Cara Membuat Rka Dengan Excel

Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat RKA (Rencana Kerja Anggaran) dengan menggunakan Excel. RKA merupakan dokumen yang berisi rencana kerja dan pengeluaran keuangan yang akan dilakukan oleh sebuah lembaga atau perusahaan dalam waktu tertentu. Penyusunan RKA dapat membantu lembaga atau perusahaan dalam mengelola keuangan dengan lebih baik dan efektif.

Sebelum memulai pembahasan mengenai cara membuat RKA dengan Excel, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu Excel. Excel adalah program spreadsheet yang digunakan untuk membuat, mengelola, dan menyimpan data dalam bentuk tabel. Dalam penggunaannya, Excel dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan, mulai dari penghitungan data hingga penyusunan laporan keuangan.

Bagi Anda yang ingin membuat RKA dengan menggunakan Excel, berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Membuat Tabel RKA

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat tabel RKA yang akan digunakan dalam pengelolaan keuangan. Tabel RKA terdiri dari beberapa kolom, antara lain:

– Kegiatan: merupakan nama kegiatan atau program yang akan dilakukan oleh perusahaan atau lembaga.
– Sumber Pendanaan: merupakan sumber pendanaan yang akan digunakan untuk kegiatan atau program tersebut. Sumber pendanaan dapat berasal dari pemerintah, swasta, atau donatur.
– Anggaran: merupakan anggaran dana yang dibutuhkan untuk pelaksanaan kegiatan atau program tersebut.
– Realisasi: merupakan jumlah dana yang telah digunakan untuk pelaksanaan kegiatan atau program tersebut.
– Sisa Dana: merupakan selisih antara anggaran dan realisasi dana yang belum digunakan.

Setelah membuat tabel RKA, Anda dapat memasukkan data kegiatan atau program yang akan dilakukan, sumber pendanaan, anggaran, dan realisasi.

2. Menggunakan Formula Excel

Excel memiliki banyak formula yang dapat digunakan untuk menghitung dan memperkirakan anggaran yang dibutuhkan. Beberapa formula yang sering digunakan dalam penyusunan RKA antara lain:

– Sum: digunakan untuk menjumlahkan seluruh angka dalam kolom atau baris tertentu. Contohnya, jika kita ingin menjumlahkan seluruh angka yang terdapat pada kolom anggaran RKA, kita dapat menggunakan formula =Sum(A2:A10), dimana A2 merupakan sel pertama dan A10 merupakan sel terakhir yang ingin dijumlahkan.
– Average: digunakan untuk menghitung rata-rata dari seluruh angka dalam kolom atau baris tertentu. Contohnya, jika kita ingin menghitung rata-rata angka yang terdapat pada kolom anggaran RKA, kita dapat menggunakan formula =Average(A2:A10).
– If: digunakan untuk mengubah nilai dalam sel tertentu berdasarkan kondisi tertentu. Contohnya, jika kita ingin menandai kegiatan yang telah selesai dan yang belum selesai, kita dapat menggunakan formula =If(D2=E2,”Selesai”,”Belum Selesai”), dimana D2 merupakan sel realisasi dan E2 merupakan sel anggaran.

3. Menentukan Prioritas Kegiatan

Setelah tabel RKA telah terisi dengan data kegiatan atau program yang akan dilakukan, sumber pendanaan, anggaran, dan realisasi, langkah selanjutnya adalah menentukan prioritas kegiatan atau program yang akan dilakukan. Prioritas kegiatan atau program dapat ditentukan berdasarkan beberapa faktor, seperti urgensi, manfaat, dan kebutuhan.

4. Melakukan Monitoring dan Evaluasi

Setelah kegiatan atau program dilakukan, perlu dilakukan monitoring dan evaluasi untuk mengetahui sejauh mana kegiatan atau program telah dilaksanakan sesuai dengan RKA yang telah disusun. Hal ini dapat membantu perusahaan atau lembaga dalam mengevaluasi kinerja dan mengambil tindakan yang tepat jika terjadi permasalahan dalam pengelolaan keuangan.

Sebagai tambahan, berikut adalah FAQ seputar pembuatan RKA dengan Excel:

1. Apakah kita dapat menggunakan Excel dalam penyusunan RKA untuk lembaga atau perusahaan yang besar?
Ya, Excel dapat digunakan untuk menyusun RKA dalam skala kecil hingga besar. Namun, apabila perusahaan atau lembaga memiliki jumlah kegiatan yang sangat banyak, maka disarankan untuk menggunakan program yang lebih canggih dan terintegrasi.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT BARCODE DI EXCEL 2010

2. Apakah ada alternatif program selain Excel yang dapat digunakan dalam penyusunan RKA?
Ada beberapa program lain yang dapat digunakan dalam penyusunan RKA, seperti Google Sheets, Zoho Spreadsheet, dan LibreOffice Calc. Namun, meski program-program tersebut memiliki fungsi yang hampir sama dengan Excel, banyak orang lebih memilih menggunakan Excel karena lebih familiar dan mudah digunakan.

Selain FAQ, Anda juga dapat melihat video tutorial mengenai cara membuat RKA dengan Excel di channel Youtube berikut:

Video tutorial tersebut akan memberikan penjelasan mengenai langkah-langkah penyusunan RKA yang dapat dilakukan dengan menggunakan Excel.