Cara Membuat Rumus Penambahan Persen Di Excel

Excel menjadi salah satu software yang sering digunakan dalam berbagai bidang, baik itu akademik, bisnis, maupun industri. Salah satu kegunaan dari Excel adalah untuk melakukan perhitungan persentase. Rumus-rumus persentase di Excel cukup mudah dipahami dan sangat berguna dalam menghitung berbagai data seperti kenaikan harga, diskon, atau pembagian proporsi.

Perkalian Persen di Excel

Cara Membuat Rumus Penambahan Persen Di Excel

Salah satu rumus persentase yang sering digunakan adalah rumus untuk perhitungan kenaikan persen. Formula untuk menghitung kenaikan persen adalah (nilai baru – nilai lama) / nilai lama. Contohnya, jika Anda ingin menghitung kenaikan persen dari harga barang yang awalnya Rp 10.000 dan naik menjadi Rp 15.000, maka rumus yang harus digunakan adalah:

(15000-10000)/10000 = 0,5 atau 50%

Rumus Excel Menulis Terbilang

gambar rumus excel

Selain untuk perhitungan persentase, Excel juga dapat dimanfaatkan untuk menulis angka dalam bentuk terbilang. Fitur ini sangat berguna untuk membuat invoice, kwitansi, atau laporan keuangan. Untuk menulis angka dalam bentuk terbilang, Excel menyediakan rumus berikut:

=TERBILANG(angka)

Contohnya, jika Anda ingin menulis angka 123.456 dalam bentuk terbilang, maka rumus yang harus diketik adalah:

=TERBILANG(123456)

Belajar Rumus Excel Persen, Bentuk Dasar dan Contohnya

gambar rumus excel

Adapun rumus persentase yang lain yang dapat digunakan dalam Excel adalah rumus untuk menghitung presentase suatu nilai dari total nilai. Rumus ini sangat berguna dalam menghitung persentase keberhasilan, atau persentase pemenuhan target. Formula untuk menghitung persentase adalah (nilai persentase / 100) x total nilai. Contohnya, jika Anda ingin menghitung presentase nilai 80 dari total nilai 100, maka rumus yang harus digunakan adalah:

Baca Juga :  CARA MENGATASI ASSASSIN FILE PADA MICROSOFT EXCEL

(80 / 100) x 100 = 80%

Cara Menghitung Persen di Excel Dengan Fungsi Rumus Persen Di Excel

gambar rumus excel

Selain rumus-rumus persentase di atas, Excel juga memiliki fungsi khusus untuk perhitungan persentase, yaitu fungsi PERSANJANG. Fungsi ini sangat cocok digunakan untuk menghitung persentase keberhasilan, atau persentase penjualan. Rumus penggunaan fungsi PERSANJANG adalah:

=PERSANJANG(nilai persentase, total nilai, desimal)

Contohnya, jika Anda ingin menghitung persentase keberhasilan dari 200 ujian, dengan nilai 150, maka rumus yang harus digunakan adalah:

=PERSANJANG(150, 200, 0)

Tanya Jawab

1. Bagaimana cara menambahkan formula di Excel?

Cara menambahkan formula di Excel sangat mudah. Pertama-tama, klik sel tempat Anda ingin menambahkan formula. Kemudian, ketik tanda “=” (tanpa tanda kutip) di awal sel, dan ketik rumus yang ingin Anda gunakan. Terakhir, tekan ENTER untuk menyelesaikan pengetikan rumus.

2. Apa perbedaan antara rumus persentase dengan fungsi PERSANJANG di Excel?

Rumus persentase adalah rumus umum yang digunakan untuk menghitung persentase dengan formula matematika sederhana seperti pembagian atau perpangkatan. Sedangkan, fungsi PERSANJANG adalah fungsi khusus Excel yang digunakan untuk menghitung persentase dengan format yang lebih rapi dan mudah dipahami. Fungsi PERSANJANG juga dapat digunakan untuk menghitung persentase dengan desimal tertentu.

Video Tutorial