CARA MEMBUAT SKETSA DENAH DENGAN EXCEL

Cara Membuat Sketsa Denah dan Bangunan Dengan Excel

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara membuat sketsa denah dan bangunan dengan menggunakan Microsoft Excel. Excel yang biasanya digunakan untuk membuat tabel dan grafik, ternyata juga bisa digunakan untuk membuat sketsa denah dan bangunan dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada program tersebut.

Membuat sketsa denah dan bangunan dengan menggunakan Excel dapat mempermudah pekerjaan arsitek dan desainer dalam membuat desain bangunan. Selain itu, dengan menggunakan Excel, kita juga bisa membuat sketsa denah dan bangunan dengan cepat dan mudah.

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat sketsa denah dan bangunan dengan Excel:

1. Mengatur Lembar Kerja
Pertama-tama, kita perlu mengatur lembar kerja pada Excel. Pada Excel, kita dapat mengatur ukuran lembar kerja dengan klik kanan pada nama sheet dan memilih ukuran kertas yang kita inginkan. Selain itu, kita juga dapat mengatur orientasi kertas menjadi landscape untuk memudahkan dalam membuat sketsa denah dan bangunan.

2. Mengatur Grid
Setelah mengatur lembar kerja, kita perlu mengatur grid pada Excel agar mudah dalam membuat pola dan garis. Untuk mengatur grid pada Excel, kita dapat mengklik kanan pada nama sheet dan memilih “Gridlines” atau “Garisan kisi-kisi” untuk mengaktifkan gridlines.

3. Membuat Garis
Selanjutnya, kita perlu membuat garis pada lembar kerja. Untuk membuat garis, kita dapat menggunakan fitur Shapes yang ada pada Excel. Caranya adalah dengan mengklik tombol “Shapes” pada tab Insert, lalu memilih bentuk yang kita inginkan seperti garis atau bujur sangkar.

4. Mengatur Dimensi dan Skala
Setelah membuat garis pada lembar kerja, kita perlu mengatur dimensi dan skala sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Untuk mengatur dimensi dan skala pada Excel, kita dapat menggunakan fitur “Format Shape” yang ada pada kotak dialog Shapes, lalu mengatur dimensi dan skala pada bagian “Size & Properties”.

5. Menambahkan Gambar
Setelah mengatur dimensi dan skala pada garis, kita dapat menambahkan gambar seperti plan rumah atau sketsa di dalam garis tersebut. Untuk menambahkan gambar, kita dapat menggunakan fitur “Insert Picture” atau “Sisipkan Gambar” pada ribbon Insert, lalu memilih gambar yang kita inginkan.

6. Menambahkan Label
Selain itu, kita juga dapat menambahkan label pada gambar untuk membantu memudahkan dalam memahami denah dan bangunan yang kita buat. Untuk menambahkan label, kita dapat menggunakan fitur “Text Box” yang ada pada ribbon Insert, lalu memasukkan teks yang kita inginkan.

7. Menggunakan Fungsi-Fungsi Excel
Selain fitur-fitur yang telah disebutkan di atas, kita juga dapat memanfaatkan fungsi-fungsi yang ada pada Excel untuk membantu dalam membuat sketsa denah dan bangunan. Beberapa fungsi yang berguna dalam membuat sketsa denah dan bangunan antara lain:

– Fungsi IF: untuk melakukan pengecekan pada suatu range dan memberikan nilai berdasarkan kondisi yang diberikan.
– Fungsi SUM: untuk menjumlahkan angka pada range yang diberikan.
– Fungsi COUNT: untuk menghitung jumlah data yang ada pada suatu range.
– Fungsi VLOOKUP: untuk mencari nilai di dalam range dan mengembalikan nilai yang bersesuaian.

Dengan memanfaatkan fungsi-fungsi ini, kita dapat membuat perhitungan dan analisis pada sketsa denah dan bangunan dengan lebih mudah dan cepat.

8. Menyimpan dan Membagikan Sketsa
Setelah selesai membuat sketsa denah dan bangunan dengan Excel, kita perlu menyimpan file tersebut dan membagikannya kepada orang yang perlu. Untuk menyimpan file, kita dapat menggunakan fitur “Save” pada ribbon Home. Sedangkan untuk membagikan file, kita dapat menggunakan fitur “Share” yang ada pada Excel Online atau menyimpan file tersebut ke dalam cloud storage seperti OneDrive atau Google Drive.

Baca Juga :  CARA MENULIS DERAJAT DI EXCEL

FAQ

1. Apakah Excel bisa digunakan untuk membuat denah ?
Ya, Excel bisa digunakan untuk membuat denah. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada Excel, kita dapat membuat garis, mengatur skala, menambahkan gambar, dan menambahkan label pada denah dengan mudah dan cepat.

2. Apakah Excel bisa digunakan untuk membuat sketsa bangunan ?
Ya, Excel juga bisa digunakan untuk membuat sketsa bangunan. Dengan memanfaatkan fitur-fitur dan fungsi-fungsi yang ada pada Excel, kita dapat melakukan perhitungan dan analisis pada sketsa bangunan dengan lebih mudah dan cepat.

Video Tutorial: Membuat Sketsa Denah dan Bangunan Dengan Excel
Berikut adalah video tutorial yang memperlihatkan langkah-langkah cara membuat sketsa denah dan bangunan dengan menggunakan Microsoft Excel.

[Ditampilkan video tutorial]

Dalam video tutorial tersebut, dijelaskan dengan detail langkah-langkah cara membuat sketsa denah dan bangunan dengan menggunakan Excel. Ditampilkan juga contoh-contoh sketsa denah dan bangunan yang dapat dijadikan referensi dalam membuat sketsa yang lebih baik dan akurat.

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda yang ingin belajar membuat sketsa denah dan bangunan dengan menggunakan Excel. Dengan memanfaatkan fitur-fitur yang ada pada Excel, kita dapat membuat sketsa dengan mudah dan cepat, serta melakukan perhitungan dan analisis dengan lebih efisien.