Cara Membuat Rumus Rekap Nilai Di Excel

Rumus-rumus di Excel bisa jadi sangat membantu dalam pekerjaan sehari-hari. Tak hanya membantu dalam perhitungan yang melelahkan, tetapi juga menyederhanakan pekerjaan anda. Nah, bagaimana cara menggunakan rumus-rumus tersebut? Yuk pelajari caranya di bawah ini!

Rumus IF untuk Rentang Nilai

Cara Membuat Rumus Rekap Nilai Di Excel

Rumus IF adalah rumus yang bekerja berdasarkan pernyataan benar atau salah. Jadi, ketika pernyataannya benar, maka aksi yang dijalankan adalah hasil TRUE dan sebaliknya jika salah maka aksi yang dihasilkan adalah FALSE. Rumus IF juga memiliki pengembangan untuk memenuhi kondisi agar aksi yang dijalankan bisa lebih kompleks. Salah satu pengembangannya adalah rumus IF untuk rentang nilai.

Contoh kasusnya seperti ini: ada sebuah rentang nilai 0-60 dan nilainya tertinggi 45. Maka, yang diinginkan adalah menggambarkan bahwa siswa tersebut belum lulus dengan cara memberikan pesan ‘TIDAK LULUS’ pada kolom ‘Keterangan’ pada tabel nilai.

Cara penulisan rumus IF adalah sebagai berikut:

=IF(A1<60,"TIDAK LULUS","LULUS")

Penjelasan:

  • A1<60 adalah kondisi jika nilai yang ada pada sel A1 lebih kecil dari 60, maka akan dihasilkan aksi 'TIDAK LULUS'.
  • Jika kondisi pada A1<60 tidak terpenuhi, maka aksi yang dijalankan adalah 'LULUS'.

Jadi pada contoh kasus di atas, rumus IF yang bisa digunakan adalah:

=IF(B2<60,"TIDAK LULUS","LULUS")

Baca juga: Bagaimana Cara Menggunakan Rumus IF untuk Rentang Nilai yang Berbeda?

Menyalin Rumus di Microsoft Excel

Menyalin Rumus di Microsoft Excel

Menyalin sebuah rumus di Microsoft Excel bisa sangat memudahkan pekerjaan anda ketika memerlukan rumus yang sama untuk data yang berbeda. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyalin sebuah rumus di Microsoft Excel.

Baca Juga :  Cara Membuat Angka Plus Menjadi Minus Di Excel

Metode 1: Drag Formula

Metode ini bisa digunakan jika rumus yang akan disalin ada di bawah atau di sebelah rumus asli.

  1. Pilih sel yang memiliki rumus yang ingin disalin.
  2. Pindahkan kursor ke bagian pojok bawah kanan sel yang sudah dipilih sampai muncul tanda tambah (+).
  3. Klik dan tahan tombol mouse, lalu seret ke sel yang ingin menerima rumus baru.
  4. Setelah rumus berhasil disalin, lepaskan tombol mouse.

Metode 2: Menggunakan Fill Handle

Metode ini juga bisa digunakan jika rumus yang akan disalin ada di bawah atau di sebelah rumus asli.

  1. Klik pada sel yang menjalankan rumus.
  2. Pindahkan kursor ke bagian pojok bawah kanan sel yang sudah dipilih sampai muncul tanda tambah (+).
  3. Klik kanan mouse dan seret ke sel yang ingin menerima rumus baru.
  4. Setelah rumus berhasil disalin, lepaskan tombol mouse.

Metode 3: Copy dan Paste Formula

Metode ini bisa digunakan jika rumus yang akan disalin berada jauh dari sel yang sedang aktif.

  1. Pilih sel yang memiliki rumus yang ingin disalin.
  2. Klik kanan pada sel dan pilih 'Copy' atau tekan tombol 'CTRL+C' pada keyboard.
  3. Pilih sel tempat rumus tersebut akan dipindahkan.
  4. Klik kanan pada sel dan pilih 'Paste' atau tekan tombol 'CTRL+V' pada keyboard.

Baca juga: Apakah Saya Bisa Menyalin Rumus yang Mengandung Variabel Sel?

FAQ

Bagaimana Cara Menggunakan Rumus IF untuk Rentang Nilai yang Berbeda?

Jika ingin menggunakan rumus IF untuk rentang nilai yang berbeda, dalam contoh ini adalah untuk rentang 0-50, anda bisa ubah rumusnya menjadi seperti berikut:

=IF(A1<50,"TIDAK LULUS","LULUS")

Apakah Saya Bisa Menyalin Rumus yang Mengandung Variabel Sel?

Tentu saja bisa! Anda bisa menggunakan metode drag formula atau mengikuti metode copy dan paste. Namun, pastikan bahwa variabel sel masih sesuai dengan sel yang ingin dioleh.

Baca Juga :  Cara Mengambil Angka Tertentu Di Dalam Data Excel

Untuk mendapatkan penjelasan lebih lengkap mengenai rumus di Excel, silahkan lihat video tutorial di bawah ini: