Excel merupakan program aplikasi pengolah data pada Microsoft Office. Excel biasa digunakan untuk membuat perhitungan-perhitungan data atau biasa disebut sebagai spreadsheet. Tak hanya itu, Excel juga dapat digunakan untuk membuat grafik, angka pecahan, dan angka desimal.
Cara Membuat Index 2 Kriteria di Excel
Index pada Excel berfungsi untuk mencari nilai atau data pada range tertentu atau dalam satu kolom tertentu. Pada saat pengguna ingin mencari data atau nilai yang diinginkan, index ini sangat berguna.
Untuk membuat index 2 kriteria di Excel, berikut langkah-langkah yang dapat diikuti:
- Buatlah tabel data pada Excel pada lembar kerja yang tersedia
- Buat juga tabel kriteria sesuai kolom tabel data
- Tentukan range data yang ingin dicari nilai kriterianya
- Tentukan kriteria pertama yang ingin dicari
- Tentukan kriteria kedua yang juga ingin dicari
- Gunakan rumus index untuk mengekstrak nilai dengan mengisi argumen range, kriteria pertama dan kedua
Dibawah ini adalah contoh penggunaan rumus index 2 kriteria pada Excel:
Gambar 1: Hasil pemakaian rumus index 2 kriteria
Cara Membuat Leger Raport Di Excel
Leger raport adalah sebuah dokumen atau tabel yang digunakan untuk menyajikan data hasil penilaian atau raport pada siswa. Dalam dokumen tersebut biasanya tersaji nilai sosial, nilai keterampilan, nilai pengetahuan atau lainnya. Sebuah Leger Raport yang teratur akan memudahkan guru ataupun orang yang terkait dalam menilai informasi siswa.
Berikut langkah-langkah untuk membuat leger raport di Excel:
- Buka program Excel
- Insert tabel data untuk raport
- Sisipkan nama-nama pelajaran
- Tentukan jumlah dan kriteria evaluasi per pelajaran
- Tentukan format untuk jangkauan penilaian, misalnya 0-10, A-B, dsb.
- Hiaslah tabel dengan design/tema yang sesuai dan inputkan nilai sesuai kriteria evaluasi untuk masing-masing siswa.
Dibawah ini contoh Leger Raport yang dibuat menggunakan Excel:
Gambar 2: Contoh Leger Raport
Cara Membuat Aplikasi Raport Dengan Excel 2010
Berikut ini langkah-langkah membuat aplikasi raport menggunakan Excel 2010:
- Buka Microsoft Excel 2010
- Tambahkan Kolom A: Nama Siswa, Kolom B: Kelas, Kolom C: Jurusan, Kolom D: Nilai MAT, Kolom E: Nilai FIS, Kolom F, Nilai BIO.
- Pilih ‘Formulas’ dari menu bar di bagian atas
- Pilih ‘Define Name’
- Beri nama range cell siswa
- Masukkan nilai yang sudah ada ke dalam cell
- Buatlah sebuah score card, pada bagian tengah atas taruh sebuah tombol dan tuliskan ‘Add Student’
- Pada bagian sebelah tombol ‘Add Student’, tambahkan tombol dan tuliskan ‘Generate Report’
- Buatlah sebuah popup form dari tombol ‘Add Student’
- Buka ‘Developer’ menu (pada excel sheet view)
- Pilih ‘Insert’
- Pilih ‘Button’ pada Form Control
- Tambahkan tombol pada form popup, kemudian beri nama tombol ‘Save’
- Pilih tombol ‘Save’, untuk menyimpan record baru yang telah kami input
- Gunakan fungsi ‘INDEX’ dan ‘MATCH’ untuk mengambil nilai-nilai yang ingin ditampilkan
- Buatlah bagian Average Score menggunakan rumus ‘AVERAGE’
Berikut adalah contoh aplikasi raport yang dibuat menggunakan Excel 2010:
Gambar 3: Contoh aplikasi raport yang dibuat menggunakan Excel 2010
Cara Membuat Raport dengan Excel
Raport adalah laporan yang berisi tentang penilaian yang setiap individu terhadap siswa. Berikut ini cara membuat raport dengan menggunakan Microsoft Excel:
- Pilihlah Bahasa Inggris pada menu ‘Review’
- Masukkan data dan berikan format untuk tampilannya
- Tentukan kriteria penilaian, misalnya 0-100, A, The Best, Terbaik
- Hitung nilai dari kriteria penilaian yang telah ditentukan
- Ubah tampilan Microsoft Excel menjadi tampilan yang lebih menarik, seperti dengan menambahkan border
- Simpan hasilnya sebagai file Excel dengan nama yang sesuai
Berikut adalah contoh pembuatan raport dengan menggunakan Microsoft Excel:
Gambar 4: Contoh Pembuatan Laporan Raport
Cara Membuat Aplikasi Nilai Raport Smp Di Excel
Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat Aplikasi Nilai Raport SMP di Excel:
- Siapkan data nila siswa
- Siapkan formulir aplikasi nilai raport SMP
- Pilih form object dari tool box
- Sisipkan Command Button
- Pilih cell pada sheet yang akan dikenai perhitungan nilai siswa. Misalnya pilih cell C2 untuk kolom Nama.
- Pilih form object dari tool box
- Sisipkan Text Box untuk menampung input Nama
- Pilih form object dari tool box
- Sisipkan Text Box untuk menampung input Nilai UTS
- Pilih form object dari tool box
- Sisipkan Text Box untuk menampung input Nilai UAS
- Pilih form object dari tool box
- Sisipkan Text Box untuk menampung input Nilai Tugas
- Pilih form object dari tool box
- Sisipkan Text Box untuk menampung input Nilai Absen
- Pilih form object dari tool box
- Sisipkan Command Button untuk Input Nilai
- Pilih form object dari tool box
- Sisipkan Command Button untuk Tampilkan Nilai Raport
- Setting nama input text box dan nama command button
- Setting Caption Button
- Tentukan range sel untuk menghitung total nilai
- Hitung Total Nilai
Berikut contoh pembuatan aplikasi nilai raport SMP di Excel:
Gambar 5: Contoh Pembuatan Aplikasi Nilai Raport SMP di Excel
FAQ
Pertanyaan 1: Apakah Excel dapat digunakan untuk mengolah data dengan jumlah besar?
Jawaban 1: Ya, Excel dapat digunakan untuk mengolah data dalam jumlah besar. Namun, untuk data dalam jumlah yang sangat besar, dapat memerlukan waktu yang lebih lama saat proses pengolahan.
Pertanyaan 2: Apakah Excel hanya digunakan untuk perhitungan atau pengolahan data saja?
Jawaban 2: Tidak. Excel tidak hanya bisa digunakan untuk perhitungan atau pengolahan data saja, tapi juga dapat digunakan untuk menghasilkan laporan grafik, membuat kalender, dan bahkan terintegrasi dengan aplikasi atau platform lainnya seperti Outlook, Access, atau SharePoint. Selain itu, Excel juga dapat dimodifikasi dengan adanya beberapa add-ins atau plugin, yang memungkinkan pengguna mengembangkan Excel sesuai dengan kebutuhan masing-masing.
Conclusion
Dalam mengolah data, Excel menjadi salah satu program yang paling populer. Dalam postingan ini, telah dibahas beberapa cara untuk membuat index 2 kriteria, leger raport, aplikasi raport, raport, dan aplikasi nilai raport SMP di Excel. Selain itu, juga diberikan dua pertanyaan dan jawaban pada FAQ. Hal ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca.