelah itu copy header tersebut dan paste kan ke sisa kolom.

5. Buat Format Tabel
Setelah memasukkan data dan membuat header, kita bisa membuat format tabel dengan cara memilih sel A1 hingga F1. Lalu klik Format pada toolbar, lalu pilih “Alternates colors” pada bagian tersebut.

6. Buat Rumus VLOOKUP
Selanjutnya, kita bisa membuat rumus VLOOKUP. Pada kolom F1, ketik rumus VLOOKUP seperti berikut ini:

=VLOOKUP(E2,A2:B6,2,FALSE)

Keterangan:
– “E2” adalah nilai yang ingin dicari.
– “A2:B6” adalah target range.
– “2” adalah nomor kolom di dalam target range yang digunakan sebagai output.
– “FALSE” untuk tipe pencarian, yaitu eksak.

Baca Juga :  CARA MENGGABUNGKAN BEBERAPA FILE PADA SATU FOLDER PADA EXCEL 2007

7. Preview Hasil Rumus
Setelah menambahkan rumus VLOOKUP, kita bisa melihat hasilnya dengan mengetik data pada kolom E. Dalam waktu sekejap, hasilnya akan langsung muncul di kolom F.

FAQ:

1. Apa itu program spreadsheet?
Jawaban: Program spreadsheet adalah program komputer yang dirancang untuk membantu mengelola dan menganalisis data dalam bentuk tabel secara efektif. Beberapa contoh program spreadsheet yang populer adalah Microsoft Excel, Google Spreadsheet, dan Apple Numbers.

2. Apa saja keuntungan menggunakan program spreadsheet?
Jawaban: Beberapa keuntungan menggunakan program spreadsheet antara lain:
– Memudahkan dalam mengelola dan menganalisis data.
– Membuat presentasi data yang lebih menarik dan mudah dipahami.
– Meningkatkan efisiensi waktu dan produktivitas.
– Dapat digunakan untuk beberapa keperluan, seperti manajemen keuangan, statistik, dan masih banyak lagi.

Include Video Youtube:

Berikut ini adalah video tutorial singkat tentang cara membuat excel spreadsheet: