CARA MEMBUAT RUMUS COS KUADRAT PADA EXCEL

Rumus kuadrat adalah salah satu rumus matematika dasar yang cenderung mudah dipahami, namun cukup sulit untuk dipelajari dan mengolahnya. Hal ini dikarenakan rumus ini memiliki hubungan dengan rumus tersulit seperti matematika aljabar dan persamaan. Namun, rumus kuadrat juga digunakan dalam banyak bidang dan terkadang menjadi rumus utama yang harus dipegang oleh seorang profesional seperti insinyur, akuntan, ilmuwan data dan lain-lain.

Cara Membuat Rumus Kuadrat di Excel

Microsoft Excel adalah salah satu software spreadsheet yang banyak digunakan dalam dunia kerja karena mudah digunakan dan memiliki fitur yang lengkap yang memudahkan pekerjaan. Berikut ini adalah cara membuat rumus kuadrat di Excel:

  1. Buka Excel, lalu buat tabel yang memuat nilai-nilai yang ingin dihitung, misalnya tabel nilai x dan nilai y. Lalu pilih kolom di bawah tabel yang ingin diisi hasil perhitungannya.
  2. Tulis rumus kuadrat pada sel yang dituju menggunakan segitiga atas pada rumus (fx). Contoh, untuk menghitung hasil x pangkat 2, ketikkan =KUADRAT(NamaSel), contoh =KUADRAT(A2).
  3. Tekan enter pada keyboard, maka nilai hasil kuadrat akan muncul pada sel hasil. Lalu, hasil tersebut dapat digunakan sesuai kebutuhan dalam rumus lainnya pada Excel.

Dalam menghitung rumus kuadrat di Excel, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan:

  • Nilai yang dihitung harus berupa angka, maka apabila ingin menghitung rumus kuadrat dari teks, harus melakukan konversi terlebih dahulu menjadi angka.
  • Nilai yang dihitung harus dimasukkan dalam satu kolom agar lebih mudah dalam melakukan perhitungan di Excel.
  • Perlu melihat panduan dan bantuan Excel untuk memahami rumus lainnya.
Baca Juga :  CARA HILANGKAN RESEARCH DI EXCEL

Cara Membuat Grafik dari Rumus Kuadrat di Excel

Setelah melakukan perhitungan dengan menggunakan rumus kuadrat, hasil tersebut dapat dipresentasikan dalam bentuk grafik yang lebih mudah untuk dipahami. Berikut ini adalah cara membuat grafik dari rumus kuadrat di Excel:

  1. Klik data pada tabel nilai x dan y.
  2. Pilih Insert pada menu bar, lalu pilih grafik.
  3. Pilih jenis grafik yang diinginkan, misalnya grafik scatter.
  4. Setelah memilih jenis grafik, maka grafik akan otomatis terbentuk pada worksheet Excel.

Dalam membuat grafik dari hasil rumus kuadrat, hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Hal-hal yang membuat grafik tidak efektif, seperti warna yang monoton, kesalahan penempatan data pada grafik dan menempatkan grafik di lokasi yang salah.
  • Ada banyak fitur yang dapat digunakan untuk mempertajam atau mengubah tampilan grafik yang dapat membantu untuk lebih memahami data.

Cara Membuat Formula Baru di Excel dengan Rumus Kuadrat

Dalam bisnis, keuangan, atau pekerjaan lain yang memanipulasi data dan menghitung angka sepanjang hari, banyak terjadi pengulangan rumus untuk memproses data yang sama, dan hal ini menghabiskan banyak waktu. Artikel ini akan merangkum cara membuat formula handmade baru di Excel dengan rumus kuadrat.

Ini akan sangat membantu dalam menghemat waktu dan efisien dalam pekerjaan karena hanya perlu membuat rumus sekali dan salin ke sel lain untuk menghitung kedua rumus tersebut.

Berikut langkah-langkah pembuatan formula baru di Excel dengan rumus kuadrat:

  1. Buka lembar kerja Excel baru, dan mulai mengetikkan nomor yang akan dihitung.
  2. Tuliskan formula kuadrat pada sel kedua. Formula kuadrat Excel adalah “= nilai^2”.
  3. Tekan enter dan hasil kuadrat sekarang akan ditampilkan di kolom sebelah kanan untuk tiap input nilai di kolom kiri.
  4. Salin rumus ke sel berikutnya. Jika Anda mengetikkan rumus kuadrat pada sel A3, pilih sel tersebut dan tarik kotak ke bawah. Sel lainnya akan digarisi dan hasilnya akan muncul pada kolom sebelah kanan.
  5. Salah satu fitur terbaik dari Excel adalah kemampuannya untuk mengulang rumus hanya dengan menarik dan menjatuhkannya ke bawah pada kolom yang diinginkan.
Baca Juga :  CARA MEMBUKA FILE EXCEL YANG LUPA DI SAVE

Dalam membuat formula baru di Excel dengan rumus kuadrat, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah:

  • Memastikan nilai yang dihitung merupakan bilangan bulat positif.
  • Menginstall Excel Add-Ins Analysis Toolpak untuk membuat rumus yang rumit. Analysis Toolpak akan memungkinkan pengguna untuk membuat rumus yang rumit tanpa harus belajar bahasa pemrograman seperti Python dan R.

Contoh Penerapan Rumus Kuadrat dalam Excel

Contoh penerapan rumus kuadrat dalam Excel adalah menghitung nilai rata-rata. Rumusnya adalah:

AVERAGE = ( sum of values ) / ( number of elements )

Dalam Excel, rumus AVERAGE dapat ditulis sebagai =AVERAGE(B2:B10), di mana sel B2 hingga B10 berisi nilai-nilai yang ingin dihitung rata-ratanya.

Contoh lain dari penerapan rumus kuadrat dalam Excel adalah menghitung pajak. Rumusnya bisa dituliskan dengan menggunakan rumus IF dan kondisional seperti =IF (jumlah pendapatan – biaya-biaya – pajak – lain-lain = 0, “Tidak ada pajak yang harus dibayarkan”, “Anda harus membayar pajak sebesar $X”).

FAQ

Pertanyaan 1: Apa yang dimaksud dengan rumus kuadrat?

Jawaban: Rumus kuadrat adalah rumus matematika dasar yang digunakan untuk menghitung nilai kuadrat dari sebuah angka. Rumus ini sering digunakan dalam berbagai bidang seperti matematika, fisika, dan ilmu komputer.

Pertanyaan 2: Apa kegunaan dari rumus kuadrat?

Jawaban: Rumus kuadrat digunakan untuk berbagai hal, mulai dari menghitung luas suatu bidang, menghitung kecepatan, menghitung besarnya gaya, sampai pada menghitung persentase return atau laba atas investasi. Rumus ini menjadi dasar penghitungan dalam banyak bidang diantaranya adalah Ilmu Fisika, Ilmu Komputer, Matematika dan sebagainya.

Video Youtube