Cara Membuat Raport Di Microsoft Excel

Excel merupakan program aplikasi pengolah data pada Microsoft Office. Excel biasa digunakan untuk membuat perhitungan-perhitungan data atau biasa disebut sebagai spreadsheet. Tak hanya itu, Excel juga dapat digunakan untuk membuat grafik, angka pecahan, dan angka desimal.

Cara Membuat Index 2 Kriteria di Excel

Index pada Excel berfungsi untuk mencari nilai atau data pada range tertentu atau dalam satu kolom tertentu. Pada saat pengguna ingin mencari data atau nilai yang diinginkan, index ini sangat berguna.

Untuk membuat index 2 kriteria di Excel, berikut langkah-langkah yang dapat diikuti:

  1. Buatlah tabel data pada Excel pada lembar kerja yang tersedia
  2. Buat juga tabel kriteria sesuai kolom tabel data
  3. Tentukan range data yang ingin dicari nilai kriterianya
  4. Tentukan kriteria pertama yang ingin dicari
  5. Tentukan kriteria kedua yang juga ingin dicari
  6. Gunakan rumus index untuk mengekstrak nilai dengan mengisi argumen range, kriteria pertama dan kedua

Dibawah ini adalah contoh penggunaan rumus index 2 kriteria pada Excel:

Gambar 1: Hasil pemakaian rumus index 2 kriteria

Cara Membuat Raport Di Microsoft Excel

Cara Membuat Leger Raport Di Excel

Leger raport adalah sebuah dokumen atau tabel yang digunakan untuk menyajikan data hasil penilaian atau raport pada siswa. Dalam dokumen tersebut biasanya tersaji nilai sosial, nilai keterampilan, nilai pengetahuan atau lainnya. Sebuah Leger Raport yang teratur akan memudahkan guru ataupun orang yang terkait dalam menilai informasi siswa.

Baca Juga :  Bagaimana Cara Mengubah File Excel Ke Pdf

Berikut langkah-langkah untuk membuat leger raport di Excel:

  1. Buka program Excel
  2. Insert tabel data untuk raport
  3. Sisipkan nama-nama pelajaran
  4. Tentukan jumlah dan kriteria evaluasi per pelajaran
  5. Tentukan format untuk jangkauan penilaian, misalnya 0-10, A-B, dsb.
  6. Hiaslah tabel dengan design/tema yang sesuai dan inputkan nilai sesuai kriteria evaluasi untuk masing-masing siswa.

Dibawah ini contoh Leger Raport yang dibuat menggunakan Excel:

Gambar 2: Contoh Leger Raport

Contoh Leger Raport

Cara Membuat Aplikasi Raport Dengan Excel 2010

Berikut ini langkah-langkah membuat aplikasi raport menggunakan Excel 2010:

  1. Buka Microsoft Excel 2010
  2. Tambahkan Kolom A: Nama Siswa, Kolom B: Kelas, Kolom C: Jurusan, Kolom D: Nilai MAT, Kolom E: Nilai FIS, Kolom F, Nilai BIO.
  3. Pilih ‘Formulas’ dari menu bar di bagian atas
  4. Pilih ‘Define Name’
  5. Beri nama range cell siswa
  6. Masukkan nilai yang sudah ada ke dalam cell
  7. Buatlah sebuah score card, pada bagian tengah atas taruh sebuah tombol dan tuliskan ‘Add Student’
  8. Pada bagian sebelah tombol ‘Add Student’, tambahkan tombol dan tuliskan ‘Generate Report’
  9. Buatlah sebuah popup form dari tombol ‘Add Student’
  10. Buka ‘Developer’ menu (pada excel sheet view)
  11. Pilih ‘Insert’
  12. Pilih ‘Button’ pada Form Control
  13. Tambahkan tombol pada form popup, kemudian beri nama tombol ‘Save’
  14. Pilih tombol ‘Save’, untuk menyimpan record baru yang telah kami input
  15. Gunakan fungsi ‘INDEX’ dan ‘MATCH’ untuk mengambil nilai-nilai yang ingin ditampilkan
  16. Buatlah bagian Average Score menggunakan rumus ‘AVERAGE’

Berikut adalah contoh aplikasi raport yang dibuat menggunakan Excel 2010:

Gambar 3: Contoh aplikasi raport yang dibuat menggunakan Excel 2010

Contoh aplikasi raport yang dibuat menggunakan Excel 2010

Cara Membuat Raport dengan Excel

Raport adalah laporan yang berisi tentang penilaian yang setiap individu terhadap siswa. Berikut ini cara membuat raport dengan menggunakan Microsoft Excel:

  1. Pilihlah Bahasa Inggris pada menu ‘Review’
  2. Masukkan data dan berikan format untuk tampilannya
  3. Tentukan kriteria penilaian, misalnya 0-100, A, The Best, Terbaik
  4. Hitung nilai dari kriteria penilaian yang telah ditentukan
  5. Ubah tampilan Microsoft Excel menjadi tampilan yang lebih menarik, seperti dengan menambahkan border
  6. Simpan hasilnya sebagai file Excel dengan nama yang sesuai
Baca Juga :  CARA MEMBUAT GARIS BARU DI EXCEL

Berikut adalah contoh pembuatan raport dengan menggunakan Microsoft Excel:

Gambar 4: Contoh Pembuatan Laporan Raport

Contoh pembuatan laporan raport

Cara Membuat Aplikasi Nilai Raport Smp Di Excel

Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat Aplikasi Nilai Raport SMP di Excel:

  1. Siapkan data nila siswa
  2. Siapkan formulir aplikasi nilai raport SMP
  3. Pilih form object dari tool box
  4. Sisipkan Command Button
  5. Pilih cell pada sheet yang akan dikenai perhitungan nilai siswa. Misalnya pilih cell C2 untuk kolom Nama.
  6. Pilih form object dari tool box
  7. Sisipkan Text Box untuk menampung input Nama
  8. Pilih form object dari tool box
  9. Sisipkan Text Box untuk menampung input Nilai UTS
  10. Pilih form object dari tool box
  11. Sisipkan Text Box untuk menampung input Nilai UAS
  12. Pilih form object dari tool box
  13. Sisipkan Text Box untuk menampung input Nilai Tugas
  14. Pilih form object dari tool box
  15. Sisipkan Text Box untuk menampung input Nilai Absen
  16. Pilih form object dari tool box
  17. Sisipkan Command Button untuk Input Nilai
  18. Pilih form object dari tool box
  19. Sisipkan Command Button untuk Tampilkan Nilai Raport
  20. Setting nama input text box dan nama command button
  21. Setting Caption Button
  22. Tentukan range sel untuk menghitung total nilai
  23. Hitung Total Nilai

Berikut contoh pembuatan aplikasi nilai raport SMP di Excel:

Gambar 5: Contoh Pembuatan Aplikasi Nilai Raport SMP di Excel

Contoh pembuatan aplikasi nilai raport SMP di Excel

FAQ

Pertanyaan 1: Apakah Excel dapat digunakan untuk mengolah data dengan jumlah besar?

Jawaban 1: Ya, Excel dapat digunakan untuk mengolah data dalam jumlah besar. Namun, untuk data dalam jumlah yang sangat besar, dapat memerlukan waktu yang lebih lama saat proses pengolahan.

Pertanyaan 2: Apakah Excel hanya digunakan untuk perhitungan atau pengolahan data saja?

Jawaban 2: Tidak. Excel tidak hanya bisa digunakan untuk perhitungan atau pengolahan data saja, tapi juga dapat digunakan untuk menghasilkan laporan grafik, membuat kalender, dan bahkan terintegrasi dengan aplikasi atau platform lainnya seperti Outlook, Access, atau SharePoint. Selain itu, Excel juga dapat dimodifikasi dengan adanya beberapa add-ins atau plugin, yang memungkinkan pengguna mengembangkan Excel sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT RUMUS EXCEL WAKTU

Conclusion

Dalam mengolah data, Excel menjadi salah satu program yang paling populer. Dalam postingan ini, telah dibahas beberapa cara untuk membuat index 2 kriteria, leger raport, aplikasi raport, raport, dan aplikasi nilai raport SMP di Excel. Selain itu, juga diberikan dua pertanyaan dan jawaban pada FAQ. Hal ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang bermanfaat bagi pembaca.