CARA MEMBUAT RUMUS TERBILANG RUPIAH DI EXCEL

Menulis terbilang dalam Excel bisa menjadi salah satu kegiatan yang sangat membantu kegiatan administrasi dan keuangan. Dalam hal ini, Excel digunakan sebagai alat yang cukup efektif untuk mengelola angka dan uang. Terbilang sangatlah penting karena akan memberikan gambaran yang jelas dan nyata mengenai jumlah uang yang diinginkan. Rumus terbilang dalam Excel adalah salah satu cara terbaik untuk menulis jumlah angka dalam bentuk kata.

Rumus Terbilang Di Spreadsheet

CARA MEMBUAT RUMUS TERBILANG RUPIAH DI EXCEL

Rumus terbilang Excel adalah rumus yang dapat mengkonversi angka menjadi teks. Dengan menggunakan rumus ini, kita bisa menuliskan nominal uang yang ada dalam bentuk kata-kata dengan mudah. Secara umum, rumus terbilang Excel cukup mudah untuk dipelajari, meski membutuhkan sedikit pengertian dan logika dalam penggunannya.

Rumus Excel Menulis Terbilang – Paud Berkarya

Gambar rumus excel menulis terbilang

Untuk menghasilkan rumus terbilang Excel, ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan. Pertama, kita perlu membuat sel dalam spreadsheet Excel untuk menuliskan angka/nominal uang yang ingin diubah ke format terbilang. Setelah itu, kita bisa menambahkan rumus terbilang Excel ke sel yang kosong di bawahnya. Kemudian, kita bisa memodifikasi rumus ini dengan mudah untuk memenuhi kebutuhan kita.

Cara Membuat Rumus Terbilang

Gambar cara membuat rumus terbilang

Untuk membuat rumus terbilang dalam Excel, langkah awal yang perlu dilakukan adalah memastikan bahwa fitur add-in Analysis ToolPak telah diaktifkan di aplikasi Excel. Anda bisa mengaktifkannya dengan mengikuti langkah berikut:

  1. Buka Excel dan pergi ke tab File
  2. Pilih Opsi dan klik pada Add-Ins pada panel sebelah kiri
  3. Pilih Analysis Toolpak dari daftar Add-Ins dan klik OK

Selanjutnya, kita bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk memulai membuat rumus terbilang Excel:

  1. Selanjutnya, buat tabel baru dengan kolom untuk menuliskan jumlah nominal uang
  2. Pada kolom sebelah setiap nilai nominal uang, masukkan rumus terbilang Excel pada sel yang kosong
  3. Jika rumus terbilang Excel sudah di masukkan di sel yang kosong, selanjutnya akan terkonversi secara otomatis menjadi format terbilang yang dapat dibaca dalam bahasa Indonesia

Cara Membuat Rumus Terbilang Rupiah Di Excel

Gambar cara membuat rumus terbilang rupiah di excel

Untuk membuat rumus terbilang Rupiah di Excel, kita perlu menyesuaikan rumus terbilang Excel standar dengan sedikit perubahan. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buat tabel Excel baru
  2. Tambahkan nama kolom untuk nominal uang, harga, jumlah, dll
  3. Di baris pertama kolom nominal uang, ketik =TERBILANG(A2)&” RUPIAH”

Dalam rumus di atas, A2 merupakan letak sel dimana angka nominal uang digunakan. Jadi, rumus akan mengkonversi nominal uang tertentu pada sel A2 menjadi format terbilang Rupiah.

FAQ

1. Apa itu rumus terbilang Excel?

Rumus terbilang Excel adalah rumus yang dapat mengkonversi angka menjadi teks atau diterjemahkan dalam format terbilang yang dapat dibaca dalam Bahasa Indonesia.

2. Apakah rumus terbilang Excel sering digunakan dalam pengelolaan keuangan?

Ya, rumus terbilang Excel sering digunakan dalam pengelolaan keuangan karena dapat membantu kegiatan administrasi dan keuangan. Dalam hal ini, Excel digunakan sebagai alat yang cukup efektif untuk mengelola angka dan uang.

Baca Juga :  Cara Mebuat Huruf Untuk Angka Di Excel

Video Cara Membuat Terbilang Rupiah di Excel