CARA MEMBUAT RUMUS KORELASI DI EXCEL 2013

Menghitung koefisien korelasi dengan menggunakan Microsoft Excel dapat memudahkan Anda dalam menganalisis hubungan antara dua variabel dalam suatu data. Koefisien korelasi digunakan untuk mengukur seberapa erat hubungan dua variabel dalam suatu data. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah dan gambar untuk membuat rumus korelasi di Excel.

Membuat Rumus Korelasi di Excel

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mengumpulkan data yang akan digunakan untuk analisis korelasi. Misalnya, jika Anda ingin menganalisis hubungan antara usia dan tinggi badan, Anda perlu mengumpulkan data usia dan tinggi badan dari sekelompok orang.

1. Buat dua kolom untuk data usia dan tinggi badan. Misalnya, kolom A untuk data usia dan kolom B untuk data tinggi badan.

CARA MEMBUAT RUMUS KORELASI DI EXCEL 2013

2. Isi kolom A dan B dengan data yang Anda kumpulkan.

Gambar 2 - Isi Kolom A dan B dengan Data

3. Klik pada sebuah sel baru di lembar kerja Anda dan ketikkan fungsi korrel, lalu pilih korrel dari daftar fungsi.

Gambar 3 - Pilih Fungsi Korel

4. Setelah itu, masukkan rentang sel yang berisi data usia dan rentang sel yang berisi data tinggi badan pada kolom A dan B. Kemudian, klik OK.

Gambar 4 - Masukkan Rentang Sel

5. Korelasi Pearson akan dihitung dan muncul pada sel yang Anda pilih. Nilai korelasi yang muncul akan berkisar antara -1 dan 1, di mana 1 menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara dua variabel dan -1 menunjukkan hubungan yang sangat lemah atau negatif.

Gambar 5 - Korelasi Pearson

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa itu koefisien korelasi?

Koefisien korelasi adalah metode untuk mengukur hubungan antara dua variabel. Koefisien korelasi berkisar antara -1 dan 1. Nilai 1 menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara dua variabel, sementara nilai -1 menunjukkan hubungan yang sangat lemah atau negatif.

Baca Juga :  Cara Menghitung Pekerjaan 2 Surat Dalam 30 Menit Pada Excel

2. Apa fungsi korelasi Pearson?

Korelasi Pearson adalah metode untuk mengukur hubungan antara dua variabel yang dihitung dengan menghitung rasio antara kovarian dan standar deviasi dari kedua variabel. Fungsi ini berguna untuk menghitung koefisien korelasi dalam Microsoft Excel.

Video Tutorial: Cara Membuat Rumus Korelasi di Excel