Cara Membuat Rumus Excel Untuk Stok Barang

Seiring dengan bertumbuhnya bisnis dan permintaan pelanggan yang semakin meningkat, kegiatan yang terkait dengan persediaan dan gudang menjadi semakin penting. Pengelolaan persediaan yang baik sangatlah penting bagi keberhasilan bisnis Anda.

Laporan stok barang sangat penting dalam pengelolaan persediaan dan gudang. Oleh karena itu, pada artikel ini, kami akan menjelaskan cara membuat laporan stok barang di Excel. Kami akan memberikan tutorial langkah demi langkah dan melampirkan gambar agar Anda dapat memahami tentang cara membuat laporan stok barang di Excel dengan mudah.

Keuntungan Membuat Laporan Stok Barang

Sebelum kita memulai tutorial tentang cara membuat laporan stok barang di Excel, mari kita bicara tentang keuntungan membuat laporan stok barang. Ada beberapa keuntungan yang dapat Anda dapatkan dari membuat laporan stok barang, di antaranya:

1. Mengetahui Stok Barang yang Tersisa

Laporan stok barang memberikan informasi tentang barang yang tersedia di dalam gudang Anda. Jumlah barang yang tersedia ini sangat penting untuk dipantau agar Anda dapat memastikan bahwa stok barang yang tersedia dalam jumlah yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan di masa depan.

2. Memprediksi Kebutuhan Barang

Memprediksi kebutuhan barang adalah penting untuk memenuhi permintaan pelanggan di masa depan. Dengan menggunakan data dalam laporan stok barang, Anda dapat memprediksi kebutuhan barang di masa mendatang. Anda dapat memilih barang yang akan dipesan untuk memastikan bahwa Anda memiliki stok barang yang cukup untuk memenuhi permintaan pelanggan Anda.

Tutorial Cara Membuat Laporan Stok Barang di Excel

Setelah mengetahui keuntungan membuat laporan stok barang, sekarang saatnya mempelajari bagaimana cara membuat laporan stok barang di Excel. Berikut tutorial cara membuat laporan stok barang di Excel:

1. Membuat Spreadsheet

Langkah pertama dalam membuat laporan stok barang di Excel adalah membuat spreadsheet. Untuk membuat spreadsheet, buka Excel dan klik pada tab “File” kemudian pilih “New”. Selanjutnya, pilih “Blank Workbook” dan tekan “OK”.

2. Membuat Kolom untuk Informasi Barang

Kemudian, kita membuat kolom untuk informasi barang di dalam spreadsheet. Kolom-kolom ini akan berfungsi untuk menyimpan informasi tentang produk dan jumlah yang tersedia dari produk tersebut. Tentunya setiap bisnis memiliki informasi yang berbeda, namun beberapa kolom yang biasa digunakan diantaranya adalah:

– Nama Produk
– Kode Produk
– Jumlah Tersedia
– Harga Per Barang

Untuk membuat kolom, kita perlu mengetikkan judul kolom di baris kedua dalam spreadsheet. Setelah itu, kita dapat menambahkan data untuk setiap judul kolom di bawah judul kolom.

3. Membuat Kolom untuk Perhitungan Persediaan

Kemudian kita membuat kolom untuk perhitungan persediaan. Setiap kali barang masuk atau keluar dari gudang, kita harus mencatatnya di dalam spreadsheet. Kolom persediaan ini akan menghitung jumlah persediaan setiap kali kita menambahkan atau mengurangi persediaan.

Untuk membuat kolom persediaan, kita perlu menambahkan judul kolom baru di sebelah kanan kolom jumlah barang yang tersedia. Di bawah judul kolom baru ini, kita perlu menambahkan rumus untuk menghitung jumlah barang persediaan.

4. Mengisi Data

Kemudian kita memasukkan data persediaan barang ke dalam spreadsheet. Ketika memasukkan data, catatlah setiap barang yang masuk atau keluar dari gudang dan jangan lupa untuk memperbarui jumlah barang yang tersedia.

5. Membuat Grafik

Terakhir, kita membuat grafik untuk memvisualisasikan data persediaan yang ada dalam spreadsheet. Grafik ini akan membantu kita memahami apakah persediaan kita cukup atau tidak dan jika tidak, maka kita dapat membuat keputusan untuk melakukan pembelian tambahan atau meningkatkan produksi produk tertentu.

Untuk membuat grafik, pilih cell yang mengandung data dan nilai yang ingin kita tampilkan dalam grafik, lalu klik pada menu Insert dan pilih jenis grafik yang kita inginkan. Selanjutnya, gunakan menu “Format Chart” untuk mengubah bentuk, warna, dan ukuran grafik sesuai dengan keinginanmu.

Baca Juga :  Cara Membuat Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2018 Excel

FAQ

Untuk membantu memahami cara membuat laporan stok barang, berikut pertanyaan dan jawaban yang sering ditanyakan:

Q: Apa itu Laporan Stok Barang?

A: Laporan stok barang adalah dokumen penting yang memuat informasi mengenai jumlah barang yang tersedia dalam gudang dan keadaan persediaan barang tersebut. Laporan stok barang akan memudahkan Anda dalam pengelolaan persediaan gudang.

Q: Mengapa Penting Membuat Laporan Stok Barang?

A: Laporan stok barang sangat penting bagi pengelolaan persediaan dan gudang. Ada beberapa keuntungan yang dapat Anda dapatkan dari membuat laporan stok barang, di antaranya: Mengetahui stok barang yang tersisa, memprediksi kebutuhan barang dan memudahkan pengelolaan persediaan gudang Anda.

Video Tutorial

Berikut video tutorial cara membuat laporan stok barang di Excel:

Kesimpulan

Dalam pengelolaan persediaan dan gudang, laporan stok barang sangat penting. Dengan menjaga laporan stok barang yang akurat, Anda dapat memastikan bahwa stok barang selalu tersedia dan dapat memenuhi permintaan pelanggan yang meningkat. Kami harap tutorial ini dapat membantu Anda dalam membuat laporan stok barang di Excel. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, jangan ragu untuk mengajukan di kolom komentar di bawah.