Cara Membuat Row Dan Column Excel Tidak Bergaris

Belajar Microsoft Excel bisa jadi sulit untuk beberapa orang. Padahal, aplikasi spreadsheet ini dipakai di banyak instansi dan perusahaan untuk membantu kegiatan sehari-hari mereka. Salah satu cara termudah untuk belajar Microsoft Excel adalah dengan cara mempelajari cara membuat grafik. Simak cara mudah membuat grafik di Microsoft Excel berikut!

Cara Membuat Grafik di Microsoft Excel

Cara Membuat Row Dan Column Excel Tidak Bergaris

1. Siapkan data yang akan dipresentasikan dalam bentuk grafik di Excel. Pastikan data sudah diurutkan dengan benar dan tidak ada data yang hilang atau salah.

2. Pilih jenis grafik yang akan dibuat. Di Microsoft Excel, ada banyak jenis grafik seperti grafik garis, grafik batang, grafik pie, dan lain-lain. Pilih jenis grafik yang paling cocok untuk mempresentasikan data Anda.

3. Pilih data yang ingin ditampilkan dalam grafik. Buat seleksi di seluruh data yang ingin ditampilkan dalam grafik dan klik “Insert” pada menu bar di bagian atas. Klik “Insert” di bagian “Charts”.

4. Pilih jenis grafik yang ingin dibuat. Pada menu “Charts”, pilih jenis grafik yang diinginkan. Jika Anda tidak yakin dengan jenis grafik yang ingin dibuat, gunakan tombol “Recommended Charts” untuk menampilkan grafik yang direkomendasikan.

5. Muat data yang ingin ditampilkan dalam grafik. Setelah Anda memilih jenis grafik dan menemukan grafik yang cocok untuk data Anda, klik pada grafik tersebut untuk memuat data.

Baca Juga :  Cara Membuat Grafik Excel Satu Persatu

6. Edit dan kustomisasi grafik. Setelah grafik dimuat, gunakan “Chart Elements” atau “Chart Styles” untuk menyesuaikan grafik sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada banyak fitur kustomisasi seperti mengubah warna, font, dan ukuran dari grafik.

7. Simpan dan sebar grafik. Jika grafik sudah selesai, klik tombol “Save” atau “Save As” untuk menyimpan grafik dan membagikannya dengan teman dan rekan kerja Anda.

Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel

Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel

Jika Anda ingin mempresentasikan data dalam bentuk tabel, Microsoft Excel memiliki fitur untuk membuat tabel secara intuitif dan mudah. Berikut adalah cara membuat tabel di Microsoft Excel.

1. Siapkan data yang ingin diatur dalam bentuk tabel di Excel. Pastikan data sudah diurutkan dengan benar dan tidak ada data yang hilang atau salah.

2. Seleksi seluruh data yang ingin dimasukkan ke dalam tabel. Klik “Insert” pada menu bar di bagian atas dan pilih “Table” pada bagian “Tables”.

3. Pilih jenis table yang ingin digunakan. Microsoft Excel menawarkan banyak jenis table default seperti table bergaris, table berada pada jumlah ganjil dan genap, table dengan total khusus, dan lain-lain. Pilih jenis table yang paling sesuai untuk data Anda.

4. Muat data ke dalam table. Setelah memilih jenis tabel, data akan dimuat ke dalam table secara otomatis. Jika diperlukan, Anda dapat mengedit data secara langsung di dalam tabel.

5. Edit dan kustomisasi table. Setelah tabel dimuat, gunakan “Table Tools” untuk mengedit dan mengkustomisasi tabel sesuai dengan kebutuhan Anda. Seperti pengaturan warna tabel, editing style, merubah header, dan lain-lain.

6. Simpan dan sebar tabel. Jika tabel sudah selesai, klik tombol “Save” atau “Save As” untuk menyimpan tabel dan membagikannya dengan teman dan rekan kerja Anda.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT GARIS HITAM DI EXCEL

Rumus Excel Menulis Terbilang

Rumus Excel Menulis Terbilang

Rumus Excel menulis terbilang akan sangat membantu bagi pengguna Microsoft Excel yang membutuhkan nilai terbilang angka untuk dokumen dan laporan keuangan. Dalam artikel ini, Anda akan belajar bagaimana cara menuliskan nilai angka menjadi terbilang dengan menggunakan rumus atau formula di Microsoft Excel.

1. Buka file Microsoft Excel di mana Anda ingin mengaplikasikan rumus menulis terbilang.

2. Pilih sel baru di mana Anda ingin menampilkan hasil terbilang dari angka yang akan di-inputkan.

3. Ketikkan rumus atau formula berikut ini di baris “Formula”:

=PROPER(TEXT(1234.56,"[dbnum1]\u0e32.??:???:???.??"))

4. Setelah menuliskan rumus atau formula di baris “Formula”, tekan “Enter” untuk menampilkan hasilnya. Terbilang dari angka yang di-inputkan akan muncul di dalam sel yang telah Anda pilih.

Pengertian Perbedaan Row Column, Fungsi, dan Posisinya di Excel

Pengertian Perbedaan Row Column

Pengertian perbedaan row column, fungsi, dan posisinya di Excel mungkin masih sulit untuk dipahami oleh sebagian pengguna, terlebih lagi bagi mereka yang baru memulai belajar Microsoft Excel. Maka dari itu, dalam artikel ini kita akan membahasnya secara singkat.

1. Perbedaan Row dan Column

Row adalah sebuah baris dalam tabel atau worksheet, sedangkan Column adalah sebuah kolom. Jadi, Row merupakan setiap baris horizontal pada worksheet dan Column merupakan setiap kolom vertical pada worksheet. Keduanya sangat penting dalam membuat tabel, karena titik pertemuan dari Row dan Column adalah cell.

2. Fungsi pada Excel

Fungsi pada Microsoft Excel adalah alat yang sangat berguna dan mudah digunakan untuk merubah, memfilter, dan mencari data di dalam file Microsoft Excel. Beberapa contoh fungsi di antaranya VLOOKUP, SUM, IF, dan lain-lain. Fungsi sangat berperan dalam pembuatan laporan keuangan atau analisa data di Excel.

Baca Juga :  Cara Membuat Raport Tk Di Excel

3. Posisi dalam Excel

Posisi pada Excel merupakan cara untuk mengatur letak data atau gambar di dalam file Excel. Artinya, dimana tepatnya data atau gambar tersebut akan ditampilkan. Posisi tertentu sangat penting untuk memudahkan kita dalam mengolah data atau gambar di Microsoft Excel.

FAQ Excel

Apa kegunaan Microsoft Excel dalam kehidupan sehari-hari?

Microsoft Excel dapat membantu kita dalam berbagai hal, seperti membuat laporan keuangan, membuat perencanaan anggaran, merencanakan investasi, melacak pembelian dan penjualan, serta membuat grafik dan tabel untuk mempresentasikan data.

Bagaimana cara membuat grafik garis di Microsoft Excel?

1. Siapkan data yang ingin ditampilkan dalam bentuk grafik garis.

2. Pilih “Insert” pada menu bar di bagian atas.

3. Klik “Line Chart” dan pilih jenis grafik garis yang paling cocok untuk data Anda.

4. Pilih data yang akan ditampilkan dalam grafik.

5. Muat data ke dalam grafik dengan mengeklik grafik yang diinginkan.

6. Edit dan kustomisasi grafik dengan banyak fitur kustomisasi seperti mengubah warna, font, dan ukuran dari grafik.

7. Simpan dan sebar grafik dengan klik tombol “Save” atau “Save As” untuk menyimpan grafik dan membagikannya dengan orang lain.

Video Tutorial Cara Membuat Grafik di Microsoft Excel