Cara Membuat Rumus Rules Di Excel

Pengenalan tentang Rumus Excel

Excel adalah salah satu program spreadsheet yang paling popular di seluruh dunia. Dalam Excel, rumus adalah algoritma atau formula yang digunakan untuk menyusun data, melakukan perhitungan, dan menghasilkan output yang relevan dan berguna. Excel memiliki banyak rumus, dan beberapa yang paling populer termasuk SUM, AVERAGE, COUNT, IF, dan VLOOKUP.

Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa rumus Excel yang paling populer dan juga cara menggunakannya. Kita akan mencakup rumus umum seperti SUM, dan juga rumus yang sedikit lebih kompleks seperti INDEX dan MATCH.

Pengenalan tentang Terbilang di Excel

Rumus Terbilang di Excel digunakan untuk mengubah angka menjadi bentuk kata. Dalam Excel, rumus Terbilang biasanya digunakan untuk membuat invoice atau dokumen keuangan lainnya. Kita dapat menggunakan rumus ini untuk menghemat waktu ketimbang menulis jumlah dollar atau rupiah dengan tangan.

Rumus Terbilang biasanya lebih mudah diaplikasikan pada spreadsheet yang telah dibuat, karena kita dapat menggunakan jumlah angka yang sudah ditentukan. Namun, rumus ini juga dapat diaplikasikan pada spreadsheet yang baru saja dibuat, dan hal tersebut tidak terlalu sulit. Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membuat rumus Terbilang di Excel.

Gambar 1: Rumus Terbilang di Excel

Rumus SUM di Excel

Rumus SUM di Excel adalah salah satu rumus yang paling dasar yang digunakan untuk menjumlahkan angka dalam suatu rentang sel. Misalnya, jika kita ingin menjumlahkan angka dari sel A1 hingga A5, kita dapat menggunakan rumus SUM sebagai berikut:

=SUM(A1:A5)

Gambar 2: Rumus SUM di Excel

Rumus COUNT di Excel

Rumus COUNT di Excel merupakan rumus yang digunakan untuk menghitung beberapa sel (array) dalam rentang sel (range) yang diberikan. Misalnya, jika kita ingin menghitung jumlah sel dari A1 hingga A5 yang berisi angka, kita dapat menggunakan rumus COUNT sebagai berikut:

=COUNT(A1:A5)

Gambar 3: Rumus COUNT di Excel

Rumus AVERAGE di Excel

Rumus AVERAGE di Excel digunakan untuk mencari rata-rata dari suatu rentang sel. Misalnya, jika kita ingin mencari rata-rata dari sel A1 hingga A5, kita dapat menggunakan rumus AVERAGE sebagai berikut:

=AVERAGE(A1:A5)

Gambar 4: Rumus AVERAGE di Excel

Rumus IF di Excel

Rumus IF di Excel digunakan untuk mengevaluasi suatu kondisi dan memberikan output yang sesuai dengan kondisi tersebut. Misalnya, jika kita ingin menentukan apakah suatu nilai dalam sel melebihi angka 10, kita dapat menggunakan rumus IF sebagai berikut:

=IF(A1>10,”Melebihi 10″,”Kurang dari 10″)

Gambar 5: Rumus IF di Excel

Rumus VLOOKUP di Excel

Rumus VLOOKUP di Excel digunakan untuk mencari data dalam suatu tabel dan mengembalikan nilai yang sesuai dengan baris dan kolom yang diberikan. Misalnya, jika kita ingin mencari nilai dalam tabel A1:B5 dengan mencocokkan nilai di sel A9 dengan kolom A, kita dapat menggunakan rumus VLOOKUP sebagai berikut:

=VLOOKUP(A9,A1:B5,2,FALSE)

Gambar 6: Rumus VLOOKUP di Excel

Rumus INDEX dan MATCH di Excel

Rumus INDEX dan MATCH di Excel digunakan untuk mencari data dalam suatu tabel dan mengembalikan nilai yang sesuai dengan baris dan kolom yang diberikan. Rumus ini adalah sedikit lebih rumit daripada rumus VLOOKUP, namun cukup berguna ketika beberapa kriteria perlu dijadikan acuan.

Misalnya, jika kita ingin mencari nilai dalam tabel A1:B5 dan mencocokkan nilai di sel A9 dengan kolom A dan nilai di sel B9 dengan kolom B, kita dapat menggunakan rumus INDEX dan MATCH sebagai berikut:

=INDEX(B1:B5,MATCH(A9,A1:A5,0))

Gambar 7: Rumus INDEX dan MATCH di Excel

FAQ

1. Apa beda rumus VLOOKUP dan INDEX MATCH?
Jawab: Rumus VLOOKUP dan INDEX MATCH berfungsi sama-sama untuk mencari nilai dalam suatu tabel, namun rumus INDEX MATCH memiliki fleksibilitas lebih dibandingkan VLOOKUP dalam hal pencarian nilai. Kita dapat mencari nilai dengan lebih dari satu kriteria dan juga mengubah urutan kolom dalam pencarian.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT GRAFIK BARBER JOHNSON DI EXCEL

2. Bagaimana cara membuat rumus Terbilang di Excel?
Jawab: Ada dua pilihan untuk membuat rumus Terbilang di Excel. Yang pertama adalah dengan mengunduh plugin khusus dan menginstalnya ke Excel. Yang kedua adalah dengan membuat custom function menggunakan kode VBA. Namun, kedua cara tersebut bersifat lebih rumit dan memerlukan keahlian khusus dibandingkan cara yang umum digunakan untuk membuat rumus Terbilang, yaitu manual. Ada dua tahapan utama dalam membuat rumus Terbilang manual, yaitu membuat tabel dan menulis rumus.

Video: Cara Membuat Rumus di Program Excel

Berikut adalah video tutorial tentang cara membuat rumus di program Excel:

Video: Cara Menggunakan INDEX dan MATCH di Excel

Berikut adalah video tutorial tentang cara menggunakan rumus INDEX dan MATCH di Excel:

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah membahas beberapa rumus excel yang paling populer dan cara menggunakannya. Rumus Excel seperti SUM, COUNT, AVERAGE, IF, VLOOKUP, INDEX, dan MATCH sangat berguna dan penting untuk menyelesaikan pekerjaan spreadsheet secara efisien. Rumus Terbilang juga merupakan fitur yang berguna ketika mengonversi angka ke bentuk kata dalam dokumen keuangan. Dalam mempelajari Excel, kita juga harus belajar untuk memahami rumus yang lebih kompleks dan efisien, yang dapat sangat membantu dalam menyelesaikan pekerjaan kantor sehari-hari.