Cara Membuat Rumus Pencarian Data Di Excel

Mungkin di antara kita masih banyak yang belum memahami bagaimana cara membuat rumus di dalam program Excel. Padahal, rumus Excel sangat berguna untuk membantu kita dalam melakukan perhitungan data secara otomatis dan efisien. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara membuat rumus di dalam program Excel beserta contohnya. Yuk, simak ulasan berikut ini!

Cara Membuat Rumus di Program Excel

1. Buka program Excel terlebih dahulu. Setelah itu, kita bisa membuat sebuah tabel atau menggunakan tabel yang sudah ada untuk melakukan perhitungan data.

Cara Membuat Rumus Pencarian Data Di Excel

2. Setelah itu, kita bisa mulai memasukkan rumus di sel-sel yang sudah disiapkan. Agar lebih mudah dipahami, kita akan menggunakan contoh sederhana berikut ini:

contoh tabel perhitungan data

Rumus Penjumlahan

1. Klik pada salah satu sel yang ingin dihitung. Misalnya, pada cel B7.

2. Kemudian, ketik “=” pada keyboard.

3. Setelah itu, kita bisa memasukkan rumus penjumlahan yang sesuai. Misalnya, kita ingin menjumlahkan data dari sel B2 sampai B6, maka rumus yang harus dimasukkan adalah “=SUM(B2:B6)”.

contoh rumus penjumlahan

4. Tekan enter pada keyboard untuk menyelesaikan perhitungan rumus. Hasilnya akan muncul pada sel yang kita pilih tadi, yaitu B7.

Rumus Pengurangan

1. Klik pada salah satu sel yang ingin dihitung. Misalnya, pada cel C7.

2. Kemudian, ketik “=” pada keyboard.

3. Setelah itu, kita bisa memasukkan rumus pengurangan yang sesuai. Misalnya, kita ingin mengurangkan data dari sel A7 dengan B7, maka rumus yang harus dimasukkan adalah “=A7-B7”.

Baca Juga :  CARA MERUBAH KOMA MENJADI TITIK DI EXCEL

contoh rumus pengurangan

4. Tekan enter pada keyboard untuk menyelesaikan perhitungan rumus. Hasilnya akan muncul pada sel yang kita pilih tadi, yaitu C7.

Itulah contoh sederhana dalam membuat rumus di dalam program Excel. Kita bisa mengembangkan rumus tersebut sesuai dengan kebutuhan perhitungan data yang kita miliki.

FAQ

1. Apakah hanya ada dua jenis rumus di dalam program Excel?

Tidak, masih banyak jenis-jenis rumus lain yang ada di dalam program Excel. Beberapa contoh rumus lainnya adalah rumus perkalian, pembagian, rata-rata, median, modus, dan sebagainya.

2. Apakah ada cara cepat untuk memasukkan rumus di dalam program Excel?

Ya, ada beberapa trik yang bisa kita gunakan untuk memasukkan rumus dengan cepat di dalam program Excel. Salah satunya adalah dengan menekan tombol F2 pada keyboard setelah memilih sel yang ingin dihitung. Kemudian, kita bisa langsung memasukkan rumus yang kita inginkan pada sel tersebut.

Selain itu, kita juga bisa menggunakan fitur Autofill di dalam program Excel untuk memasukkan rumus secara otomatis pada sel-sel di sekitarnya. Caranya adalah dengan menyeleksi sel yang sudah berisi rumus, kemudian klik pada kotak kecil di pojok kanan bawah sel tersebut, dan seret ke bawah atau ke samping sesuai dengan kebutuhan.

Video Tutorial: Cara Membuat Rumus di Program Excel

Untuk melengkapi pembahasan kali ini, berikut adalah video tutorial yang bisa diikuti untuk lebih memahami cara membuat rumus di dalam program Excel. Semoga bermanfaat!