Cara Membuat Rumus Excel Di Set Berurutan

Rumus pengurangan pada Excel merupakan salah satu fitur yang sangat berguna bagi para pengguna Microsoft Excel. Dalam pengajaran matematika pada umumnya, pengurangan merupakan salah satu operasi aritmatika dasar yang dipelajari oleh anak-anak bahkan dari tingkat Sekolah Dasar. Pengurangan juga termasuk ke dalam operasi aritmatika yang sangat penting dalam berbagai bidang seperti ilmu ekonomi, akuntansi, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, penggunaan rumus pengurangan pada Excel sering dipakai dalam banyak situasi, entah itu di lingkungan perkantoran, pembukuan, maupun pekerjaan di bidang lainnya.

1. Rumus Pengurangan Excel Beda Kolom Secara Otomatis Lengkap

Cara Membuat Rumus Excel Di Set Berurutan

Excel menyediakan berbagai macam rumus pengurangan yang bisa digunakan untuk menjumlahkan angka-angka pada kolom-kolom tertentu. Salah satu rumus yang paling sering dipakai adalah rumus SUM yang digunakan untuk menjumlahkan sel-sel pada rentang tertentu. Akan tetapi, bagaimana jika kita ingin mengurangkan angka-angka pada kolom yang berbeda secara otomatis? Ada satu cara yang cukup efektif untuk melakukan hal tersebut.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buatlah sebuah dokumen baru pada Excel dan isi kolom A dan B dengan angka yang ingin dijumlahkan. Misalnya, akan kita ada dua kolom (A dan B).
  2. Berikan nama pada sel C1 sebagai “Total”.
  3. Selanjutnya, klik kanan pada sel C2, kemudian pilih “Format Cell” dan pilih opsi “Number” dan tentukan jumlah satuan dari angka tersebut. Misalnya, jika Anda menginginkan format penulisan uang, Anda bisa memasukkan format “Rp #.##0”.
  4. Setelah Anda selesai mengatur format sel C2, selanjutnya Anda memasukkan rumus pengurangan pada sel tersebut. Ketikkan rumus pengurangan =A2-B2 pada sel C2.
  5. Setelah itu, seret formula yang sudah dibuat (C2) ke seluruh sel pada kolom C yang ingin dijumlahkan dan otomatis hasil pengurangan akan muncul pada kolom tersebut secara otomatis.

2. Rumus Hlookup Excel 2016

Rumus Hlookup Excel 2016

Selain rumus pengurangan pada Excel, ada salah satu rumus yang juga cukup sering dipakai yaitu rumus Hlookup. Rumus Hlookup ini adalah kependekan dari kata “Horizontal Lookup” dan telah disediakan pada versi Excel 2016 ke atas untuk memudahkan pengguna dalam mencari data yang sudah terdaftar sebelumnya. Rumus ini sangat berguna saat Anda ingin mencari data pada tabel yang sudah disusun secara horizontal.

Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan rumus Hlookup pada Excel 2016:

  1. Siapkan sebuah tabel dengan data-datanya. Misalnya, tabel dengan kolom-kolom header seperti Nama Hewan, Jenis Hewan, Kandang, Umur dan Berat Badan.
  2. Pilih sebuah sel pada tabel yang kosong dimana akan dilakukan pencarian berdasarkan nama hewan. Misalnya, baris pertama jenis hewan adalah “Anjing”, maka kita ingin mencari data umur dan berat badan pada sel di sebelah kanan sel “Anjing”.
  3. Ketikkan rumus HLOOKUP di dalam sel yang kosong tersebut. Rumus Hlookup ini terdiri dari beberapa elemen, yaitu nilai yang akan dicari (lookup_value), tabel tempat pencarian data (table_array), jumlah baris yang menjadi referensi (row_index_number), dan jenis pencocokan (match_type). Contoh Hlookup yang bisa digunakan dalam kasus ini adalah =HLOOKUP(“Anjing”, A1:E5, 4, FALSE).
  4. Setelah rumus Hlookup sudah dimasukkan ke dalam sel, hasilnya akan menampilkan umur dan berat badan dari Anjing pada tabel secara otomatis.

FAQ

1. Apa itu rumus pengurangan pada Excel?

Rumus pengurangan pada Excel merupakan salah satu rumus matematika dasar yang digunakan untuk mengurangi angka-angka pada kolom-kolom yang berbeda secara otomatis dalam sebuah dokumen Excel. Rumus pengurangan ini sangat berguna dalam berbagai bidang, seperti pembukuan, kepemilikan saham, dan lain-lain.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT DAFTAR TABEL DI EXCEL

2. Bagaimana cara menggunakan rumus Hlookup pada Excel 2016?

Rumus Hlookup pada Excel 2016 merupakan rumus pencari data pada tabel yang berbasis horizontal. Cara menggunakan rumus ini adalah dengan mengetikkan rumus Hlookup pada sebuah sel kosong pada tabel, yang terdiri dari elemen-elemen seperti nilai yang akan ditelusuri, tabel yang dijadikan referensi, jumlah baris yang menjadi referensi, dan jenis pencocokan yang diinginkan. Setelah rumus ini dimasukkan, maka hasilnya akan secara otomatis muncul pada sel yang sudah dipilih secara otomatis.

Video Tutorial

Dalam tutorial tersebut Anda akan mempelajari cara membuat rumus pada Excel menggunakan data dari sebuah tabel. Tutorial ini akan membahas dua jenis rumus: rumus pengurangan dan rumus Hlookup. Dalam video tersebut, Anda dapat melihat langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pembuatan rumus-rumus tersebut, mulai dari membuat dokumen baru, mengatur format kolom, memasukkan rumus, dan menampilkan hasil secara otomatis pada tabel. Video tersebut menyajikan cara yang mudah untuk melakukan pengurangan pada sel-sel tertentu dan mencari data pada tabel, sehingga akan sangat membantu bagi Anda yang masih baru dalam menggunakan Excel ataupun bagi yang ingin meningkatkan kemampuan penggunaannya di dalam bidang pekerjaan sehari-hari.