Cara Membuat Rekonsiliasi Bank Di Excel

Rekonsiliasi adalah salah satu langkah penting dalam pengelolaan keuangan yang dilakukan oleh perusahaan maupun individu. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa buku-buku keuangan yang dimiliki oleh perusahaan atau individu sama dengan transaksi yang terjadi pada bank. Dalam melakukan rekonsiliasi bank, kita akan membandingkan dan mencocokan saldo awal bank dengan saldo awal pada buku-buku keuangan kita, serta melakukan pencocokan terhadap setiap transaksi yang terjadi pada bank dan pada buku-buku keuangan kita. Berikut adalah beberapa contoh laporan rekonsiliasi bank yang mungkin bisa menjadi referensi:

Contoh Laporan Rekonsiliasi Bank

Cara Membuat Rekonsiliasi Bank Di Excel

Sumber: Info Investasi Emas

Contoh laporan rekonsiliasi bank yang pertama ini adalah diperuntukkan bagi perusahaan kecil yang memiliki jumlah transaksi yang tidak terlalu banyak. Laporan ini dibuat dalam format tabel pada Microsoft Excel yang sederhana. Laporan ini memuat informasi tentang saldo awal pada buku bank, saldo awal pada buku keuangan perusahaan, serta pencocokan terhadap setiap transaksi yang terjadi pada bank dan pada buku keuangan. Dalam contoh laporan ini, terlihat bahwa perusahaan memiliki selisih sebesar Rp 2.000,- antara saldo akhir pada buku bank dengan saldo akhir pada buku keuangan.

cara membuat rekonsiliasi bank

Sumber: Vocca AK

Selanjutnya, jika Anda ingin membuat laporan rekonsiliasi bank sendiri, Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang tertera pada gambar di atas. Gambar tersebut menggambarkan langkah-langkah untuk membuat laporan rekonsiliasi bank menggunakan Microsoft Excel. Langkah-langkah tersebut meliputi menyiapkan data data yang diperlukan, seperti jumlah setoran, jumlah penarikan, bunga, dan biaya bank, serta membandingkan data tersebut dengan informasi yang tertera pada buku keuangan perusahaan.

cara membuat laporan keuangan

Sumber: Narmadi

Selain membuat laporan rekonsiliasi bank, membuat laporan keuangan juga menjadi hal yang penting dalam pengelolaan keuangan. Laporan keuangan dapat memberikan gambaran tentang kondisi keuangan perusahaan, sehingga kita dapat menentukan strategi yang tepat dalam mengelola keuangan perusahaan. Salah satu cara untuk membuat laporan keuangan adalah dengan menggunakan Microsoft Excel. Pada gambar di atas, terdapat cara untuk membuat laporan keuangan dengan Excel yang benar dan efektif.

FAQ

1. Apa yang harus dilakukan jika terdapat perbedaan saldo antara buku keuangan dengan buku bank?

Jika terdapat perbedaan pada saldo antara buku keuangan dengan buku bank, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari tahu penyebab perbedaan tersebut. Beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam mencari penyebab perbedaan tersebut adalah:

  • Apakah ada transaksi di buku bank yang tidak tercatat di buku keuangan?
  • Apakah ada transaksi di buku keuangan yang tidak tercatat di buku bank?
  • Apakah terdapat perbedaan dalam jumlah transaksi yang tercatat?
  • Apakah terdapat kesalahan dalam mencatat transaksi?

Setelah mengetahui penyebab perbedaan tersebut, langkah selanjutnya adalah melakukan pencocokan kembali antara buku keuangan dan buku bank, hingga ditemukan kesalahan dan perbedaan tersebut dapat diatasi.

2. Apakah ada software atau aplikasi yang dapat digunakan untuk melakukan rekonsiliasi bank dengan lebih mudah?

Ya, saat ini sudah ada beberapa software atau aplikasi yang dapat digunakan untuk membantu melakukan rekonsiliasi bank dengan lebih mudah dan efektif. Salah satu software tersebut adalah Xero. Xero merupakan sebuah software akuntansi online yang menyediakan berbagai fitur, termasuk fitur rekonsiliasi bank. Dengan menggunakan Xero, Anda dapat mengimpor data bank Anda langsung ke dalam software ini. Selain itu, Xero juga menyediakan fitur untuk menyelesaikan transaksi yang terjadi pada bank, serta mengklasifikasikan transaksi tersebut sehingga memudahkan Anda dalam mengelola keuangan perusahaan.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT GRAFIK BALOK DI EXCEL

Video

Berikut adalah video tutorial untuk membuat laporan rekonsiliasi bank menggunakan Microsoft Excel:

Dalam video di atas, dijelaskan langkah-langkah untuk membuat laporan rekonsiliasi bank menggunakan Microsoft Excel dengan jelas dan mudah dipahami. Setelah menonton video ini, Anda diharapkan dapat membuat laporan rekonsiliasi bank dengan lebih mudah dan cepat.

Rekonsiliasi bank memang merupakan hal yang penting dalam pengelolaan keuangan perusahaan atau individu. Dengan melakukan rekonsiliasi bank secara rutin dan teliti, kita dapat memastikan bahwa keuangan perusahaan atau individu kita terkelola dengan baik dan efektif. Selain itu, dengan menggunakan software atau aplikasi yang tepat, kita dapat melakukan rekonsiliasi bank dengan lebih mudah dan efektif. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dalam mengelola keuangan perusahaan atau individu Anda.