Cara Membuat Sorting Di Excel

Microsoft Excel adalah salah satu program pengolah data yang paling populer digunakan di seluruh dunia. Excel membantu pengguna dalam mengatur dan menghitung data dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Salah satu fitur yang paling berguna di Excel adalah kemampuan untuk mengurutkan dan menyaring data. Di artikel ini, kita akan membahas cara melakukan sorting dan filtering di Excel.

Mengurutkan Data di Excel

Mengurutkan data adalah proses menyusun data secara teratur sesuai dengan kriteria tertentu. Kita dapat mengurutkan data secara ascending (dari yang terendah ke yang tertinggi) atau descending (dari yang tertinggi ke yang terendah). Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan sorting data di Excel:

1. Tentukan Kriteria Pengurutan

Pilih kriteria apa yang ingin Anda gunakan untuk mengurutkan data. Excel dapat mengurutkan data berdasarkan angka, teks, tanggal, atau warna sel. Jika Anda ingin mengurutkan berdasarkan beberapa kriteria, anda dapat membuat pengurutan bertingkat.

2. Pilih Data dan Buka Dialog Sort

Pilih sel yang berisi data yang ingin diurutkan. Klik tab Data di ribbon dan pilih tombol Sort. Sebuah dialog box akan muncul yang memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan pengurutan.

3. Pilih Kriteria Pengurutan dan Urutan

Pilih kriteria pengurutan yang Anda inginkan dengan mengklik-ok sel di dropdown beberapa pertama. Setelah itu, pilih urutan pengurutan yang ingin digunakan (ascending atau descending). Anda juga dapat menambahkan kriteria pengurutan tambahan dengan mengklik tombol Add Level.

4. Mengatur Data pengurutan bertingkat

Jika Anda ingin menggunakan pengurutan bertingkat, cobalah klik tombol Add Level dalam dialog box Sort. Dalam panel yang muncul, pilih pengaturan kriteria tambahan dan urutan yang Anda inginkan. Setelah itu, klik OK untuk menyortir kedua pengaturan secara bersamaan.

5. Hasil Pengurutan

Setelah selesai, klik OK. Excel akan mengurutkan data sesuai dengan pengaturan yang telah Anda tetapkan. Hasil pengurutan Anda akan ditampilkan secara langsung di sel yang dipilih sebelumnya.

Menyaring Data di Excel

Filtering data adalah penggunaan kriteria tertentu untuk menampilkan hanya data yang relevan dari satu set informasi. Dalam Excel, kita dapat menggunakan fitur AutoFilter untuk melakukan filter pada aspek data tertentu. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan filter pada data di Excel:

1. Pilih Data yang ingin Difilter

Pilih sel atau area data yang ingin difilter. Selanjutnya, klik tab Data di ribbon dan pilih tombol Filter.

2. Set Criterion untuk Filter

Setelah Anda mengaktifkan Filter, tanda panah kecil akan terlihat pada masing-masing header kolom. Gunakan tanda panah kecil pada kolom yang ingin anda filter, kemudian pilih kriteria yang ingin pada menu yang muncul. Setelah memilih pilihan pengaturan Filter, daftar yang disesuaikan dengan kriteria pada kolumn akan muncul.

3. Kustomisasi Filter

Jika Anda memilih ‘Custom’ sebagai pilihan filter, dialog ‘Filter’ muncul pada layar. Filter kustom dapat dipakai dengan memilah opsi kriteria yang tersedia dengan membangunlah formulasi lebih spesifik. Setelah menentukan kriteria filter, klik OK untuk menerapkan pengaturan. Filter akan otomatis menampilkan data yang diinginkan, dan menyembunyikan data yang tidak perlu.

Baca Juga :  Cara Menghitung Npv Irr Dengan Excel

4. Menghapus Filter

Jika Anda ingin menghapus filter, kembali ke tab Data dan pilih tombol Clear Filter. Jika Anda menghapus filter pada satu kolom saja, Anda dapat mengklik tanda panah kecil pada baris yang dipilih, dan kemudian memilih ‘Clear Filter from This Column’.

FAQ untuk Mengurutkan dan Menyaring Data di Excel

1. Bagaimana saya mengurutkan data berdasarkan kolom yang bukan menggunakan angka?

Anda dapat menyesuaikan kriteria pengurutan dan mengaturnya untuk menyesuaikan data teks atau bahkan tanggal. Misalnya, jika Anda ingin mengurutkan data dalam kolom Dari A ke Z, gunakan pilihan ascending. Jika Anda ingin mengurutkan data dalam kolom Berdasarkan Tanggal, gunakan tombol Sort By dan pilih kolom tanggal.

2. Bagaimana cara menyesuaikan pengaturan filter?

Anda dapat menyesuaikan pengaturan filter di Excel dengan menentukan kriteria yang akan ditampilkan pada bidang yang mengalami proses pengurutan. Anda bisa menggunakan filter AutoFilter Excel untuk mempersempit data yang muncul pada lembar kerja Anda.

Video Tutorial Mengurutkan dan Menyaring Data di Excel

Demikianlah artikel tentang mengurutkan dan menyaring data di Excel. Dengan melakukan pengurutan dan filtering data di Excel lebih mudah untuk digunakan. Jika Anda memerlukan bantuan tambahan dalam menggunakan Excel, pastikan untuk merujuk ke tutorial dan artikel online Excel yang tersedia secara gratis. Bahkan, Microsoft sendiri telah meluncurkan tutorial Excel online untuk membantu pengguna mempelajari kemampuan teknis baru dan cara optimal menggunakannya.