Cara Membuat Rtmp Server Windows

Jika Anda ingin melakukan streaming di internet, salah satu hal penting yang tidak boleh dilewatkan adalah setup RTMP server. RTMP server, singkatan dari Real Time Messaging Protocol, adalah protokol pembuatan video streaming langsung di internet. Setup RTMP server bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menggunakan Wirecast, menggunakan software streaming lain, atau bahkan dengan membuat RTMP server sendiri. Dalam artikel ini, akan dibahas cara-cara tersebut beserta peralatan atau software yang dibutuhkan serta keuntungan dan kerugian masing-masing metode.

1. Cara Setup RTMP Server dengan Wirecast

Wirecast adalah salah satu software yang dapat digunakan untuk membuat live streaming. Software ini memiliki tampilan yang user-friendly, mudah digunakan, dan menawarkan banyak fitur sehingga dapat memberikan pengalaman streaming yang lebih baik. Berikut adalah cara-cara untuk melakukan setup RTMP server dengan menggunakan Wirecast.

1. Download Wirecast

Sebelum bisa melakukan setup RTMP server, pertama-tama Anda harus mengunduh Wirecast terlebih dahulu dari websitenya. Kemudian, install software tersebut ke dalam komputer atau laptop Anda.

Cara Membuat Rtmp Server Windows

2. Buat Akun Streaming

Setelah berhasil mengunduh dan meng-install Wirecast, langkah selanjutnya adalah membuat akun streaming. Anda bisa menghasilkan akun ini dengan mengikuti petunjuk yang disediakan oleh software Wirecast. Setelah itu, simpan ID Streaming Anda untuk melakukan koneksi dengan RTMP server.

3. Buat RTMP Server

Buatlah RTMP server dengan memilih “Output” lalu “Output Settings” di bagian bawah software Wirecast. Kemudian, pilih menu “RTMP Server” lalu buatlah server baru dengan menggunakan ID Streaming yang telah dibuat sebelumnya. Setelah itu, simpan RTMP URL dan Stream Key yang keluar dari hasil pembuatan server.

4. Mulai Streaming

Setelah berhasil membuat RTMP server, sekarang saatnya untuk memulai streaming. Tekan tombol Streaming di Wirecast, lalu pastikan bahwa RTMP server yang telah dibuat berada di status “open”, dan mulailah memulai streaming.

Keuntungan dan Kerugian Cara Setup RTMP Server dengan Wirecast

Dalam metode ini, keuntungan paling besar adalah kemampuan Wirecast yang bisa digunakan untuk melakukan pengaturan kualitas video streaming secara mendetail. Selain itu, dengan fitur-fitur tambahan yang disediakan, seperti switching camera secara otomatis, audio mixing, dan penambahan grafis, hasil produksi streaming terlihat lebih baik dari pada software streaming biasa. Namun kekurangannya adalah harga software Wirecast yang cukup mahal, sehingga jika tidak dipakai secara rutin bisa terasa sangat mahal. Namun, untuk sumbangan pembuat konten video yang profesional serta pendapatan yang tinggi, harga Wirecast bisa dianggap terbayarkan.

2. Cara Membuat RTMP Server Sendiri

Cara membuat RTMP server sendiri memerlukan beberapa peralatan yang dibutuhkan, seperti komputer atau laptop, software broadcasting, dan juga server hosting. Bagi mereka yang lebih terbiasa dengan dunia teknologi, dan memiliki pengetahuan dan keberanian untuk membangun RTMP server-nya sendiri, cara ini mungkin cocok untuk Anda. Berikut adalah beberapa langkah-langkah yang harus dilakukan untuk membuat RTMP server sendiri.

1. Siapkan Peralatan

Sebelum memulai, pastikan bahwa Anda sudah menyiapkan semua peralatan yang dibutuhkan, seperti PC atau laptop, koneksi internet yang stabil, sebuah software broadcasting yang bisa digunakan untuk streaming dan juga sebuah server hosting.

2. Install Software Broadcasting dan RTMP Server

Setelah semua peralatan siap, langkah selanjutnya adalah menginstall software broadcasting dan RTMP servere di PC atau laptop Anda. Ada banyak software RTMP server yang tersedia online, seperti Flash Media Server, Wowza, dan juga Red5.

Baca Juga :  CARA INSTAL WINDOWS 10 OFFLINE DAN PENGARUHNYA

3. Buat RTMP Server

Setelah berhasil menginstall software broadcasting dan RTMP server, langkah selanjutnya adalah membuat RTMP Server. Langkah ini tergantung pada jenis software broadcasting dan RTMP server yang Anda gunakan. Di sini, kita akan mencoba menjelaskan bagaimana membuat RTMP Server menggunakan Flash Media Server.

a. Buka Terminal di Windows

Pertama-tama, buka terminal di windows dengan menekan tombol “Windows + R” dan ketik ”CMD”.

b. Install Flash Media Server

Anda bisa mengunduh Flash Media Server dari website Adobe. Setelah itu, install software tersebut dan simpan data instalasi di dalam folder khusus.

c. Buka File Konfigurasi

Buka file konfigurasi Flash Media Server yang telah terinstall di dalam folder tempat data instalasi disimpan, lalu untuk mengkonfigurasinya, cari file ‘server.xml’ untuk menambahkan konfigurasi server.

d. Tambahkan Konfigurasi

Tambahkan konfigurasi server dengan memasukkan pengaturan yang diharapkan, seperti port yang akan digunakan, batas bitrate, dan masa kadaluarsa buffer.

Keuntungan dan Kerugian Cara Membuat RTMP Server Sendiri

Dalam cara ini, keuntungan besar adalah kontrol dan fleksibilitas yang dimiliki untuk mengatur dan menyalurkan video streaming. Selain itu, Anda juga bisa merancang tampilan sesuai dengan keinginan sendiri dan menyesuaikan dengan keperluan Anda. Kekurangan cara ini adalah proses yang jauh lebih rumit dari cara setting RTMP server dengan software yang tersedia, serta risiko keamanan yang harus ditanggung jika server tidak terdeteksi dengan baik.

FAQ

Pertanyaan 1: Apakah RTMP server hanya bisa diakses oleh satu klien saja?

Jawaban: Tidak. Dalam banyak kasus, RTMP server bisa diakses oleh banyak orang. Anda bisa menggunakan beberapa server untuk mengembangkan jaringan pemrosesan dan penyimpanan data.

Pertanyaan 2: Di mana saya bisa menemukan video tutorial tentang cara membuat RTMP Server?

Jawaban: Anda bisa menemukan berbagai macam video tutorial di platform Youtube. Salah satu video tutorial yang bisa Anda lihat adalah tutorial dari kejohanan pertarungan cross-platform Heartstone, pada link https://www.youtube.com/watch?v=QjSrK4BubXI.

Video Tutorial Cara Setup RTMP Server

Berikut adalah video tutorial tentang Cara Setup RTMP Server dengan menggunakan software Broadcasting daripada Wirecast.