Belajar dan menguasai Excel ternyata sangat penting, terutama bagi siswa dan bagi mereka yang bekerja di bidang administrasi atau akuntansi. Microsoft Excel adalah program yang paling banyak digunakan untuk mengelola, membuat, menyusun, dan menganalisis data dalam bentuk tabel. Salah satu fitur unggulan dari Microsoft Excel adalah kemampuannya dalam membuat laporan. Untuk itu, kali ini kami akan memberikan tutorial cara membuat laporan menggunakan Microsoft Excel.
Membuat Laporan Nilai Siswa pada Program Microsoft Excel
Bagi para guru, membuat laporan nilai siswa merupakan tugas wajib yang harus dilakukan setiap semester. Dengan Microsoft Excel, pembuatan laporan nilai siswa menjadi lebih mudah dan efisien. Berikut adalah cara membuat laporan nilai siswa pada Program Microsoft Excel:
- Buka aplikasi Microsoft Excel
- Buat tabel dengan mengetikkan informasi pada setiap kolom dan baris yang diinginkan
- Pilih data yang akan dimasukkan ke dalam laporan
- Pilih menu “Insert” di bagian atas toolbar lalu pilih “PivotTable”
- Pada kolom “Rows”, masukkan nama siswa
- Pada kolom “Columns”, masukkan nama mata pelajaran
- Pada kolom “Values”, masukkan nilai siswa
- Buat tabel hasil pivot dengan mengklik kanan pada tabel hasil pivot dan pilih “Table Options”
- Customize tabel sesuai keinginan
- Simpan laporan dalam format yang diinginkan
Laporan nilai siswa ini dapat digunakan untuk memberitahu orang tua siswa tentang kemajuan anak mereka, serta dapat membantu guru dalam mengetahui kelemahan siswa pada bidang tertentu.
Membuat Laporan Prosedur Pasien
Untuk jalannya operasi sebuah rumah sakit, penggunaan sistem informasi manajemen menjadi suatu kebutuhan mutlak yang harus dimiliki. Salah satu fitur yang dicari dari sistem manajemen tersebut adalah kemampuan untuk menghasilkan laporan. Bagi Anda yang memiliki rumah sakit atau klinik sendiri, tentu perlu membuat laporan mengenai prosedur pasien. Berikut adalah cara membuat laporan prosedur pasien:
- Buka aplikasi Microsoft Excel
- Buat tabel dengan mengetikkan informasi pada setiap kolom dan baris yang diinginkan, misalnya tanggal, waktu, nama pasien, jenis kelamin, umur, diagnosa, resep obat, dan biaya
- Pilih data yang akan dimasukkan ke dalam laporan
- Pilih menu “Insert” di bagian atas toolbar lalu pilih “PivotTable”
- Pada kolom “Rows”, masukkan tanggal kunjungan pasien
- Pada kolom “Values”, masukkan biaya kunjungan pasien
- Buat tabel hasil pivot dengan mengklik kanan pada tabel hasil pivot dan pilih “Table Options”
- Customize tabel sesuai keinginan
- Simpan laporan dalam format yang diinginkan
Laporan prosedur pasien ini dapat digunakan untuk mengidentifikasi jenis penyakit atau keluhan pasien yang paling sering muncul di klinik atau rumah sakit Anda. Dengan mengetahui penyakit yang paling sering muncul, Anda dapat mengambil tindakan preventif untuk mencegah atau mengurangi jumlah pasien yang terkena penyakit tersebut.
FAQ
1. Apa keuntungan membuat laporan menggunakan Microsoft Excel?
Keuntungan dari pembuatan laporan menggunakan Microsoft Excel adalah kemudahan dalam mengolah data dan menganalisisnya. Selain itu, Microsoft Excel memiliki fitur-fitur yang memudahkan dalam membentuk tampilan laporan yang indah dan menarik.
2. Apa manfaat dari laporan prosedur pasien?
Manfaat dari laporan prosedur pasien adalah untuk memudahkan pengelolaan rumah sakit atau klinik. Dengan laporan ini, Anda dapat mengetahui jumlah pasien yang datang dan jenis penyakit yang paling sering muncul sehingga dapat mengambil tindakan preventif untuk mencegah atau mengurangi jumlah pasien yang terkena penyakit tersebut. Selain itu, laporan ini juga berguna sebagai bahan evaluasi dan perbaikan kualitas layanan di rumah sakit atau klinik Anda.
Video Tutorial
(Sumber gambar: Google Images)