Cara Membuat Row di Excel dengan Mudah
Tidak bisa dipungkiri, Excel adalah program microsoft office yang memiliki banyak fitur dan manfaat bagi penggunanya. Salah satunya adalah membuat tabel atau database agar data terlihat lebih rapi dan mudah dibaca. Artikel ini akan membahas tentang cara membuat row di excel dengan mudah.
Cara Membuat Row di Excel
Membuat row di excel sangat mudah dan bisa dilakukan hanya dengan beberapa langkah saja. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk membuat row di excel:
- Langkah pertama adalah membuka program microsoft excel. Setelah itu, pilihlah sheet atau lembar kerja yang ingin digunakan untuk membuat row.
- Setelah itu, pilihlah baris atau row yang ingin diisi dengan data. Pilihlah baris tersebut dengan mengklik koordinat yang tertera pada sisi kiri atau kanan lembar kerja. Kemudian klik kanan dan pilihlah “Insert”.
- Setelah memilih “Insert”, terdapat opsi beberapa row atau kolom yang dapat ditambahkan. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan dan klik “OK”.
- Row baru telah berhasil dibuat. Sebagai langkah akhir, kemudian masukkan data pada row tersebut.
Dengan mengetahui cara membuat row di excel, tentunya akan memudahkan pekerjaan dan mempercepat proses pengisian data.
Cara Membuat Row Ke 2 pada Excel Padat Dilihat
Selain membuat row di excel secara umum, terdapat juga cara membuat row dengan padat dilihat untuk mengurangi tampilan yang terlalu banyak. Berikut adalah cara membuat row ke 2 pada excel padat dilihat:
- Langkah pertama sama seperti cara sebelumnya, yakni membuka program microsoft excel dan memilih sheet yang ingin digunakan.
- Setelah itu, pilih dua baris yang ingin dijadikan satu. Misalnya baris 1 dan 2. Kemudian klik kanan dan pilih merge cells.
- Setelah menggabungkan baris 1 dan 2, langkah selanjutnya adalah membuat baris baru padat dilihat. Pilihlah gabungan baris 1 dan 2 tadi kemudian klik kanan dan pilih “Insert”.
- Akan muncul opsi untuk menambahkan satu or baris dari hasil merge sebelumnya. Pilih opsi tersebut dan klik “OK”.
- Baris baru dengan format padat dilihat sudah berhasil dibuat. Selanjutnya, masukkan data pada baris tersebut.
Dengan cara diatas, membuat tabel di excel bisa lebih mudah, rapi, dan efektif. Selain itu, membuat tabel dengan format padat dilihat dapat meminimalisir tampilan yang terlalu banyak dan menghemat waktu dalam pengolahan data.
Cara Membuat Tabel Bisa Tetap Muncul Ketika Di Scroll Excel
Selain membuat row di excel, terdapat juga cara membuat tabel agar tetap muncul ketika dilakukan scroll di excel. Berikut adalah cara membuat tabel bisa tetap muncul ketika di scroll excel:
- Langkah pertama sama seperti cara sebelumnya, yakni membuka program microsoft excel dan memilih sheet yang ingin digunakan.
- Setelah itu, klik pada tab “View” dan pilih “Freeze Panes”.
- Terdapat opsi beberapa pilihan “Freeze Panes”, ada yang membekukan row di atas, kolom sebelah kiri, atau untuk membekukan sel aktif. Untuk membuat tabel bisa tetap muncul ketika di scroll, pilihlah opsi “Freeze Top Row”.
- Dengan cara diatas, tabel akan tetap muncul pada bagian atas ketika dilakukan scroll kebawah. Sehingga pengolahan kaan lebih mudah dan rapi.
Cara Membuat Row Beda Warna di Excel
Untuk mempercantik tampilan tabel di excel, terdapat juga cara membuat row beda warna di excel. Cara ini berguna agar memudahkan mata dalam membaca dan mengolah data. Berikut adalah cara membuat row beda warna di excel:
- Langkah pertama sama seperti cara sebelumnya, yakni membuka program microsoft excel dan memilih sheet yang ingin digunakan.
- Pilihlah baris pertama atau baris awal yang akan diberi warna. Kemudian klik pada “Home” dan pilihlah “Conditional Formatting”.
- Pilihlah “New Rule” kemudian pilihlah “Use a formula to determine which cells to format”.
- Isikan rumusnya dengan “=MOD(ROW(),2)=0”, artinya setiap baris genap akan diberi warna. Kemudian, pilih warna yang diinginkan untuk baris tersebut di bagian “Format”. Kemudian klik “OK”.
- Bedakan warna setiap barisnya dengan cara yang sama.
Dengan mengetahui cara membuat row beda warna di excel, tampilan tabel akan lebih menarik dan memudahkan pengolahan data. Selain itu, dapat meminimalisir kebiasaan monoton sebagai seorang pengguna excel.
FAQ
1. Apakah Excel hanya bisa digunakan untuk pembuatan tabel atau database?
Excel tidak hanya digunakan untuk membuat tabel atau database saja tetapi dapat digunakan untuk jenis kalkulasi angka, grafik, fungsi matematika terintegrasi, analisis, dan sebagainya. Dengan demikian, Excel memiliki banyak manfaat dan menjadi program microsoft office yang penting bagi pengguna.
2. Apakah Excel memiliki fitur untuk menggabungkan beberapa tabel menjadi satu tabel besar?
Ya, Excel memiliki fitur untuk menggabungkan beberapa tabel menjadi satu tabel besar. Fitur tersebut dinamakan VLOOKUP dan INDEX MATCH dalam formula excel. Caranya dengan menambahkan fungsi untuk mencari nilai yang dicari di tabel tertentu, kemudian tampilkan hasil dari tabel lain pada kolom yang diinginkan.
Video Tutorial Cara Membuat Row di Excel
Berikut adalah video tutorial cara membuat row di excel yang dapat dengan mudah dipahami:
Itulah beberapa cara membuat row di excel serta beberapa fitur lainnya yang dapat mempermudah pengolahan data. Selamat mencoba!