Cara Membuat Rumus Absensi Di Ms Excel

Masih melakukan absensi secara manual? Itu ketinggalan zaman, teman! Saat ini sudah banyak aplikasi atau software yang memudahkan proses absensi menjadi lebih mudah dan efektif. Salah satu software yang bisa digunakan untuk membuat absensi adalah Microsoft Excel.

Cara Membuat Absensi di Excel

Membuat absensi di Excel sebenarnya tidak sulit, bahkan bisa dilakukan oleh orang yang memiliki pengetahuan dasar menggunakan program tersebut. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Membuat Tabel Absensi

Langkah pertama adalah membuat tabel absensi dengan menggunakan Microsoft Excel. Tabel ini akan digunakan untuk mencatat kehadiran karyawan atau mahasiswa setiap harinya. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

  1. Buka program Microsoft Excel
  2. Pilih worksheet baru dan beri nama sesuai kebutuhan
  3. Buat tabel dengan kolom-kolom sebagai berikut: nomor, nama, tanggal, hadir, sakit, ijin, alpa, dan keterangan
  4. Catat setiap kehadiran karyawan atau mahasiswa berdasarkan tanggalnya

2. Menghitung Kehadiran

Setelah tabel absensi selesai dibuat, langkah selanjutnya adalah menghitung kehadiran karyawan atau mahasiswa dalam sebulan. Dalam hal ini, Anda bisa menggunakan rumus-rumus yang sudah disediakan oleh Microsoft Excel atau membuat rumus baru sesuai kebutuhan. Berikut adalah langkah-langkah menghitung kehadiran:

  1. Buat kolom baru dengan nama “total hadir”
  2. Masukkan rumus “=jumlah(hadir)” untuk menghitung jumlah kehadiran selama sebulan

3. Menghitung Sakit, Ijin, dan Alpa

Selain menghitung kehadiran, Anda juga bisa menghitung jumlah sakit, ijin, dan alpa karyawan atau mahasiswa selama sebulan. Caranya adalah:

  1. Buat kolom baru dengan nama “total sakit”
  2. Masukkan rumus “=jumlah(sakit)” untuk menghitung jumlah sakit selama sebulan
  3. Buat kolom baru dengan nama “total ijin”
  4. Masukkan rumus “=jumlah(ijin)” untuk menghitung jumlah ijin selama sebulan
  5. Buat kolom baru dengan nama “total alpa”
  6. Masukkan rumus “=jumlah(alpa)” untuk menghitung jumlah alpa selama sebulan

Setelah semua rumus di atas dimasukkan ke dalam tabel absensi, maka hasilnya akan terlihat seperti gambar di bawah ini:

Cara Membuat Rumus Absensi Di Ms Excel

Nah, dengan begitu Anda bisa melihat secara langsung statistik kehadiran seluruh karyawan atau mahasiswa dalam sebulan. Selain itu, Anda juga bisa mengetahui berapa jumlah sakit, ijin, dan alpa selama sebulan.

FAQ

1. Apa keuntungan menggunakan Microsoft Excel untuk membuat absensi?

Jawaban: Keuntungan menggunakan Microsoft Excel untuk membuat absensi adalah prosesnya menjadi lebih efektif dan efisien. Anda tidak perlu lagi mencatat kehadiran secara manual, melainkan bisa langsung dimasukkan ke dalam tabel yang sudah dibuatkan rumus-rumusnya. Selain itu, Anda juga bisa melihat langsung statistik kehadiran seluruh karyawan atau mahasiswa dalam sebulan.

2. Apakah Microsoft Excel susah digunakan untuk membuat absensi?

Jawaban: Microsoft Excel sebenarnya cukup mudah digunakan untuk membuat absensi. Anda hanya perlu mengetahui cara membuat tabel, rumus-rumus yang diperlukan untuk menghitung kehadiran, sakit, ijin, dan alpa, serta cara menghitungnya. Jika masih belum mengerti, Anda bisa mencari tutorial atau mengikuti pelatihan Microsoft Excel terlebih dahulu.

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial cara membuat absensi dengan Microsoft Excel:

Baca Juga :  CARA MEMBUAT SISA TANGGAL DI EXCEL

Nah, demikianlah cara membuat absensi dengan Microsoft Excel. Semoga informasi di atas bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba!