Rumus-Rumus Excel yang Wajib Diketahui
Microsoft Excel merupakan program untuk pengolahan data yang paling populer saat ini. Sebagai pengguna Excel, tentunya Anda dituntut untuk bisa menguasai rumus-rumus yang ada di dalamnya agar dapat memaksimalkan penggunaan program tersebut. Berikut ini adalah beberapa rumus Excel yang wajib Anda ketahui:
Rumus Average
Rumus Average merupakan rumus yang paling dasar dan sering digunakan di dalam Excel. Berfungsi untuk menemukan rata-rata dari sekumpulan angka. Caranya adalah dengan mengetikkan: =AVERAGE(nilai_1, nilai_2, …nilai_n).
Contoh penggunaan rumus Average di Excel:
Dalam contoh di atas, rumus average digunakan untuk menemukan rata-rata dari sekumpulan nilai-nilai ujian yang telah diinputkan.
Rumus COUNTIF
Memiliki fungsi untuk menghitung jumlah sel tertentu yang memenuhi kriteria tertentu. Caranya adalah dengan mengetikkan: =COUNTIF(kisaran, kriteria).
Contoh penggunaan rumus COUNTIF di Excel:
Dalam contoh di atas, rumus COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah mahasiswa yang mendapatkan nilai A dalam ujian tertentu. Dalam penulisan kriteria, diawali dengan tanda petik ganda dan diakhiri dengan tanda petik ganda pula, lalu dilanjutkan dengan kata-kata atau simbol yang merupakan kriteria tersebut.
FAQ:
Apa yang dimaksud dengan rumus Excel?
Rumus Excel merupakan susunan atau formula yang digunakan untuk melakukan perhitungan atau pengolahan data tertentu di dalam program Microsoft Excel.
Bagaimana cara menggunakan rumus Excel?
Cara menggunakan rumus Excel adalah dengan mengetikkan susunan rumus yang sesuai di sel Excel. Perlu diperhatikan juga bahwa rumus-rumus yang digunakan harus disesuaikan dengan data yang diolah.
Video Tutorial: Menyalin Rumus di Microsoft Excel