Cara Membuat Rekapitulasi Absensi Excel

Selamat datang di artikel Pilar kami! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat absensi menggunakan Excel.

Download Format Absensi Guru Manual

Cara Membuat Rekapitulasi Absensi Excel

Jika Anda seorang guru, Anda pasti telah berhadapan dengan masalah absensi. Mengeluarkan absensi manual memerlukan waktu dan usaha, tapi sebenarnya ada cara yang lebih mudah. Anda dapat mendownload Format Absensi Guru Manual yang telah tersedia secara gratis di internet.

Langkah-langkahnya mudah:

  1. Buka browser internet Anda dan cari “Format Absensi Guru Manual.”
  2. Temukan situs yang sesuai dan unduh format absensi ke komputer Anda.
  3. Buka Excel dan klik “Open” pada menu “File.”
  4. Temukan file yang telah Anda unduh dan klik “Open.”
  5. Absensi sudah siap digunakan!

Cara Membuat Tabel Absensi Pada Excel

Tabel Absensi Pada Excel

Bagi yang lebih menyukai membuat absensi sendiri, Anda dapat membuatnya dengan menggunakan Excel. Berikut ini adalah cara membuat tabel absensi:

  1. Buka Excel dan klik “New.”
  2. Pilih “Blank Workbook” dan klik “Create.”
  3. Pada bagian kolom A, masukkan nama siswa.
  4. Pada bagian kolom B, masukkan tanggal absensi.
  5. Pada bagian kolom C, buat drop-down list dengan memilih “Data Validation” pada menu “Data.”
  6. Pilih “List” pada bagian “Allow” dan masukkan daftar opsi ke dalam kotak “Source.”
  7. Pada bagian selain kolom C, masukkan absensi masing-masing orang.
  8. Tabel absensi Anda sudah siap!
Baca Juga :  Cara Membuat Agar Baris Atas Pada Excel Tidak Bergerak

Tutorial Cara menghitung Rekap Absensi Siswa Menggunakan Excel Mudah

Tutorial Rekap Absensi Siswa Menggunakan Excel

Setelah membuat absensi, Anda perlu membuat rekap absensi. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Excel dan masukkan data absensi pada lembar kerja.
  2. Pada sel yang kosong, masukkan rumus “=COUNTIF(Range,”Hadir”)” untuk menghitung absensi siswa yang hadir.
  3. Salin rumus pada sel lain untuk menghitung absensi siswa yang tidak hadir dan izin.
  4. Masukkan rumus “=SUM(Range)” pada sel yang kosong untuk menghitung total kehadiran siswa.
  5. Rekap absensi Anda sudah selesai!

[Terlengkap] Tutorial Membuat Aplikasi Absensi Otomatis di Ms Excel

Aplikasi Absensi Otomatis di Ms Excel

Untuk membuat absensi dan rekap secara otomatis, Anda dapat membuat aplikasi absensi menggunakan Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka Excel dan klik “New.”
  2. Pilih “Blank Workbook” dan klik “Create.”
  3. Buat formulir absensi sesuai keinginan Anda.
  4. Pada bagian formulir, masukkan nama siswa dan tanggal absensi.
  5. Tambahkan tombol “Submit” untuk mengirim data ke lembar kerja.
  6. Salin rumus “IF” dan “SUM” dari tutorial sebelumnya pada lembar kerja.
  7. Data absensi dan rekap akan otomatis terisi ketika tombol “Submit” ditekan.
  8. Aplikasi absensi Anda sudah selesai!

Frequently Asked Questions

1. Apakah format absensi guru manual dapat digunakan untuk semua jenis sekolah?

Ya, format absensi guru manual dapat digunakan untuk semua jenis sekolah.

2. Apakah aplikasi absensi otomatis menggunakan Excel mudah bagi orang yang tidak mahir teknologi?

Ya, aplikasi absensi otomatis menggunakan Excel mudah dilakukan oleh orang yang tidak mahir teknologi. Namun, jika Anda kesulitan, Anda bisa mengikuti tutorial yang telah tersedia di internet atau meminta bantuan dari seseorang yang ahli.

Video Tutorial Membuat Rekap Absensi menggunakan Excel

Demikianlah artikel kami kali ini. Semoga bermanfaat dan membantu Anda dalam membuat absensi menggunakan Excel. Jangan ragu untuk bertanya jika Anda memiliki pertanyaan atau saran.

Baca Juga :  Cara Membuat Data Di Excel