Cara Membuat Rumus Diskripsi Pada Program Excel Di Raport

Excel tidak hanya digunakan untuk bidang akuntansi atau bisnis, tetapi juga dapat digunakan dalam bidang pendidikan untuk membuat aplikasi raport. Dalam artikel kali ini, kami akan membahas cara membuat aplikasi raport dengan menggunakan Microsoft Excel. Selain itu, kami juga akan menjelaskan cara membuat rumus deskripsi kalimat pada program Excel di raport.

Cara Membuat Aplikasi Raport dengan Microsoft Excel

Membuat aplikasi raport dengan Microsoft Excel terbilang cukup mudah, dibandingkan dengan membuatnya secara manual. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buatlah sebuah file baru dalam Excel. Untuk memulainya, buka Microsoft Excel dan klik File > New.
  2. Pada layar utama, pilih “Blank Workbook”
  3. Pada baris pertama, tuliskan “Nama Siswa”, “Kelas”, “Nilai UTS”, “Nilai UAS”, “Nilai Akhir”, dan “Keterangan”.
  4. Isi seluruh data siswa, sesuai dengan nama siswa, kelas, nilai UTS, nilai UAS, dan rumus untuk menghitung nilai akhir dan keterangan. Rumusnya adalah sebagai berikut:
    • Nilai Akhir = (Nilai UTS + Nilai UAS) / 2
    • Keterangan = IF(Nilai Akhir < 70,”Tidak Lulus”,”Lulus”)
  5. Setelah selesai mengisi semua data, kita dapat membuat grafik nilai siswa dengan memilih baris data siswa, kemudian klik Insert > Charts > Bar Chart > Clustered Bar Chart.
  6. Ubah tampilan grafik sesuai dengan selera kita. Kita dapat mengubah warna grafik atau mengganti jenis grafik yang lain.
  7. Setelah selesai mengatur tampilan grafik, kita dapat menyimpan file tersebut. Klik File > Save As dan berikan nama file sesuai dengan keinginan kita.

Cara Membuat Rumus Deskripsi Kalimat Pada Program Excel Di Raport

Rumus deskripsi kalimat pada program Excel sangat bermanfaat dalam membuat laporan raport siswa. Dengan rumus ini, kita dapat membuat deskripsi kalimat untuk nilai dan meringkas prestasi siswa secara efisien. Berikut ini adalah langkah-langkah membuat rumus deskripsi kalimat pada program Excel di raport:

  1. Pertama-tama, buatlah struktur spreadsheet dengan kolom yang tepat. Kolom pertama berisi nama siswa dan kolom-kolom berikutnya berisi nilai untuk setiap topik pelajaran.
  2. Kemudian, kita dapat menambah kolom terakhir untuk setiap siswa dengan menggunakan rumus. Rumus ini akan menghasilkan deskripsi kalimat untuk prestasi siswa. Sebagai contoh, kita akan membuat rumus deskripsi kalimat untuk nilai matematika.
  3. Tuliskan rumus berikut pada kolom terakhir:
    =IF(B2<50,”Nilai matematika kamu perlu diperbaiki.”,””)&IF(AND(B2>=50,B2<=75),”Nilai matematika kamu cukup baik.”,””)&IF(AND(B2>75,B2<=90),”Nilai matematika kamu sangat baik.”,””)&IF(B2>90,”Nilai matematika kamu luar biasa.”,””)
    Penjelasan rumus:
    – IF(B2<50,”Nilai matematika kamu perlu diperbaiki.”,””) : Jika nilai matematika kurang dari 50, maka tampilkan “Nilai matematika kamu perlu diperbaiki”. Jika tidak, tampilkan teks kosong.
    – IF(AND(B2>=50,B2<=75),”Nilai matematika kamu cukup baik.”,””) : Jika nilai matematika antara 50-75, maka tampilkan “Nilai matematika kamu cukup baik”. Jika tidak, tampilkan teks kosong.
    – IF(AND(B2>75,B2<=90),”Nilai matematika kamu sangat baik.”,””) : Jika nilai matematika antara 75-90, maka tampilkan “Nilai matematika kamu sangat baik”. Jika tidak, tampilkan teks kosong.
    – IF(B2>90,”Nilai matematika kamu luar biasa.”,””) : Jika nilai matematika lebih dari 90, maka tampilkan “Nilai matematika kamu luar biasa”. Jika tidak, tampilkan teks kosong.
  4. Setelah menulis rumus, salin formula ke kolom lainnya.
  5. Deskripsi akan secara otomatis menampilkan hasilnya setelah suatu nilai matematika.

FAQ

Apa manfaat dari membuat aplikasi raport dengan Microsoft Excel?

Membuat aplikasi raport dengan Microsoft Excel dapat memberikan banyak manfaat. Dengan menggunakan Excel, kita dapat menghemat waktu dan memudahkan dalam pemrosesan data siswa. Selain itu, aplikasi raport Excel juga dapat menampilkan grafik nilai siswa yang menarik dan interaktif. Dengan demikian, guru dapat secara cepat menentukan prestasi siswa dan mengetahui di mana mereka perlu melatih kemampuan mereka lebih lanjut.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Mengurutkan Sesuai Abjad Di Excel

Apa keuntungan dari menggunakan rumus deskripsi kalimat pada program Excel di raport?

Keuntungan dari menggunakan rumus deskripsi kalimat pada program Excel di raport adalah sebagai berikut:

  • Rumus dapat memudahkan pengajar dan pendidik untuk membuat laporan raport siswa yang lebih baik.
  • Rumus dapat membantu menghubungkan nilai siswa dengan prestasi mereka, yang sangat berguna dalam memahami kemajuan individu siswa.
  • Rumus juga dapat mempersingkat waktu dalam menyusun deskripsi kalimat pada lembar raport, sehingga memungkinkan guru untuk fokus pada tugas utama mereka dalam kegiatan belajar-mengajar.

Video Tutorial

Berikut ini adalah video tutorial tentang cara membuat rumus di program Excel: