Cara Membuat Rumus Pembulatan Pada Microsoft Excel

Rumus Excel memang menjadi hal yang sangat penting dikuasai oleh siapa saja yang ingin memanfaatkan program ini untuk keperluan kerja ataupun studi. Namun, terdapat berbagai jenis rumus Excel yang harus dipelajari, salah satunya adalah rumus pembulatan ratusan ke atas.

Rumus Pembulatan Ratusan Ke Atas

Rumus pembulatan ratusan ke atas sendiri sering digunakan pada saat pengerjaan angka dalam Excel. Dalam keperluan pembulatan, biasanya dilakukan jika nilai yang didapatkan dari sebuah perhitungan saat menggunakan Excel menghasilkan nilai dengan angka desimal.

Contohnya, ketika kita menghitung sebuah angka dalam Excel dan perhitungan menghasilkan nilai 942,45, tetapi yang diinginkan adalah angka bulat 1.000.

Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan rumus pembulatan ratusan ke atas dalam Excel. Rumus ini sangat mudah digunakan dan hanya membutuhkan dua komponen yaitu angka yang ingin di bulatkan dan komponen yang akan mencari nilai pembulatan ke atas. Berikut ini adalah rumus pembulatan ratusan ke atas dalam Excel:

=ROUNDUP(angka, -2)

Diatas, -2 adalah digit ke -2 yang menandakan ratusan pada bilangan yang ingin dibulatkan. Sebagai contoh, apabila angka yang ingin dibulatkan adalah 326 maka rumus yang harus digunakan adalah sebagai berikut:

=ROUNDUP(326, -2)

Hasil dari rumus tersebut adalah 400, yang merupakan pembulatan ratusan ke atas dari angka awal 326.

Baca Juga :  CARA MEMBUKA FILE EXCEL YANG TIDAK TERSIMPAN

Rumus Mencari Nilai Akhir di Excel

Selain rumus pembulatan ratusan ke atas, ada juga rumus untuk mencari nilai akhir di Excel. Rumus ini sangat berguna bagi siapa saja yang ingin menghitung nilai akhir dari sebuah rangkaian nilai. Dalam penggunaannya, rumus ini sangat mudah digunakan bahkan oleh orang yang baru pertama kali menggunakan Excel.

Untuk menggunakan rumus ini, kita hanya perlu mengetahui nilai-nilai yang diinginkan untuk dijumlahkan. Selain itu, kita harus mengetahui rumus yang digunakan di Excel untuk melakukan penjumlahan. Rumus tersebut adalah SUM. Berikut ini rumus mencari nilai akhir di Excel:

=SUM(nama sel/(jika ada), nama sel/(jika ada))

Contohnya, ketika kita ingin menghitung nilai akhir dari tentang nilai ujian matematika siswa, pada kolom A terdapat nama siswa dan pada kolom B terdapat nilai-nilai yang diinginkan untuk dijumlahkan. Rumus yang harus digunakan adalah sebagai berikut:

=SUM(B1:B5)

Hasil dari rumus tersebut adalah nilai akhir dari rangkaian nilai siswa pada kolom B dengan nama siswa di kolom A.

Aplikasi Penghitung Rumus Diskon Otomatis Format Excel

Excel juga sering digunakan dalam perhitungan diskon, terutama dalam bisnis. Maka dari itu, dalam penggunaan Excel, sering digunakan rumus diskon. Rumus ini berguna untuk mengetahui jumlah diskon yang diberikan kepada pelanggan. Selain itu, rumus diskon juga berguna bagi para pelaku bisnis untuk menentukan harga jual dari produk yang akan dijual.

Dalam penggunaannya, rumus diskon pada Excel sangatlah mudah dan masuk akal. Kita hanya perlu mengetahui harga awal dari sebuah produk, persentase diskon, dan rumus diskon yang digunakan. Rumus diskon yang digunakan adalah sebagai berikut:

=harga-(persentase diskon harga awal)

Contohnya, ketika kita ingin mencari diskon pada sebuah produk dengan harga awal Rp. 100.000 dan didiskon sebesar 10% maka rumus yang harus digunakan adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Membuat Garis Kolom Di Excel

=100000-10%100000

Hasil dari rumus tersebut adalah diskon sebesar Rp. 90.000. Dengan diskon tersebut, maka harga jual produk tersebut menjadi Rp. 90.000.

FAQ

Apa itu Excel?

Excel adalah program spreadsheet populer dari Microsoft Office Suite. Excel membantu pengguna dalam perhitungan, mengatur dan menganalisis data, memproduksi grafik, mengatur jadwal dan masih banyak lagi.

Bagaimana cara menggunakan rumus Excel?

Untuk menggunakan rumus Excel, pertama-tama Anda harus memilih cell di mana hasil perhitungan akan ditampilkan. Selanjutnya, masukkan tanda sama dengan (=) diikuti dengan rumus yang ingin digunakan. Setelah itu, masukkan nilai atau cell yang akan dihitung dan tekan tombol Enter. Hasil dari perhitungan tersebut akan ditampilkan pada cell yang dipilih sebelumnya.

Bagaimana cara menggunakan rumus SUM di Excel?

Pertama-tama, pilih cell di mana hasil perhitungan akan ditampilkan. Kemudian, masukkan tanda sama dengan (=) dan SUM diikuti dengan tanda kurung pembuka. Selanjutnya, pilih sel mana yang akan dijumlahkan dengan menandai sel tersebut. Setelah itu, tekan tombol Enter dan hasil dari perhitungan tersebut akan ditampilkan pada cell yang dipilih sebelumnya.

Apakah Excel dapat digunakan untuk menghitung diskon?

Ya, Excel sangat cocok untuk digunakan dalam perhitungan diskon. Dalam penggunaannya, kita hanya perlu mengetahui harga awal dari sebuah produk, persentase diskon, dan rumus diskon yang digunakan. Excel akan secara otomatis menghitung jumlah diskon yang diberikan kepada pelanggan.

Apa saja rumus Excel yang harus dikuasai untuk bekerja dengan efektif?

Ada banyak rumus Excel yang harus dikuasai untuk bekerja dengan efektif. Contohnya seperti rumus SUM, AVERAGE, MAX, MIN, COUNT, COUNTA, VLOOKUP, IF, dan sebagainya.

Video Tutorial: Cara Mudah Menggunakan Rumus Pembulatan dan Rumus Lainnya di Excel

Berikut ini merupakan video tutorial yang dapat membantu Anda dalam menggunakan rumus Excel dengan mudah dan efektif:

Baca Juga :  Membuat Huruf Besar Semua Di Excel

Video diatas dapat membantu Anda dalam mempelajari berbagai jenis rumus Excel dan cara menggunakannya dengan mudah.

Dalam penggunaan Excel, rumus-rumus di atas sangatlah penting untuk dikuasai. Dengan menggunakan rumus-rumus tersebut, dijamin pengguna akan lebih mudah dan efektif dalam mengolah data dan informasi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam mempelajari rumus-rumus Excel dan penggunaannya.