Warga.Co.IdBerita Warga Indonesia dan Teknologi serta Informasi Terbaru
Cara Membuat Rumus Kelipatan Hasil Di Excel
Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data yang paling populer di dunia untuk berbagai keperluan bisnis dan keuangan. Excel digunakan untuk membuat laporan keuangan, membuat anggaran, memantau proyek bisnis, dan masih banyak lagi. Tetapi, Excel juga sering digunakan oleh individu untuk membuat daftar tugas, jadwal rutin harian, atau bahkan untuk mengorganisir liburan. Dan salah satu fitur utama Excel adalah kemampuan untuk membuat rumus, yang dapat memudahkan sejumlah besar kalkulasi penting.
Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu kegunaan Excel adalah untuk membuat jadwal rutin harian. Dalam hal ini, kita sering ingin memasukkan tanggal dalam jadwal yang kita buat. Namun, memasukkan tanggal secara manual bisa sangat merepotkan. Sebagai gantinya, kita dapat menggunakan rumus Excel untuk membuat tanggal otomatis.
Ada beberapa cara untuk melakukan ini, tetapi salah satu cara tercepat adalah menggunakan rumus berikut:
=TODAY()
Rumus ini akan menghasilkan tanggal saat ini. Berikut adalah contoh penggunaannya:
Jadi, apapun tanggal saat kita membuka file Excel ini, Excel akan mengisi sel dengan tanggal tersebut secara otomatis. Dan jika kita ingin mengubah format tanggal, kita dapat mengatur tampilan sel menggunakan aturan format.
Cara Membuat Rumus di Excel
Selain membuat tanggal otomatis, ada banyak rumus lain yang dapat kita gunakan untuk memudahkan kalkulasi dalam Excel. Dan cara membuat rumus hampir sama untuk semua jenis rumus.
1. Pertama, kita harus memilih sel tempat kita ingin menampilkan hasil rumus. Pastikan bahwa sel tersebut memiliki format yang benar (misalnya, format “Angka” untuk rumus penjumlahan). Kita juga dapat memilih beberapa sel untuk menampilkan hasil rumus mereka.
2. Kemudian, kita perlu mengetik tanda sama (=). Ini menunjukkan bahwa kita akan menambahkan rumus.
3. Setelah tanda sama, kita perlu mengetik rumus yang ingin kita gunakan. Di bawah ini adalah beberapa rumus umum yang sering digunakan:
=AVERAGE(n1,n2,n3,…): Menghitung rata-rata dari sejumlah bilangan.
=MAX(n1,n2,n3,…): Mencari bilangan terbesar.
=MIN(n1,n2,n3,…): Mencari bilangan terkecil.
=COUNT(n1,n2,n3,…): Menghitung jumlah sel yang berisi bilangan.
4. Setelah mengetik rumus, kita perlu menambahkan argumen (jika ada). Argumen adalah bilangan atau sel yang akan kita gunakan dalam rumus. Kita harus memisahkan argumen dengan koma (,).
5. Setelah menambahkan argumen, kita perlu mengetik tanda kurung tutup ()). Ini menunjukkan bahwa kita telah menyelesaikan rumus kita.
6. Terakhir, kita perlu menekan Enter untuk menampilkan hasil rumus kita di sel yang dipilih.
Dalam pengaturan Excel standar, kita dapat menambahkan rumus ke sel dengan menunjuknya menggunakan mouse. Sel yang dipilih akan “dilingkari” oleh kotak hitam, dan kita dapat mengetik rumus di atasnya.
Secara umum, rumus Excel sangat fleksibel dan dapat disesuaikan dengan hampir semua kebutuhan pengguna.
Rumus Penjumlahan Excel, Pengurangan, Pembagian dan Rumus Perkalian Excel
Tiga rumus matematika dasar yang sering digunakan di Excel adalah penjumlahan, pengurangan, dan perkalian. Dan untuk mempermudah penggunaannya, Excel memiliki fungsi untuk ketiga operasi matematika ini.
Rumus penjumlahan Excel adalah =SUM(n1,n2,n3,…). Di sini, n1, n2, dan n3 adalah angka atau sel yang ingin kita jumlahkan. Dan seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, kita dapat menambahkan argumen sebanyak yang kita inginkan menggunakan koma. Berikut adalah contoh penggunaan rumus ini:
Rumus pengurangan Excel dan rumus perkalian Excel juga bekerja dengan cara yang sama. Rumus pengurangan Excel adalah =SUBTRACT(n1,n2) dan rumus perkalian Excel adalah =MULTIPLY(n1,n2).
Cara Otomatis membuat Tabel dan Rumus Mengolah Nilai pada Ms. Excel
Microsoft Excel juga dapat digunakan untuk menghasilkan tabel otomatis berdasarkan data yang telah kita input. Selain itu, kita juga dapat membuat rumus yang mengolah nilai-nilai dalam tabel tersebut.
Untuk membuat tabel otomatis, kita perlu memasukkan data kita ke dalam format tabel Excel. Kemudian, buka tab “Insert” dari menu utama dan pilih opsi “Tabel”.
Setelah itu, Excel akan menampilkan kotak dialog yang meminta kita untuk mengatur daerah sel yang ingin kita ubah menjadi tabel. Pastikan kotak “Header” dipilih jika tabel kita memiliki judul. Setelah memilih kriteria yang sesuai, Excel akan membuat tabel untuk kita.
Selanjutnya, kita dapat menggunakan rumus di dalam tabel untuk mengolah data. Untuk mengakses rumus, cukup pilih sel tempat kita ingin menampilkan hasil rumus dan ketik rumus di dalamnya, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya.
Untuk mengeksekusi rumus pada sel atau kolom lain dalam tabel, kita dapat menyalin setiap rumus di sel yang dipilih dan menempelkannya ke sel lain menggunakan opsi “Paste” di ribbon Excel. Secara otomatis, Excel akan menyesuaikan argumen rumus untuk setiap sel yang berbeda, sehingga kita tidak perlu memasukkan rumus yang sama secara manual untuk setiap sel.
FAQ
1. Bagaimana cara menampilkan rumus yang digunakan di dalam sel Excel?
Secara standar, Excel menampilkan hasil dari rumus di dalam sel, bukan rumus itu sendiri. Tetapi jika kita ingin melihat rumus di sel, cukup klik di sel tersebut. Kemudian, lihat di bagian atas jendela Excel, dan Anda akan melihat baris formula, yang menunjukkan rumus yang digunakan di dalam sel. Anda juga dapat menggunakan pintasan keyboard “Ctrl + ~” (tanda tilde) untuk menampilkan formula di sel Excel, dan menggunakan pintasan yang sama untuk melihat hasil yang dihasilkan kembali.
2. Apa itu VLOOKUP dan bagaimana cara menggunakannya di Excel?
VLOOKUP adalah fungsi pencarian vertikal di Excel, dan digunakan untuk menemukan nilai yang terkait dengan entri tertentu dalam tabel. Fungsi ini sangat berguna ketika kita ingin mencari informasi yang terkait dengan entri dalam tabel yang sangat besar.
Untuk menggunakan VLOOKUP, kita harus menentukan nilai entri yang kita cari (misalnya, nama pelanggan), dalam kolom yang akan dibandingkan (biasanya kolom pertama), dan kolom ke berapa yang akan mengembalikan nilai yang terkait. Sebagai contoh, jika kita ingin menemukan alamat email pelanggan berdasarkan nama mereka, kita dapat menggunakan VLOOKUP dengan argumen seperti ini:
Di sini, “Nama Pelanggan” adalah nilai yang ingin kita temukan, Range Tabel adalah area di mana kita akan mencari (biasanya dalam format A1:B100), Kolom Hasil adalah nomor kolom di mana kita akan menemukan nilai terkait (dalam contoh kita, ini akan menjadi nomor 2, yaitu kolom yang berisi alamat email), dan FALSE menunjukkan bahwa data kita tidak diurutkan dalam tabel (yang akan mempercepat pencarian jika itu benar).
Video Tutorial Excel:
Rekomendasi:
CARA MEMBUAT TIME SCHEDULE DENGAN EXCEL Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data yang paling banyak digunakan di dunia. Tidak hanya oleh kalangan bisnis, namun juga oleh kalangan akademisi, dan bahkan hingga kalangan rumah tangga. Contoh Rumus Excel IF Rumus IF pada Excel merupakan rumus yang…
Cara Membuat Jadwal Pelajran Dengan Excel Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat jadwal dengan Microsoft Excel, yang dapat digunakan untuk berbagai keperluan seperti jadwal kegiatan, jadwal piket karyawan, atau jadwal pelajaran. Microsoft Excel adalah program pengolah data lembar kerja yang sering digunakan…
Cara Membuat Analisis Ualngan Harian Di Excel Contoh Laporan Kerja Harian Excel Download Contoh Laporan Kerja Harian Excel Pictures Laporan kerja harian merupakan sebuah laporan yang berisi aktivitas yang dilakukan pada hari tersebut. Laporan ini sering digunakan dalam dunia kerja untuk memantau aktivitas karyawan sehari-hari. Dalam membuat…
CARA MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN DI EXCEL 2010 Investasi adalah suatu pilihan yang cukup menarik, tetapi juga memiliki risiko. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak orang yang tertarik untuk investasi guna memperoleh keuntungan. Namun, saat melakukan investasi, tidak hanya diperlukan kemampuan untuk memilih jenis investasi yang tepat, namun juga…
Cara Membuat Tabel Tanggal Pada Excel Halo, kalian semua! Kali ini kita akan membahas beberapa tips dan trik untuk menggunakan Microsoft Excel lebih efektif. Excel adalah salah satu program spreadsheet yang paling populer di dunia dan digunakan oleh banyak orang untuk berbagai keperluan. Kita akan membahas…
Cara Membuat Rumus Deskripsi Otomatis Di Excel Excel merupakan salah satu program yang paling sering digunakan di dalam dunia bisnis. Program ini sangat berguna bagi orang yang ingin mengenal laporan keuangan, membuat anggaran, atau menghitung biaya dalam proyek. Cara Membuat Nomor Otomatis di Excel Salah satu fitur…
CARA BIKIN DATA LAPORAN LOGISTIC MAKANAN DI EXCEL Belajar Microsoft Excel tidak hanya berhubungan dengan membuat spreadsheet , tetapi juga dengan pembuatan laporan. Salah satu jenis laporan yang paling umum dalam bisnis dan keuangan adalah Laporan Keuangan. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat Laporan Keuangan Sekolah…
Cara Membuat Daftar Barang Tertulis Otomatis Saat Diketik Di… Dalam dunia bisnis, terdapat beberapa perangkat atau aplikasi yang sangat penting dan sering digunakan oleh entrepreneur untuk mempermudah pekerjaan mereka. Salah satu diantaranya adalah Excel. Excel merupakan aplikasi pengolah data yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan seperti membuat database, laporan…
Cara Menghitung Lama Kerja Pada Excel 2016 Excel adalah salah satu program pengolah spreadsheet yang paling populer di dunia. Program ini sering digunakan di berbagai bidang, seperti akuntansi, keuangan, dan manajemen proyek. Salah satu fitur yang paling berguna di Excel adalah kemampuannya untuk melakukan perhitungan matematis dan…
CARA MEMBUAT DATA AKUNTANSI DI EXCEL Mempelajari akuntansi memang tidak mudah, tapi sangat penting bagi siapa saja yang ingin memulai bisnis dan mengelola uang dengan baik. Terlebih lagi, menggunakan aplikasi akuntansi seperti Microsoft Excel dapat memudahkan proses pengelolaan keuangan. Dalam artikel ini, akan dibahas cara membuat…
Rumus Excel Untuk Membuat Buku Besar Jangan heran jika banyak orang yang menggunakan Microsoft Excel untuk melakukan pengaturan keuangan pribadi maupun usaha. Excel merupakan software pengolah data yang terkenal karena kemampuannya mengolah data dengan cepat dan efisien. Jangan Takut Excel! Inilah Rumus-Rumus Lengkap Mengolah Data dengan…
Belajar Membuat Aplikasi Laporan Di Excel Pada era digital seperti sekarang ini, penggunaan Microsoft Excel menjadi semakin populer di kalangan masyarakat. Tidak hanya sekedar digunakan untuk mengolah data, tetapi juga sebagai alat bantu untuk membuat laporan keuangan atau laporan kerja harian. Contoh Laporan Kerja Harian Seperti…
CARA MEMBUAT BUKU KAS EXCEL Cara Membuat Buku Kas Harian di Excel memang sangat penting untuk dilakukan. Buku Kas Harian adalah sebuah aplikasi dalam pengelolaan keuangan perusahaan atau individu yang digunakan untuk mencatat laporan penerimaan dan pengeluaran keuangan dalam rentang waktu harian. Excel yang merupakan…
CARA MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN PEMASUKAN DAN PENGELUARAN… Halo teman-teman, kali ini saya ingin membahas mengenai contoh format laporan pengeluaran keuangan. Bagi kita yang memiliki bisnis atau kantor, pengelolaan keuangan yang baik sangatlah penting demi kelangsungan bisnis kita. Salah satu alat yang dapat membantu untuk pengelolaan keuangan yang…
Membuat Laporan Mingguan Dengan Excel Siapa yang tidak ingin menyelesaikan pekerjaan proyek dengan cepat dan terorganisir dengan baik? Tentu saja, semua orang ingin. Salah satu cara untuk mencapai hal tersebut adalah dengan membuat laporan harian dan mingguan yang akurat dan komprehensif. Contoh Laporan Harian Pekerjaan…
Cara Membuat Presentase Progress Proyek Excel Apakah kamu sering merasa kesulitan dalam menghitung bobot pekerjaan? Tenang saja, pada artikel kali ini kita akan membahas cara menghitung bobot pekerjaan dengan mudah melalui Microsoft Excel. Cara Menghitung Bobot Pekerjaan di Excel Pertama-tama, buatlah tabel sederhana yang berisi daftar…
Membuat Laporan Produksi Dengan Excel Apakah kamu seorang pengusaha yang sedang berusaha membuat laporan keuangan bulanan? Kemungkinan besar kamu sudah mencari panduan dan bahkan contoh-contoh laporan keuangan menggunakan Excel. Tapi, adakah contoh yang sesuai dengan kebutuhanmu? Inilah Contoh Laporan Keuangan Bulanan Excel Sumber gambar: zahiraccounting.com…
Cara Menghitung Microsoft Excel Pengenalan Microsoft Excel Microsoft Excel adalah salah satu program pengolah angka yang paling populer di dunia. Excel memudahkan pengguna dalam mengelola data, membuat laporan, grafik, dan tabel dengan mudah dan efektif. Dalam kehidupan sehari-hari, Excel sering digunakan oleh perusahaan, sekolah,…
CARA MEMBUAT JURNAL DAN BUKU BESAR DI EXCEL Sejak dulu, akuntansi selalu menjadi bagian penting dalam kelangsungan sebuah bisnis. Tanpa adanya akuntansi yang baik, bisnis bisa kehilangan control atas keuangannya, bahkan bisa mengalami kerugian yang cukup besar. Salah satu hal penting dalam akuntansi adalah pencatatan transaksi keuangan menggunakan…
Buku Modul Pembuatan Laporan Keuangan Dengan Ms.excel Pdf Keberhasilan sebuah bisnis tergantung pada banyak hal, salah satunya adalah manajemen keuangan yang baik. Tanpa manajemen keuangan yang sehat, bisnis Anda mungkin akan kesulitan bertahan dalam jangka panjang. Salah satu alat yang paling penting dalam manajemen keuangan adalah laporan keuangan.…
Membuat Laporan Harian Proyek Dengan Excel Berikut ini adalah beberapa contoh laporan keuangan dan laporan proyek yang umum digunakan di berbagai jenis usaha dan industri. Setiap laporan memiliki fungsi masing-masing dalam membantu manajemen dan tim proyek dalam mengambil keputusan yang tepat. Selain itu, dalam artikel ini…
CARA MEMBUAT SISTEM KEUANGAN PERUSAHAAN DENGAN EXCEL Keuangan adalah salah satu aspek terpenting dalam sebuah bisnis. Tanpa manajemen keuangan yang baik, bisnis mungkin akan mudah gulung tikar. Oleh karena itu, pemantauan dan analisis keuangan sangat penting bagi kelangsungan bisnis. Cara Membuat Laporan Keuangan di Excel yang Benar+Formulanya…
Cara Menghitung Pengurangan Tanggal Pada Excel Di dunia bisnis, Excel sering digunakan sebagai aplikasi pengolah data dan spreadsheet paling populer. Dalam pemakaian sehari-hari excel, pengurangan angka menjadi sebuah kegiatan yang sangat umum terjadi. Sering juga kita mengalami kesulitan dalam menghitung pengurangan persentase menggunakan Excel, terutama bagi…
Cara Menghitung Jatuh Tempo Di Excel Rumus Excel Untuk Menghitung Tanggal Jatuh Tempo Kredit Barang Menghitung Tanggal Jatuh Tempo di Excel Anda ingin menghitung tanggal jatuh tempo kredit barang di Excel? Tidak perlu khawatir, karena Excel memiliki rumus khusus yang bisa membantu Anda melakukan perhitungan ini…
CARA MEMBUAT LAPORAN HARIAN PROYEK DI EXCEL Contoh Laporan Kerja Harian Excel dapat memberikan gambaran tentang kegiatan yang dilakukan dalam satu hari kerja. Laporan harian ini biasanya dibuat oleh para pekerja lapangan untuk menunjukkan progres kerja mereka kepada atasan. Berikut adalah beberapa contoh laporan kerja harian Excel…
BAGAIMANA CARA MEMBUAT LAPORAN PAJAK MELAUI EXCEL Cara membuat laporan keuangan merupakan salah satu hal yang penting bagi setiap bisnis. Dengan laporan keuangan yang teratur dan jelas, pengusaha dapat memantau keuangan yang dihasilkan oleh bisnisnya. Namun, membuat laporan keuangan bukanlah pekerjaan yang mudah bagi setiap orang, terutama…
CARA BIKIN EXCEL DATA KELUAR MASUK UANG Belajar excel menjadi skill yang sangat penting untuk dikuasai sebagai seorang profesional dalam dunia bisnis dan juga kreatif. Salah satunya adalah pembukuan stok barang masuk dan keluar serta pembuatan laporan keuangan sederhana dengan Microsoft Excel. Berikut adalah beberapa contoh dan…
CARA MEMBUAT BULAN DI EXCEL Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data yang paling populer di dunia saat ini. Aplikasi ini digunakan oleh banyak perusahaan, instansi, dan individu untuk mengolah data, membuat laporan, ataupun membuat grafik. Hal yang membuat Excel populer adalah kemampuannya dalam mengolah…
CARA BUAT LAPORAN KAS BANK APLIKASI EXCEL Contoh Laporan Keuangan Excel Terupdate 2021 1. Gambar Contoh Laporan Arus Kas Excel Dalam bisnis, penting untuk memiliki pemahaman yang baik tentang arus kas dan bagaimana mengelolanya dengan benar. Salah satu cara untuk mendapatkan pemahaman tentang arus kas adalah dengan…
Buku Membuat Laporan Neraca Keuangan Dengan Excel Apakah kamu pengusaha online shop dan seringkali bingung membuat laporan keuangan sederhana? Jangan khawatir karena artikel ini akan memberikan langkah mudah untuk membuat laporan keuangan sederhana untuk online shop. Dalam artikel ini, kamu juga akan menemukan contoh neraca saldo dan…