CARA MEMBUAT SILSILAH KELUARGA DENGAN MICROSOFT EXCEL

Silsilah keluarga merupakan sebuah jenis diagram yang digunakan untuk menunjukkan hubungan keluarga dari satu individu dengan individu lainnya. Diagram ini terbentuk dari garis-garis yang menghubungkan satu individu dengan individu lain berdasarkan hubungan keluarga. Silsilah keluarga biasanya dibuat untuk mengingatkan anak dan cucu tentang anggota keluarga yang sebelumnya mungkin tidak pernah dikenal. Ini juga membantu anak-anak untuk memahami kerabat mereka dan membangun ikatan keluarga yang kuat. Membuat silsilah keluarga dapat menjadi tugas yang menyenangkan atau melelahkan, tergantung pada seberapa jauh Anda ingin mencatat.

Contoh Format dan Cara Membuat Pohon Silsilah Keluarga di Word

CARA MEMBUAT SILSILAH KELUARGA DENGAN MICROSOFT EXCEL

Membuat silsilah keluarga dapat dilakukan dengan Microsoft Word. Ini adalah salah satu cara termudah untuk memulai proyek silsilah keluarga Anda sendiri. Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat pohon keluarga Anda sendiri:

  1. Buka program Microsoft Word dan pilih tab “Insert”.
  2. Pilih “Shapes” dan pilih bentuk segitiga terbalik. Ini akan menjadi bentuk yang akan diadopsi untuk representasi Ayah atau Kakek.
  3. Klik dan seret bentuk ke dalam jendela dokumen Word. Ketikkan nama Ayah atau Kakek Anda di dalam segitiga terbalik.
  4. Select bentuk segitiga dan ubah warna garis, teks, dan isi sesuai keinginan Anda. Misalnya, jika ayah Anda sudah meninggal, maka bisa dimasukkan tanggal meninggal di samping nama.
  5. Untuk menambahkan Ibu atau Nenek, pilih bentuk lingkaran dan ulangi langkah 3 hingga 5.
  6. Tambahkan anak dengan bentuk persegi panjang. Ulangi langkah 3 hingga 5.
  7. Untuk menunjukkan jenis kelamin dari setiap anggota keluarga, gunakan warna biru untuk laki-laki dan warna merah muda untuk perempuan.
  8. Sambungkan anggota keluarga dengan garis yang menghubungkan segitiga atau lingkaran ke persegi panjang. Sambungkan tangga turun dari Ayah atau Kakek ke anaknya.
  9. Arahkan garis ke kiri atau kanan untuk menunjukkan sisi keluarga dari Ayah atau Ibu.
  10. Jika terdapat kembar, maka bisa ditandai dengan lampu kuning pada garis sambungan.
  11. Jika ingin menambahkan foto, bisa dilakukan dengan mengklik bentuk segitiga atau lingkaran, kemudian pilih “Insert” dan “Picture”.
  12. Setelah selesai membuat seluruh bagian pohon, ada baiknya menyimpan dokumen Word sebagai file pohon keluarga.

Free Family Tree Software Offline – Richpassl

Free Family Tree Software Offline

Jika Anda ingin membuat pohon keluarga yang lebih kompleks dengan lebih banyak fitur, Anda dapat menggunakan software. Richpassl adalah program silsilah keluarga gratis yang dapat diunduh. Software ini dilengkapi dengan sejumlah fitur untuk memudahkan membuat dan mengelola silsilah keluarga:

  1. Richpassl bekerja secara offline, jadi Anda tidak perlu khawatir dengan masalah Internet saat mengedit atau menambahkan data.
  2. Program ini memiliki banyak bentuk dan template yang siap dipakai sehingga cocok untuk semua jenis pohon keluarga.
  3. Ada dukungan untuk mengunggah foto, dokumen, video, dan audio ke dalam program, sehingga pengguna dapat menyimpan semua informasi keluarga di dalam satu tempat.
  4. Richpassl memiliki fitur untuk menambahkan note dan informasi tentang setiap anggota keluarga, yang sangat cocok untuk menambahkan detail dan jejak sejarah.
  5. Anda dapat mengatur anggota keluarga berdasarkan warna atau ikon, dan menunjukkan status kehidupan seperti menikah atau bercerai.

Software ini sangat berguna bagi mereka yang memiliki keluarga besar dan kompleks. Dengan Richpassl, membuat silsilah keluarga menjadi lebih mudah dan efisien.

Family Tree Spreadsheet with Pertaining to 026 Free Family Tree Template

Family Tree Spreadsheet

Jika Anda ingin mengatur data silsilah keluarga di satu tempat, Anda bisa menggunakan spreadsheet. Spreadsheet membantu Anda mengatur data keluarga secara teratur dan mudah diakses. Excel, Google Sheet, atau program spreadsheet lainnya dapat digunakan dengan cara yang sama.

Berikut adalah trik untuk membuat spreadsheet silsilah keluarga Anda:

  1. Tentukan data yang ingin Anda masukkan ke dalam spreadsheet, seperti nama, tanggal lahir, tempat lahir, tanggal meninggal, tempat meninggal, dan informasi lain yang perlu ditambahkan.
  2. Bikin anggota keluarga yang pertama sebagai titik awal spreadsheet. Masukkan informasi tentang diri sendiri atau orang yang Anda inginkan ke dalam sel yang tepat di dalam spreadsheet.
  3. Buat kolom untuk setiap kategori data Anda, seperti nama, tanggal lahir, dan sebagainya.
  4. Masukkan data lain keluarga ke dalam spreadsheet, dengan setiap baris mewakili anggota keluarga yang berbeda. Ganti warna baris berbeda untuk anggota keluarga yang berasal dari garis keluarga yang sama, atau menambahkan kode warna.
  5. Tambahkan gambar dengan mengklik tab “Insert”, lalu pilih “Picture”.
  6. Jika ada update tentang keluarga, perbarui spreadsheet dengan menambah data atau mengganti data lama.
Baca Juga :  Cara Membuat Akuntansi Perusahaan Dagang Excel

Cara Membuat Silsilah Keluarga di Microsoft Word 2010 – Kumpulan Tips

Cara Membuat Silsilah Keluarga di Microsoft Word 2010

Jika Anda menggunakan Microsoft Word 2010 atau versi yang lebih baru, maka dapat lebih mudah untuk membuat silsilah keluarga. Berikut adalah beberapa tips untuk memudahkan membuat silsilah keluarga di Word:

  1. Pastikan Word Anda sudah memiliki template yang dapat digunakan. Pilih dokumen kosong lalu ketikkan “Family Tree” pada kotak pencarian dan pilih salah satu template yang diinginkan.
  2. Jika Anda menginginkan template dalam bahasa Indonesia, maka bisa menggunakan template pohon keluarga yang terdapat di Internet.
  3. Template pohon keluarga biasanya memiliki bentuk terstandardisasi untuk representasi anggota keluarga. Bentuk ini dapat diubah sesuai dengan kebutuhan Anda.
  4. Periksa kembali informasi yang sudah dimasukkan, pastikan data sudah benar dan lengkap. Cek kembali anggota keluarga, hubungan, tanggal dan tempat lahir. Pastikan tidak ada informasi penting yang terlewatkan.
  5. Jangan ragu untuk menambahkan detail lebih untuk anggota keluarga yang penting. Detail seperti informasi pekerjaan, pendidikan, atau prestasi.

Cara Membuat Silsilah Keluarga Dengan Microsoft Word 2010 – Hongkoong

Cara Membuat Silsilah Keluarga Dengan Microsoft Word 2010

Microsoft Word 2010 juga dilengkapi dengan fitur khusus untuk memudahkan membuat silsilah keluarga. Fitur ini masih relatif mudah digunakan dan lebih santai daripada memulai dari awal. Berikut adalah cara membuat pohon keluarga dengan Microsoft Word 2010:

  1. Klik tab “Insert” pada Ribbon.
  2. Pilih “SmartArt” pada grup “Illustrations”.
  3. Pilih salah satu dari tiga pilihan SmartArt, yaitu “Hierarchy”, “Cycle”, atau “Picture”. Pilih “Hierarchy” untuk membuat pohon keluarga.
  4. Pastes konten yang sudah dimasukkan ke bagian pohon keluarga.
  5. Masukkan gambar atau foto keluarga dengan mengeklik “Insert” lalu pilih “Picture”.
  6. Jika terdapat nama dan informasi tentang anggota keluarga yang belum ditambahkan, Anda dapat melakukan edit dengan mengklik “Design” di tab “SmartArt Tools”. Ubah label, warna, bentuk, dan gaya pohon keluarga.
  7. File silsilah keluarga dapat disimpan dengan cara yang sama dengan menyimpan dokumen Word biasa.

FAQ

1. Apa manfaat membuat silsilah keluarga?

Membuat silsilah keluarga memiliki beberapa manfaat sebagai berikut:

  • Membantu mengingat dan menghormati anggota keluarga yang sudah meninggal.
  • Mengetahui hubungan keluarga yang lebih luas.
  • Menjaga dan mengikat hubungan keluarga yang lebih erat.
  • Memudahkan pencarian jejak keluarga dan sejarah keluarga.
  • Memastikan bahwa informasi keluarga terdokumentasi dengan baik.

2. Apa yang harus dilakukan jika data anggota keluarga kurang lengkap?

Jika data anggota keluarga kurang lengkap, Anda bisa melakukan langkah-langkah berikut ini:

  1. Berinteraksi dengan keluarga untuk mendapatkan detail yang hilang.