Cara Membuat Rata-rata Dengan Persentase Dalam Excel

Excel merupakan sebuah pengolah data yang umum digunakan di seluruh dunia. Salah satu fitur yang sering digunakan adalah penghitungan rata-rata. Rata-rata sendiri memiliki banyak jenis, antara lain rata-rata aritmatika, rata-rata geometrik, dan rata-rata harmonik. Namun pada kesempatan ini, kita akan membahas cara menghitung rata-rata dengan menggunakan Microsoft Excel. Berikut akan dijelaskan dua cara menghitung rata-rata di Excel yang simpel dan cepat.

Cara Menghitung Rata-Rata dengan Fungsi AVERAGE

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk menghitung rata-rata di Excel adalah dengan menggunakan fungsi AVERAGE. Fungsi AVERAGE secara otomatis akan menghitung rata-rata dari beberapa bilangan yang dijadikan argumen. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Siapkan data yang ingin dihitung rata-ratanya. Misalnya, kita memiliki data nilai ujian sebagai berikut:
  2. Cara Membuat Rata-rata Dengan Persentase Dalam Excel

    Pada data tersebut, kita ingin menghitung rata-rata nilai ujian semua siswa.

  3. Letakkan kursor di sel kosong yang ingin diisi dengan hasil rata-rata.
  4. Ketikkan fungsi AVERAGE di sel tersebut (dalam contoh ini, di sel D8).
  5. fungsi AVERAGE

    Setelah itu, ketikkan tanda kurung buka dan pilih sel yang berisi data nilai ujian. Dalam contoh ini, sel yang dipilih adalah C2:C7. Kemudian ketikkan tanda kurung tutup dan tekan Enter. Hasil rata-rata akan otomatis muncul di sel D8.

  6. Hasil rata-rata ujian yang didapat adalah 75,5.
  7. Dengan menggunakan fungsi AVERAGE, menghitung rata-rata di Excel menjadi lebih mudah dan cepat. Selain itu, fungsi ini juga dapat digunakan untuk menghitung rata-rata dari beberapa rentang sel atau beberapa lembar kerja.

Cara Menghitung Rata-Rata dengan Fungsi SUM dan COUNT

Cara kedua untuk menghitung rata-rata di Excel adalah dengan menggunakan fungsi SUM dan COUNT. Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan sel-sel yang dipilih, sedangkan fungsi COUNT digunakan untuk menghitung jumlah sel yang dipilih. Dengan menggabungkan kedua fungsi tersebut, kita dapat menghitung rata-rata di Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Siapkan data yang ingin dihitung rata-ratanya.
  2. Letakkan kursor di sel kosong yang ingin diisi dengan hasil rata-ratanya.
  3. Ketikkan fungsi SUM di sel tersebut (dalam contoh ini, di sel D8).
  4. fungsi SUM

    Setelah itu, ketikkan tanda kurung buka dan pilih sel yang berisi data nilai ujian. Dalam contoh ini, sel yang dipilih adalah C2:C7. Kemudian ketikkan tanda kurung tutup dan tekan Enter. Hasil penjumlahan nilai-nilai tersebut akan otomatis muncul di sel D8.

  5. Letakkan kursor di sel kosong yang ingin diisi dengan hasil rata-ratanya.
  6. Ketikkan fungsi COUNT di sel tersebut (dalam contoh ini, di sel E8).
  7. fungsi COUNT

    Setelah itu, ketikkan tanda kurung buka dan pilih sel yang berisi data nilai ujian. Dalam contoh ini, sel yang dipilih adalah C2:C7. Kemudian ketikkan tanda kurung tutup dan tekan Enter. Hasil penghitungan jumlah siswa yang dihitung adalah 6.

  8. Di sel kosong lain, ketikkan fungsi AVERAGE dengan format =SUM(C2:C7)/COUNT(C2:C7).
  9. Contoh:

    rumus AVERAGE

    Dalam rumus tersebut, SUM digunakan untuk menjumlahkan sel-sel yang dipilih (dalam contoh ini, sel C2:C7), sedangkan COUNT digunakan untuk menghitung jumlah sel yang dipilih (dalam contoh ini, sel C2:C7). Dengan menggabungkan kedua fungsi tersebut, kita dapat menghitung rata-rata nilai ujian dengan rumus tersebut.

  10. Hasil rata-rata ujian yang didapat adalah 75,5.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan terkait penghitungan rata-rata di Excel:

Baca Juga :  CARA MEMBUAT DAFTAR PILIHAN OTOMATIS DI EXCEL

1. Apa beda rata-rata aritmatika, geometrik, dan harmonik?

Rata-rata aritmatika adalah rata-rata dari beberapa bilangan atau data yang dihitung dengan cara menjumlahkan seluruh nilai data dan membaginya dengan jumlah data. Rata-rata geometrik adalah akar pangkat n dari hasil kali data atau nilai-nilai yang dihitung, sedangkan rata-rata harmonik adalah kebalikan dari rata-rata dari reciprocals atau hasil bagi dari data atau nilai-nilai yang dihitung.

2. Apakah Excel dapat menghitung rata-rata dari beberapa rentang sel atau beberapa lembar kerja?

Ya, Excel dapat menghitung rata-rata dari beberapa rentang sel atau beberapa lembar kerja dengan menggunakan fungsi AVERAGEIF atau fungsi AVERAGEIFS.

Video Tutorial: Cara Menghitung Rata-Rata di Excel

Berikut adalah video tutorial yang dapat digunakan sebagai panduan untuk menghitung rata-rata di Excel:

Setelah mengetahui cara menghitung rata-rata di Excel, kita dapat menggunakannya pada berbagai hal, seperti menghitung nilai rata-rata rapor siswa atau menghitung rata-rata keuntungan penjualan suatu produk. Dengan Excel, penghitungan menjadi lebih mudah dan cepat. Semoga bermanfaat!