Bekerja di perusahaan menjadikan kita memiliki hak yang sama untuk menerima gaji. Menerima gaji tiap bulan menjadi salah satu motivasi bagi karyawan untuk bekerja lebih keras dan memenuhi target yang telah ditetapkan perusahaan. Namun, terkadang karyawan masih bingung cara menghitung gaji bersih yang diterima setiap bulannya.
Cara Menghitung Gaji Bersih di Excel
Pertama-tama, mari kita bahas terlebih dahulu tentang gaji bulanan karyawan. Gaji bulanan karyawan terdiri dari beberapa komponen, yaitu:
- Gaji Pokok
- Tunjangan PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak)
- Tunjangan Penghasilan
- Potongan Gaji
Setelah mengetahui komponen-komponen tersebut, langkah selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi Excel untuk menghitung gaji bersih yang diterima. Berikut adalah langkah-langkahnya:
- Buat kolom pada Excel sesuai dengan komponen gaji bulanan
- Isi data pada kolom tersebut
- Buat kolom baru dengan menggunakan rumus Gaji Bersih = (Gaji Pokok + Tunjangan Penghasilan + Tunjangan PTKP) – Potongan Gaji
- Hitung hasilnya dan Anda akan mengetahui gaji bersih yang diterima setiap bulannya
Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, karyawan dapat menghitung gaji bersih yang diterima setiap bulan dengan mudah dan akurat.
Cara Membuat Rumus Excel Untuk Nama Hari
Selain untuk menghitung gaji bersih, Excel juga dapat digunakan untuk menghitung nama hari. Hal ini dapat berguna untuk keperluan saat mengisi data pada form atau tabel yang membutuhkan pengetahuan tentang hari. Berikut adalah langkah-langkahnya:
- Buat tabel pada Excel
- Buat kolom baru dengan judul Nama Hari
- Selanjutnya, cari kode VBA di internet dan salin ke dalam editor baris kode di Excel
- Gunakan rumus VBA dengan cara Ctrl + ~ untuk mengaktifkan mode EDIT pada Excel
- Gunakan rumus
=TEXT (TODAY() + row (), "dddd")
, pada row () adalah nomor baris data pada tabel - Hasilnya akan menampilkan nama hari secara otomatis
Dengan langkah-langkah tersebut, Anda dapat membuat rumus Excel untuk menampilkan nama hari dengan mudah dan cepat.
Contoh Excel Gaji Karyawan – Membuat Slip Gaji Menggunakan Rumus Excel
Saat ini, perusahaan besar telah mengubah cara pembayaran gaji dengan cara memberikan slip gaji melalui email. Slip gaji tersebut umumnya berformat Excel dan dibuat secara otomatis menggunakan rumus Excel. Berikut adalah langkah-langkah membuat slip gaji menggunakan rumus Excel:
- Buat tabel pada Excel
- Buat kolom untuk data karyawan dan komponen serta jumlah gaji yang diterima
- Buat kolom menggunakan rumus untuk menghitung potongan dan tunjangan karyawan
- Tambahkan formula untuk menghitung pajak dan gaji bersih
- Pada bagian header, tambahkan logo perusahaan dan keterangan mengenai perusahaan dan karyawan
- Simpan file dan kirimkan slip gaji tersebut melalui email kepada karyawan
Dengan langkah-langkah tersebut, perusahaan dapat membuat slip gaji yang rapi dan mudah dipahami oleh karyawan. Selain itu, penerapan rumus Excel pada slip gaji dapat menghindari kesalahan perhitungan.
FAQ
1. Apa itu VBA pada Excel dan bagaimana cara menggunakannya?
VBA (Visual Basic for Applications) adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk mengembangkan aplikasi pada Microsoft Office. VBA pada Excel digunakan untuk membuat makro atau script yang memungkinkan pengguna untuk melakukan tugas tertentu pada spreadsheet, seperti menjalankan fungsi yang kompleks atau mengedit data dalam jumlah besar. Untuk menggunakannya, pengguna harus menekan tombol ALT + F11 untuk membuka editor VBA, dan kemudian mulai menulis kode yang diinginkan dengan sintaks untuk mengoperasikan Excel.
2. Apakah ada tutorial di Youtube tentang Excel untuk pemula?
Ya, ada banyak tutorial di Youtube tentang Excel untuk pemula. Salah satu channel terkenal adalah “ExcelIsFun” yang dikemas dengan tutorial yang mudah dipahami dan jelas. Channel tersebut memiliki lebih dari 1 juta pelanggan yang dapat membantu pemula agar lebih memahami tentang Excel. Selain itu, channel “Microsoft Excel” juga merupakan sumber yang bagus untuk belajar tentang Excel dan tutorialnya.
Dalam video tutorial tersebut, Anda akan belajar mengenai dasar-dasar Excel, seperti membuat spreadsheet, memasukkan data, menghitung dengan rumus dan mengelola data dengan cepat dan mudah.