Cara Membuat Software Bengkel Dengan Excel

Pada era digital seperti sekarang, teknologi terus berkembang dengan pesat. Banyak sekali inovasi-inovasi baru yang terus diluncurkan demi memudahkan kehidupan manusia. Contohnya adalah Excel, sebuah program komputer yang sudah dikenal luas sebagai aplikasi pengolah data. Tidak hanya untuk analisis sederhana, Excel bisa dimanfaatkan untuk membuat berbagai program aplikasi yang lebih kompleks seperti aplikasi penghitungan suara dan laporan keuangan bengkel mobil.

Aplikasi Penghitungan Suara Dengan Excel

Apakah Anda sedang mencari cara untuk membuat aplikasi penghitungan suara dengan Excel? Usaha tersebut tidaklah sia-sia, mengingat dengan bantuan Excel, penghitungan suara pemilihan umum dapat dimudahkan. Berikut adalah beberapa langkah membuat aplikasi tersebut :

1. Membuat Tabel Data

Langkah pertama adalah membuat tabel data penghitungan suara. Tabel data ini berisi nama dan nomor calon yang ikut dalam pemilihan. Anda bisa membuat tabel tersebut dengan cara sebagai berikut :

Cara Membuat Software Bengkel Dengan Excel

Dalam contoh tabel tersebut, ada dua kolom, yaitu Kolom A yang berisi Nama Calon dan Kolom B yang berisi Nomor Calon. Pada kolom Nomor Calon, diberi rumus sebagai berikut :

=JUMLAH(JIKA(B:B=C2,A:A=F$1,1),JIKA(B:B=C2,A:A=F$2,1),JIKA(B:B=C2,A:A=F$3,1),JIKA(B:B=C2,A:A=F$4,1),JIKA(B:B=C2,A:A=F$5,1),JIKA(B:B=C2,A:A=F$6,1),JIKA(B:B=C2,A:A=F$7,1),JIKA(B:B=C2,A:A=F$8,1),JIKA(B:B=C2,A:A=F$9,1),JIKA(B:B=C2,A:A=F$10,1))

Kode tersebut berfungsi untuk menghitung jumlah suara yang diperoleh oleh calon dengan nomor yang sesuai dengan yang diberikan pada sel C2.

2. Membuat Input Suara

Langkah selanjutnya adalah membuat Input Suara. Hal ini dapat dilakukan dengan membuat tombol CommandButton pada sheet tersebut. Caranya adalah dengan mengeklik tombol Insert pada ribbon di atas, Lalu pilih CommandButton pada bagian Form Controls. Kemudian, Anda perlu menyelesaikan beberapa langkah aturannya :

  1. Pilih Letak Cell yang Anda inginkan untuk tombol tersebut.
  2. Beri nama tombol pada kolom Caption.
  3. Pilih ikon yang akan ditampilkan pada tombol.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT LAPORAN MENGGUNAKAN EXCEL

CommandButton Penghitungan Suara

Setelah itu, Anda perlu membuat kode untuk tombol itu. Anda dapat menambahkan kode yang telah Anda buat sebelumnya pada elemen klik tombol tersebut. Seluruh rumus di atas harus diletakkan pada kode tombol CommandButton “Hitung”. Berikut adalah contohnya :

Private Sub CommandButton1_Click()
Sheets(“Sheet1″).Activate
Dim i As Integer
Dim j As Integer
Sheet1.Unprotect Password:=””
Sheet1.Range(“K2:K11”).Clear
For i = 2 To 11
For j = 2 To 3
Cells(i, j).Select
With Selection.Interior
.Pattern = xlNone
.TintAndShade = 0
End With
Next j
Next i
For i = 2 To 11
For j = 2 To 3
If IsNumeric(Cells(i, j)) = True Then
Cells(i, j) = “”
End If
Next j
Next i
Sheet1.Range(“H1”).Value = “Perolehan Suara”
Sheet1.Range(“I1”).Value = “”
Sheet1.Range(“I2:I11”).FormulaArray _
= “=JUMLAH(JIKA(B:B=C2,A:A=$F$1,1),JIKA(B:B=C2,A:A=$F$2,1),JIKA(B:B=C2,A:A=$F$3,1),JIKA(B:B=C2,A:A=$F$4,1),JIKA(B:B=C2,A:A=$F$5,1),JIKA(B:B=C2,A:A=$F$6,1),JIKA(B:B=C2,A:A=$F$7,1),JIKA(B:B=C2,A:A=$F$8,1),JIKA(B:B=C2,A:A=$F$9,1),JIKA(B:B=C2,A:A=$F$10,1))”
Sheet1.Range(“J1”).Value = “Persentase”
Sheet1.Range(“K1”).Value = “Pila”
Sheet1.Range(“K2:K11”).FormulaArray _
= “=IFERROR(IF(I2=””””,””””,IF(J2=””””0″”””,””””,(I2/SUM($I$2:$I$11)*100))),””)”
Sheet1.Range(“I2:I11, K2:K11”).NumberFormat = “General”
Sheet1.Protect Password:=””
End Sub

Laporan Keuangan Bengkel Mobil Excel

Jika Anda memiliki usaha bengkel mobil, pasti sudah tidak asing lagi dengan laporan keuangan. Laporan keuangan sangat penting untuk melihat performa usaha Anda dan berapa keuntungan yang didapat. Dalam perjalanan usaha bengkel, laporan keuangan yang akurat dan terpercaya sangatlah penting. Dalam proses membuat laporan keuangan bengkel mobil Excel, terdapat beberapa langkah penting yaitu :

1. Membuat Tabel Data

Membuat tabel data merupakan langkah awal dalam proses membuat laporan keuangan bengkel mobil Excel. Langkah ini memungkinkan Anda untuk mengorganisir data keuangan secara sistematis dan mudah dipahami. Tabel data yang akan dibuat meliputi informasi pemasukan dan pengeluaran bengkel mobil. Anda bisa membuat tabel tersebut dengan cara sebagai berikut :

Tabel Data Laporan Keuangan Bengkel Mobil

Pada contoh tabel tersebut, terdapat dua kategori, yaitu pemasukan dan pengeluaran. Pada kolom pemasukan, terdapat rincian berikut :

  1. Produk yang terjual, contohnyalah Ban mobil.
  2. Jasa Penjualan, misalnya memperbaiki mesin mobil.
  3. Lainnya, yaitu jenis lain dari pemasukan yang tidak tercakup pada dua kategori di atas. Misalnya, menjual oli atau aki mobil.
Baca Juga :  Cara Membuat Rab Tanah Dan Bangunan Excel

Sedangkan pada kolom pengeluaran, terdapat rincian sebagai berikut :

  1. Bahan Baku, contohnyalah material perbaikan yang dibeli.
  2. Gaji Karyawan, yaitu gaji karyawan bengkel mobil yang dilakukan setiap bulannya.
  3. Pajak-Pajak, yaitu pembayaran pajak yang dilakukan oleh bengkel.
  4. Lainnya, yaitu jenis pengeluaran yang tidak tercakup pada tiga kategori di atas.

2. Mengolah Tabel Data

Setelah membuat tabel data keuangan, langkah selanjutnya adalah memasukkan data transaksi keuangan kedalam tabel. Data transaksi keuangan terdiri dari penjualan barang atau jasa, pembelian bahan baku, pengeluaran gaji karyawan dan pengeluaran pajak-pajak atau lainnya. Setelah menambahkan data transaksi keuangan, Anda bisa memasukkan rumus-rumus Excel untuk memproses data tersebut ke dalam format laporan keuangan.

3. Menentukan Pendapatan dan Penerimaan

Setelah data masuk, Anda dapat menyesuaikan laporan keuangan untuk memasukkan total pendapatan dan total penerimaan yang diperoleh untuk setiap periode waktu. Anda bisa membuat rumus Excel untuk menghitung jumlah total dan menambahkannya ke dalam laporan keuangan. Misalnya, untuk menghitung total pendapatan, Anda bisa menggunakan rumus seperti berikut :

=SUM(E4:E7)

Di mana E4:E7 adalah range yang berisi data transaksi pemasukan Anda. Rumus tersebut akan menghitung jumlah total pendapatan Anda.

4. Menentukan Pengeluaran dan Total Biaya

Setelah menentukan pendapatan, langkah selanjutnya adalah menentukan pengeluaran dan total biaya. Pengeluaran yang harus diperhitungkan dalam laporan keuangan Anda dapat berupa pembelian bahan baku, gaji karyawan, pajak-pajak, dan pengeluaran lainnya. Untuk menghitung total pengeluaran, Anda bisa menggunakan rumus seperti berikut :

=SUM(H4:H8)

Di mana H4:H8 adalah range yang berisi data transaksi pengeluaran. Rumus tersebut akan menghitung jumlah total pengeluaran Anda. Dalam laporan keuangan, total biaya bisa jadi parameter penting, karena hal ini akan membantu Anda mengetahui berapa banyak profit atau keuntungan yang diterima dari bengkel mobil Anda.

Baca Juga :  Cara Membuat Grafik Excel

FAQ

Bagaimana Cara Belajar Excel?

Belajar Excel adalah suatu hal yang membutuhkan waktu, kesabaran, dan tekad. Namun, bagi sebagian orang belajar Excel mungkin terasa sulit dan membingungkan. Berikut adalah beberapa cara yang dapat membantu Anda untuk belajar Excel :

  1. Melakukan Latihan Rutin
  2. Latihan adalah kunci keberhasilan, sama halnya seperti belajar Excel. Semakin sering Anda melakukan latihan, maka semakin banyak pula teori dan rumus-rumus pada Excel yang akan dipahami dengan baik.

  3. Mencari Online Tutorial
  4. Ada banyak sumber online yang menawarkan tutorial dan panduan belajar Excel yang bagus dan terstruktur. Sumber tersebut dapat berupa video tutorial, forum diskusi, atau blog berisi tutorial Excel.

Apakah Excel Bisa Digunakan Pada Platform Selain PC?

Excel digunakan oleh banyak orang sebagai alat untuk membuat dan mengolah data secara profesional, oleh karena itu Microsoft memperbarui excel untuk dapat diakses melalui gadget kecil seperti smartphone dan tablet. Sehingga, Anda kini dapat menggunakan Excel di mana saja dan kapan saja.

Video Youtube: Cara Membuat Aplikasi Penghitungan Suara Dengan Excel