CARA MEMBUAT RATA TENGAH PADA EXCEL

Microsoft Excel dan Microsoft Word memang menjadi dua software yang paling sering digunakan untuk membuat laporan atau dokumen penting. Terutama untuk bagian tabel dan tampilan yang rapi dan menarik bagi pembaca. Namun, tidak semua orang tahu bagaimana cara membuat tampilan tabel dan teks yang rapi dan berkesan. Berikut ini adalah beberapa tips dan trik yang perlu Anda tahu tentang cara membuat tabel dan teks di Microsoft Excel dan Microsoft Word.

Incredible Cara Membuat Tulisan Di Tengah Tabel Excel Ideas

CARA MEMBUAT RATA TENGAH PADA EXCEL

Satu hal yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mengatur teks di dalam tabel agar lebih terstruktur dengan rapi dan mudah dibaca. Salah satu trik yang cukup efektif adalah mengatur teks di tengah-tengah sebuah sel. Adapun caranya sebagai berikut:

  1. Pertama, pilih sel tempat Anda ingin menempatkan teks tengah.
  2. Kemudian, klik kotak Alignment pada tab Home di Excel. Pastikan Align text center dan Center horizontally sudah diklik (seperti pada gambar di bawah ini).

Align Text

Setelah itu, teks Anda akan secara otomatis berada di tengah. Namun, hal ini hanya berlaku untuk teks yang tidak terlalu panjang. Jika Anda memiliki teks yang lebih panjang, Anda masih bisa mengatur teks di tengah dengan cara berikut:

  1. Pilih sel yang diinginkan.
  2. Klik kotak Alignment pada tab Home.
  3. Kemudian, klik pada kotak Wrap Text.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT DOKUMEN BARU PADA MICROSOFT EXCEL

Setelah itu, teks akan terpampang di tengah-tengah sel tersebut.

Cara Membuat Tulisan Rata Tengah Pada Tabel Word

Tabel Word

Bagi Anda yang menggunakan Microsoft Word sebagai software untuk pembuatan dokumen, juga perlu mengetahui tips dan trik cara membuat tulisan rata tengah pada tabel. Agar teks dalam tabel tidak terlalu berjajar ke sisi kiri atau kanan, Anda dapat menggunakan cara berikut:

  1. Pastikan kursor pada tabel.
  2. Klik Layout pada menu Tabel. Dan pilih Alignment Center.

Dengan begitu, teks dalam tabel akan rata tengah dan lebih terstruktur.

Cara Membuat Rata Kiri Kanan Pada Excel

Excel

Tak hanya rata tengah, rata kiri atau kanan pun diperlukan jika Anda ingin membuat tabel lebih terstruktur dan rapi. Berikut adalah cara membuat rata kiri atau kanan pada Microsoft Excel:

  1. Pilih sel yang diinginkan dalam tabel.
  2. Klik kotak Alignment pada tab Home.
  3. Pilih Align Right atau Align Left.

Setelah itu, teks dalam tabel akan rata kiri atau kanan.

Cara Membuat Grafik di Excel

Grafik Excel

Salah satu fitur andalan Microsoft Excel adalah kemampuan membuat grafik yang menarik dan informatif. Ada beberapa jenis grafik yang bisa dihasilkan, seperti Grafik Batang, Grafik Garis, Grafik Area, Grafik Pie, dan masih banyak lagi. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat grafik di Microsoft Excel:

  1. Pilih sel yang ingin dibuat grafik.
  2. Klik Insert pada tab ribbon Excel.
  3. Pilih jenis grafik yang ingin dibuat pada jenis grafik.
  4. Masukkan data yang ingin dijadikan grafik dengan mengisi kolom Axis X dan Axis Y.
  5. Tata grafik Anda dengan menyesuaikan font, ukuran, dan warna.

Anda juga bisa menambahkan judul dan sumbu pada grafik agar lebih informatif dan mudah dipahami oleh pembaca.

Baca Juga :  CARA IMPORT DATA EXCEL KE ETAX RETUR

FAQ

Q: Apa yang dimaksud dengan Microsoft Excel dan Microsoft Word?

A: Microsoft Excel dan Microsoft Word adalah software pengolah angka dan teks yang digunakan untuk membuat laporan atau dokumen penting di komputer. Microsoft Excel fokus pada pembuatan tabel dan grafik, sementara Microsoft Word fokus pada pembuatan dokumen yang lebih berbasis teks.

Q: Apa keuntungan menggunakan Microsoft Excel dan Microsoft Word?

A: Dengan menggunakan Microsoft Excel dan Microsoft Word, Anda dapat membuat dokumen dan tabel yang rapi dan mudah dibaca oleh pembaca. Kedua software ini memiliki fitur-fitur yang lengkap dan mudah digunakan sehingga memudahkan pekerjaan dalam membuat laporan atau dokumen penting.

Video Tutorial Cara Membuat Tabel di Microsoft Excel

Dalam video tersebut, dijelaskan secara detail tentang bagaimana cara membuat tabel di Microsoft Excel. Mulai dari cara membuat tabel baru, mengatur header, menambahkan kolom dan baris, mengisi data pada tabel, hingga membuat grafik pada tabel.

Dengan mengetahui tips dan trik di atas serta mempelajari secara detail dalam video tutorial, Anda akan menjadi lebih mahir dalam menggunakan Microsoft Excel dan Microsoft Word untuk membuat laporan atau dokumen penting. Selamat mencoba!