Cara Membuat Ranking Di Excel Sangat Mudah Dengan Contoh

Excel memang terkenal sebagai salah satu program pengolah data yang paling populer di dunia. Salah satu alasan kepopulerannya karena kemampuannya yang begitu fleksibel, mulai dari pengolahan data yang sederhana hingga yang kompleks. Salah satu fitur yang kerap dipakai saat pengolahan data di Excel adalah ranking.

Cara Membuat Ranking di Excel dengan Mudah

Ranking atau peringkat adalah fungsi Excel yang memungkinkan penggunanya untuk menentukan urutan teratas dari kumpulan data. Anda dapat membuat ranking dengan cara manual atau otomatis. Berikut ini adalah langkah-langkah cara membuat ranking di Excel secara manual:

  1. Pertama, buka program Excel dan pilih sheet yang mau digunakan. Kemudian, masukkan data pada kolom A dan B.
  2. Setelah itu, klik salah satu sel di kolom C dan ketikkan rumus berikut: =RANK(B1,$B$1:$B$5). Lalu, tekan Enter.
  3. Salin rumus tersebut pada kolom C untuk sel yang lain menggunakan metode autofill (pilih sel, tekan tombol fill, lalu klik drag pada sel lainnya).
  4. Akan muncul hasil ranking pada kolom C. Jika Anda ingin mengubah urutan ranking, cukup ubah angka pada data kolom B dan hasil ranking pada kolom C otomatis akan berubah.

Selain cara manual, Anda juga bisa membuat ranking secara otomatis menggunakan fungsi excel. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pada sheet yang ingin digunakan, ketikkan data urutan yang ingin diranking. Contohnya, pada kolom A masukkan urutan nama seseorang dan pada kolom B masukkan angka nilai.
  2. Pilih sel pada kolom C, lalu ketikkan rumus berikut pada kolom C: “=RANK.AVG(B1,$B$1:$B$5,0)”.Proses ini akan mengurutkan rank secara rata-rata tanpa menghilangkan angka ranking.
  3. Setelah itu, salin rumus tersebut pada sel lainnya menggunakan metode autofill.
  4. Akan muncul hasil ranking pada kolom C. Jika ingin mengubah urutan ranking, cukup ubah angka pada kolom B dan hasil ranking pada kolom C otomatis akan berubah.

Cara Membuat Ranking Dengan Tanda Panah DI Excel

Selain dengan cara manual dan menggunakan rumus, ranking juga dapat ditampilkan dalam bentuk tanda panah. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka program Excel dan masukkan data pada kolom A dan B.
  2. Pilih cel di kolom C dan klik pada tab Home, pilih Alignments, lalu pilih Icon Sets.
  3. Pilih salah satu tanda panah yang diinginkan.
  4. Pada opsi Value, pilih Number dan isikan angka 1 hingga jumlah data yang akan diurutkan.
  5. Setelah itu, pilih opsi Customize, kemudian atur threshold pada setiap panahnya. Setiap panah akan menunjukkan urutan dari nilai yang terendah ke tertinggi.

Cara Membuat Ranking di Excel dengan KiatExcel.com

Ada juga cara mudah membuat ranking di Excel dengan mengikuti tutorial dari website KiatExcel.com. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, masukkan data pada kolom A dan B.
  2. Pada kolom C, ketikkan rumus berikut: =RANK.AVG(B1,$B$1:$B$11,0)
  3. Kemudian, pilih sel C2 dan salin rumus tersebut pada sel-sel lainnya menggunakan metode autofill.
  4. Hasil ranking akan muncul pada kolom C.

Tutorial di atas bisa Anda ikuti untuk membuat ranking dalam bentuk tabel maupun grafik. Ada juga tutorial di website KiatExcel.com yang memberikan informasi mengenai penggunaan fungsi rank di Excel untuk beberapa tujuan.

5 Cara Membuat Ranking di Excel secara Otomatis | Jalantikus

Cara membuat ranking di Excel yang kedua adalah dengan mengikuti tutorial dari situs Jalantikus. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat ranking secara otomatis:

  1. Buka program Excel dan pilih sheet yang akan digunakan.
  2. Siapkan data yang ingin diranking dan masukkan pada kolom A dan B.
  3. Lalu, pilih judul kolom C dan ketikkan “=RANK($B2,$B$2:$B$5,0)”.
  4. Salin rumus pada kolom C untuk sel lain pada kolom tersebut menggunakan metode autofill.
  5. Hasil ranking akan muncul pada kolom C.
Baca Juga :  CARA MENCARI BANYAK DATA DI EXCEL

Tutorial tersebut juga menjelaskan cara membuat ranking menggunakan fungsi AVG.RANK dan MAX.RANK pada Excel. Dalam artikel tersebut juga terdapat tips membuat grafik lokasi ranking dan juga cara membuat urutan ranking tanpa nomor.

FAQ

1. Apa itu ranking di Excel?

Ranking atau peringkat di Excel adalah fungsi yang memungkinkan pengguna untuk menentukan urutan teratas dari kumpulan data. Fungsi ini dapat dilakukan secara manual maupun otomatis.

2. Apa saja bentuk ranking di Excel?

Bentuk ranking di Excel dapat berupa tabel, grafik, maupun tanda panah yang menunjukkan urutan nilai tertinggi ke terendah.

Video Tutorial

Berikut ini adalah video tutorial cara membuat ranking di Excel:

Tutorial di dalam video ini menjelaskan cara membuat ranking secara otomatis menggunakan fungsi Excel. Tutorial ini sangat mudah untuk diikuti dan akan membantu Anda untuk mengoptimalkan penggunaan Excel dalam pekerjaan sehari-hari.